Bu, Ini 12 Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil



Pisang adalah salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pisang mengandung banyak nutrisi penting, termasuk asam folat. Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang penting untuk perkembangan janin. Dalam satu buah pisang, terdapat sekitar 23 mikrogram asam folat.

Asam folat diperlukan dalam jumlah yang cukup selama kehamilan karena dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Cacat tabung saraf adalah kelainan perkembangan yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Cacat ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan fisik dan kognitif pada anak.

Selain itu, asam folat juga berperan dalam produksi sel darah merah dan DNA. Sel darah merah penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. Produksi sel darah merah yang cukup dapat mencegah anemia pada ibu hamil. DNA adalah materi genetik yang membawa informasi untuk pertumbuhan dan perkembangan sel. Asam folat diperlukan untuk memproduksi dan memperbaiki DNA.

Jeruk juga merupakan makanan yang kaya akan asam folat. Dalam satu buah jeruk, terdapat sekitar 50 mikrogram asam folat. Selain itu, jeruk juga mengandung banyak vitamin C yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi, yang penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak asam folat. Dalam satu buah alpukat, terdapat sekitar 81 mikrogram asam folat. Alpukat juga mengandung vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat dan serat, yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

Stroberi juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Dalam delapan buah stroberi, terdapat sekitar 24 mikrogram asam folat. Stroberi juga mengandung banyak antioksidan, vitamin C, dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga:  Stop Galau Meninggalkan Anak Bekerja

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak asam folat. Dalam 91 gram brokoli mentah, terdapat sekitar 57 mikrogram asam folat. Brokoli juga mengandung banyak vitamin A, C, K, dan mangan, yang penting untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

Kubis Brussel juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Dalam 78 gram kubis Brussel matang, terdapat sekitar 47 mikrogram asam folat. Kubis Brussel juga mengandung banyak antioksidan, vitamin K, dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Asparagus juga merupakan makanan yang mengandung asam folat. Dalam 90 gram asparagus matang, terdapat sekitar 134 mikrogram asam folat. Asparagus juga mengandung banyak antioksidan, serat, dan vitamin K, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan.

Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, juga mengandung banyak asam folat. Dalam 30 gram bayam mentah, terdapat sekitar 58,2 mikrogram asam folat. Sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin A, B, dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem pencernaan.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber asam folat yang baik. Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kedelai, kacang merah, dan lentil, mengandung asam folat dalam jumlah yang berbeda-beda. Misalnya, dalam 177 gram kacang merah matang terdapat sekitar 131 mikrogram asam folat, sedangkan dalam 198 gram lentil matang terdapat sekitar 358 mikrogram asam folat. Kacang-kacangan juga mengandung banyak protein, serat, dan mineral, yang penting untuk perkembangan janin.

Buah bit juga mengandung asam folat yang tinggi. Dalam 136 gram bit mentah, terdapat sekitar 148 mikrogram asam folat. Bit juga mengandung banyak vitamin C, potassium, dan antioksidan, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan melawan radikal bebas.

Baca Juga:  3 Fase Pertumbuhan & Perkembangan Bayi Usia 7-12 Bulan

Pepaya juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Dalam 140 gram pepaya mentah, terdapat sekitar 53 mikrogram asam folat. Pepaya juga mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan jenis-jenis makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. Asam folat sangat penting untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara cukup. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian dan menjaga kesehatan janin dengan baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com