Kalau Sudah Menemukan Tanda Ini, Waktunya Make-Up Dibuang


Maskara
Maskara adalah salah satu produk kosmetik yang memiliki masa kadaluarsa relatif singkat, yaitu sekitar 3-4 bulan setelah segelnya dibuka. Namun, jika sebelum masa tersebut maskara kesayangan kita sudah mengental atau mengeras, sebaiknya jangan digunakan lagi. Hal ini menunjukkan adanya kontaminasi bakteri dan kotoran dari udara yang dapat menyebabkan infeksi pada mata, seperti konjungtivitis. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan masa kadaluarsa maskara dan tidak menggunakan maskara yang sudah kadaluarsa.

Eyeliner
Sama seperti maskara, eyeliner juga memiliki masa kadaluarsa. Jika kita melihat adanya bercak putih pada ujung eyeliner pencil, hal ini menandakan bahwa eyeliner sudah terkontaminasi jamur dan sebaiknya segera dibuang. Sedangkan untuk eyeliner cair, jika sudah mengering, terasa kasar, atau baunya tidak sedap, itu menunjukkan bahwa eyeliner tersebut sudah kadaluarsa dan tidak boleh digunakan lagi.

Bagi yang lebih suka menggunakan kuas terpisah untuk mengaplikasikan eyeliner, perlu diingat bahwa penggunaan kuas yang tidak bersih dapat memicu masuknya bakteri ke dalam eyeliner. Oleh karena itu, penting untuk rajin mencuci kuas eyeliner supaya tidak mempercepat masa kadaluarsa eyeliner kesayangan kita.

Foundation
Foundation adalah salah satu produk kosmetik yang digunakan sebagai alas bedak. Jika foundation sudah kadaluarsa, penggunaannya dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kulit kemerahan dan gatal. Jadi, jika foundation sudah berubah warna atau teksturnya, sebaiknya tidak digunakan lagi.

Bakteri dan kotoran di udara dapat menyumbang bakteri ke dalam foundation. Oleh karena itu, saat menggunakan foundation, sebaiknya langsung menutup botolnya setelah menuangkan produk ke tangan. Hal ini dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri pada foundation.

Lipstick
Lipstick adalah salah satu produk kosmetik yang memiliki masa kadaluarsa relatif panjang, yaitu sekitar 18 bulan. Namun, jika warna, bentuk, atau aroma lipstick mengalami perubahan yang signifikan, sebaiknya segera diganti. Untuk menjaga kebersihan lipstick, sebaiknya lap lipstik berbentuk stik setiap selesai digunakan guna menghilangkan bakteri atau kotoran. Sedangkan untuk liquid lipstick, sebaiknya tidak digunakan oleh orang lain demi menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran bakteri.

Baca Juga:  5 Pertanyaan Wajib Diutarakan Saat ke Dokter Kandungan

Eyeshadow atau Blush On
Kosmetik dengan bentuk pressed powder, seperti eyeshadow dan blush on, umumnya memiliki masa kadaluarsa yang lebih lama dibandingkan dengan produk kosmetik berbentuk cair. Eyeshadow, blush on, atau bedak biasanya dapat bertahan selama sekitar 2 tahun. Namun, jika warnanya menggelap atau teksturnya menjadi pecah-pecah, sebaiknya segera dibuang dan tidak digunakan lagi.

Kosmetik berbentuk pressed powder lebih rentan terkontaminasi bakteri jika terkena air. Oleh karena itu, penting untuk selalu menutup rapat semua pressed powder setelah selesai digunakan guna mencegah kontaminasi bakteri.

PENTING!
Selain memperhatikan masa kadaluarsa produk kosmetik, ada cara mudah lainnya untuk mengetahui kapan sebaiknya kita mengganti kosmetik kita. Perhatikan gambar botol terbuka pada kemasan produk kosmetik, biasanya terdapat tulisan 6M atau 12M. Angka tersebut menunjukkan berapa lama produk dapat bertahan setelah dibuka, yaitu selama 6 atau 12 bulan. Jadi, jika produk kosmetik kita sudah melewati masa tersebut, sebaiknya segera diganti dengan yang baru guna menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kita.

Selain itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kebersihan diri ketika menggunakan produk kosmetik. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik, membersihkan peralatan makeup secara rutin, dan tidak berbagi produk kosmetik dengan orang lain untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi kulit.

Dalam memilih produk kosmetik, sebaiknya juga memperhatikan kandungan dan kualitas produk. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit kita dan pastikan produk tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar terjamin keamanannya.

Dalam kesimpulan, meskipun masih terlihat bagus, menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat berbahaya bagi kulit kita. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan masa kadaluarsa produk kosmetik dan tidak menggunakan produk yang sudah kadaluarsa. Selalu jaga kebersihan diri, peralatan makeup, dan pilihlah produk kosmetik yang terjamin keamanannya. Dengan demikian, kita dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita dengan baik.

Baca Juga:  Manfaat Biskuit Bayi dan Resep Lezatnya!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com