Makin Aktif! Kenali Perkembangan Motorik Anak Usia 4 Tahun

Makin Aktif! Kenali Perkembangan Motorik Anak Usia 4 Tahun

Perkembangan motorik anak usia 4 tahun memang semakin aktif! Pahami perkembangan motorik mereka yang menjadi acuan si Kecil tumbuh secara optimal.

Gerak Motorik Kasar

Perkembangan kemampuan motorik kasar yang membutuhkan koordinasi sebagian besar tubuh anak ditopang oleh pertumbuhan otot dan tulang yang kuat. Pada usia empat tahun, kemampuan motorik kasar Si Kecil adalah sebagai berikut.

1. Menangkap
Si Kecil sudah pintar menangkap bola besar dengan tangan dilenturkan di daerah siku. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan koordinasi mata dan tangan yang semakin baik.

2. Berjalan pada bidang sempit
Ternyata si Kecil mampu berjalan menyusuri papan dengan menempatkan satu kaki di depan kaki yang lain! Kemampuan ini menunjukkan kestabilan keseimbangan tubuh si Kecil.

3. Berdiri
Anak mulai bisa berdiri dengan satu kaki kurang lebih selama 5 detik. Selain itu, si Kecil pun mampu berdiri dengan kedua tumit rapat dan tangan di samping, tanpa kehilangan keseimbangan. Gerakan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot kaki dan keseimbangan tubuh.

4. Gerakan mendaki naik-turun
Pintarnya si Kecil sudah dapat naik-turun tangga dengan terampil! Bantuan yang diperlukan dari orang dewasa juga sedikit. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot kaki dan koordinasi gerakan.

5. Berlari
Kontrol gerakan si Kecil saat berlari meningkat. Pada usia empat tahun, si Kecil sudah mampu berlari dengan lebih lancar dan terkoordinasi. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot kaki dan koordinasi gerakan.

6. Melompat
Gerak melompat yang sudah dikuasai si Kecil adalah melompat dengan satu kaki serta melompat sejauh satu meter atau lebih. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot tungkai dan koordinasi gerakan.

Baca Juga:  Inspirasi Dari 'Semeleh'-nya Anne Avantie

7. Melempar
Anak mampu melempar bola menggunakan bahu dan siku dengan jarak yang lebih jauh dari sebelumnya. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot lengan dan koordinasi gerakan.

8. Naik sepeda
Di usia keempat si Kecil sudah bisa mengendarai sepeda roda tiganya dengan baik termasuk mengatur setir dengan arah yang tepat. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan keterampilan motorik kasar dan koordinasi gerakan.

Gerak Motorik Halus

Gerak motorik halus yang melibatkan otot-otot kecil anak ini memang tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Namun, gerak jenis ini sangat memerlukan koordinasi antara mata dan tangan. Koordinasi tangan-mata anak kian baik di usia empat tahun. Simak beberapa keterampilan motorik halus si Kecil pada usia empat tahun di bawah ini.

1. Kemampuan menuang minum dan mengaduk minuman
Anak sudah bisa menuang minum pada gelasnya tanpa tumpah serta mampu mengaduk minuman di gelasnya menggunakan sendok. Saat makan pun si Kecil mulai bisa menggenggam sendok atau garpunya untuk menyuap. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan koordinasi antara mata dan tangan.

2. Kemampuan menggambar
Hasil gambar anak usia empat tahun menjadi semakin bisa dipahami dari yang awalnya abstrak. Anak sudah bisa membuat gambar sederhana, misalnya menggambar bentuk geometri seperti lingkaran meski bentuknya masih kasar. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan koordinasi mata dan tangan serta perkembangan kreativitas anak.

3. Kemampuan membuka kancing, resleting, dan ikat pinggang
Anak sudah bisa membuka kancing baju, resleting, dan melepas ikat pinggangnya sendiri. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot jari dan koordinasi gerakan.

4. Kemampuan mencuci tangan sendiri
Si Kecil dapat mencuci tangan sendiri dan mengelapnya. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan keterampilan mandiri dan kebersihan.

Baca Juga:  Kenali Manfaat dan Cara Menggendong Bayi yang Aman

5. Kemampuan menggunakan gunting
Si Kecil sudah bisa menggunakan tangan dan jarinya untuk menggunting kertas menjadi dua bagian. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan kekuatan otot-otot jari dan koordinasi gerakan.

6. Kemampuan penggunaan tangan dominan
Pada usia ini anak sudah terlihat kecenderungan penggunaan tangan dominannya, baik itu tangan kanan atau tangan kiri. Kemampuan ini menunjukkan perkembangan keterampilan motorik halus dan koordinasi gerakan.

Perkembangan motorik anak usia 4 tahun ini sangat penting untuk diperhatikan. Bunda dapat membantu memperkuat perkembangan motorik anak dengan memberikan stimulasi yang tepat. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

1. Berikan aktivitas fisik yang beragam, seperti bermain di luar rumah, bersepeda, atau bermain dengan bola. Aktivitas ini akan membantu mengembangkan kekuatan otot-otot tubuh anak.

2. Berikan mainan atau permainan yang melibatkan keterampilan motorik halus, seperti mewarnai, menyusun puzzle, atau bermain dengan lego. Hal ini akan membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan anak.

3. Berikan kesempatan kepada anak untuk mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, mencuci tangan, atau mengancingkan baju. Hal ini akan membantu mengembangkan keterampilan mandiri dan kebersihan anak.

4. Berikan pujian dan dorongan kepada anak ketika ia berhasil melakukan gerakan atau keterampilan motorik dengan baik. Hal ini akan membantu membangkitkan rasa percaya diri anak dan motivasi untuk terus mengembangkan keterampilan motoriknya.

Dengan memahami perkembangan motorik anak usia 4 tahun dan memberikan stimulasi yang tepat, Bunda dapat membantu si Kecil tumbuh secara optimal. Tetaplah mendukung dan memotivasi anak dalam mengembangkan keterampilan motoriknya, sehingga ia dapat menjadi anak yang aktif, kreatif, dan mandiri. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Bunda dalam memahami perkembangan motorik anak usia 4 tahun.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com