Kue Kroket, Makanan Ringan untuk Si Kecil yang Mudah Dibuat

Kue Kroket, Makanan Ringan untuk Si Kecil yang Mudah Dibuat

Kue kroket merupakan salah satu makanan ringan yang sangat disukai oleh anak-anak. Selain rasanya yang enak, kue kroket juga mudah dibuat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kue kroket yang lezat dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kroket antara lain:
– 3 ons tepung terigu
– 3 butir telur ayam
– ½ kg susu kental manis
– ¼ kg mentega
– 4 ons wortel
– 2 ons buncis
– Seledri
– ¼ kg daging giling
– 5 siung bawang putih
– ½ ons bawang merah
– Merica pala
– Tepung panir
– 400 cc air
– Garam
– Minyak untuk menggoreng

Langkah pertama dalam membuat kue kroket adalah menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan merica. Kemudian, wortel diparut dengan parutan yang kasar. Buncis dipotong kecil-kecil, dan daun sop diiris halus.

Selanjutnya, aduk kuning telur, susu, air, dan tambahkan tepung terigu perlahan sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak terlalu encer.

Setelah itu, tumis bahan-bahan yang telah digiling dengan mentega. Tambahkan pala dan masukkan daging giling. Tumis hingga daging setengah matang, lalu tambahkan wortel, buncis, dan daun sop. Tumis hingga matang.

Setelah bahan tumisan matang, masukkan adonan tepung perlahan sambil terus diaduk. Biarkan adonan matang hingga tidak lengket di tangan.

Setelah adonan matang, angkat dari kompor. Bentuk adonan menjadi oval atau bulatan panjang dengan ukuran sekitar 6 cm. Celupkan adonan ke putih telur, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng adonan dengan minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Sajikan kue kroket selagi masih hangat.

Kue kroket siap disajikan sebagai makanan ringan untuk si kecil. Rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah akan membuat si kecil ketagihan. Selain itu, kue kroket juga dapat menjadi alternatif camilan yang sehat karena mengandung sayuran seperti wortel dan buncis.

Baca Juga:  5 Stimulasi Bayi 11 Bulan untuk si Kecil yang Prima

Selain itu, kue kroket juga dapat dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang. Anda dapat menyajikannya dengan nasi atau roti sebagai menu utama. Kue kroket juga bisa disajikan dengan saus atau sambal sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa.

Selain rasanya yang enak, kue kroket juga mudah dibuat. Anda dapat membuatnya di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Selain itu, Anda juga dapat mengatur jumlah bahan yang digunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Kue kroket juga dapat disimpan dalam freezer untuk persediaan makanan cepat saji. Anda dapat menggoreng kembali kue kroket yang telah disimpan dalam freezer untuk disantap kapan saja Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan variasi pada kue kroket dengan menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti jagung, kacang polong, atau keju parut. Anda juga dapat mengganti daging giling dengan ikan atau ayam cincang.

Dengan demikian, kue kroket merupakan salah satu makanan ringan yang mudah dibuat dan lezat. Anda dapat membuatnya di rumah untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com