Ibu Hamil & Menyusui Perlu Tahu 5 Fakta Penting Ini

I. Pendahuluan

Masa kehamilan dan menyusui adalah momen yang sangat penting dalam kehidupan seorang ibu. Pada periode ini, ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya sendiri dan juga perkembangan janin atau bayi yang sedang disusui. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi, serta memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan dalam proses kehamilan dan menyusui.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 fakta penting seputar nutrisi yang perlu diketahui oleh ibu hamil dan menyusui. Fakta-fakta ini akan membantu ibu untuk memahami pentingnya asupan nutrisi yang tepat dan memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang cukup selama masa kehamilan dan menyusui.

II. Fakta Penting Seputar Nutrisi untuk Bunda Hamil dan Menyusui

1. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan janin dan kesehatan ibu. Selama masa kehamilan, ibu memerlukan 70 gram protein per hari untuk menjaga daya tahan tubuh dan memastikan perkembangan organ janin yang optimal. Sementara itu, saat menyusui, ibu perlu mendapatkan sekitar 71 gram protein per hari.

Kekurangan protein saat hamil dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan perkembangan bayi. Bunda yang kekurangan protein cenderung mudah lelah dan lemah, sulit menjalankan aktivitas sehari-hari, dan mungkin mengalami mual dan muntah. Sedangkan bayi yang tidak mendapatkan cukup protein dapat mengalami gangguan perkembangan tulang dan otak, serta meningkatkan risiko cacat lahir, berat bayi lahir rendah, lahir prematur, dan lahir meninggal.

Sumber protein yang baik untuk ibu hamil dan menyusui adalah daging ayam, ikan, sapi, dan kacang-kacangan.

2. Serat Pangan

Selama kehamilan, banyak ibu mengalami masalah sembelit. Memenuhi kebutuhan serat pangan selama kehamilan dan menyusui sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu dan mendukung kontrol berat badan yang sehat. Serat pangan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula darah yang stabil, sehingga penting bagi perkembangan janin.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Pemesanan Custom Cake di Jabodetabek

Bunda hamil perlu mendapatkan 28 gram serat pangan per hari, sementara ibu yang menyusui membutuhkan 29 gram serat pangan per hari. Kekurangan serat pangan dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh dan masalah pencernaan.

Sumber serat pangan yang baik adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Asam Folat

Asam folat adalah mineral penting yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil dan menyusui. Asam folat membantu dalam pembentukan sel-sel otak janin dan mencegah anemia pada ibu. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan pada sistem saraf janin, seperti spina bifida dan anensefali.

Bunda hamil dan menyusui perlu mendapatkan sekitar 400 hingga 600 mikrogram asam folat per hari. Sumber asam folat yang baik adalah makanan yang berasal dari biji-bijian, seperti sereal, roti, pasta, dan nasi.

4. Zat Besi

Zat besi sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga daya tahan tubuh dan memberikan nutrisi pada janin melalui plasenta. Selama kehamilan, ibu perlu mendapatkan setidaknya 27 miligram zat besi per hari. Zat besi juga penting dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke janin.

Sementara itu, ibu yang menyusui hanya perlu mendapatkan sekitar 6,5 miligram zat besi per hari untuk mencegah anemia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan bayi lahir cacat atau meninggal, keguguran, persalinan lama, pendarahan, syok, dan masalah jantung.

Sumber zat besi yang baik adalah daging merah, oatmeal, dan sayur bayam.

5. Kalsium

Kalsium penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selama kehamilan dan menyusui, ibu perlu mendapatkan sekitar 1.000 miligram kalsium per hari. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada kehamilan, diabetes gestasional, dan masalah pertumbuhan tulang pada janin.

Baca Juga:  Jangan Salah, Ini Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi yang Tepat

Sumber kalsium yang baik adalah produk susu dan olahannya, seperti susu, yogurt, dan keju. Selain itu, bayam, kacang almond, dan ikan sardine juga mengandung kalsium.

III. Kesimpulan

Dalam masa kehamilan dan menyusui, ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan perkembangan janin atau bayi yang sedang disusui. Protein, serat pangan, asam folat, zat besi, dan kalsium adalah nutrisi yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui.

Memastikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang melalui makanan sehari-hari sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Konsumsi makanan yang kaya protein, serat pangan, asam folat, zat besi, dan kalsium dapat membantu ibu hamil dan menyusui memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan selama periode ini.

Dengan memperhatikan fakta-fakta penting seputar nutrisi ini, ibu hamil dan menyusui dapat memastikan bahwa mereka memberikan nutrisi yang tepat bagi perkembangan janin atau bayi yang sedang disusui. Selain itu, mereka juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran mereka sendiri selama masa ini.

Jadi, penting bagi ibu hamil dan menyusui untuk memperhatikan asupan nutrisi yang tepat dan berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang kebutuhan gizi selama kehamilan dan menyusui. Dengan demikian, ibu dapat memastikan bahwa mereka memberikan yang terbaik bagi kesehatan mereka sendiri dan perkembangan janin atau bayi yang sedang disusui.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com