DIY: Memanfaatkan Kardus Bekas


Mobil Karnaval

Bahan:

Kardus bekas
Pom pom kertas sisa hiasan ulang tahun
Tali rafia
Gunting dan pisau

Cara membuat:

1. Potong bagian penutup kardus, atau kalau mau lebih mudah, lipat saja ke dalam. Intinya, buat si kardus menjadi kotak dengan bagian atas dan bawah yang terbuka.
2. Lubangi bagian kanan dan kiri untuk tempat tali rafia. Tali ini akan digantungkan ke pundak anak, silahkan ukur untuk disesuaikan dengan tinggi anaknya masing-masing.
3. Karena postur tubuh Menik kecil, jadi saya mengikat dua tali bagian atas kanan dan kiri, jadi satu di tengah. Mirip seperti pegangan tas, deh.
4. Tempel pom pom sebagai hiasan. Jika tidak ada pompom, bisa ditempel stiker, buat hiasan dari kertas (patau biarkan anak menggambarnya. Pokoknya hias sesuka hati.
5. Selesai!

Rumah Kardus

Niatnya, mau buat si rumah boneka kecil seperti yang diatas. Namun, Menik kurang sabar menunggu dan melihat. Terburu-buru sehingga dibuat seadanya saja, tidak bisa sedetail acuan. Yang saya buat sekarang adalah rumah bertingkat untuk boneka. Jadi dua kali lebih besar dari rumah boneka dari kotak sepatu yang pernah saya buat. Mau coba?

Bahan:

Kardus ukuran sedang
Cutter atau pisau
Isolasi besar atau lakban kertas
Cat poster

Cara membuat:

1. Potong salah satu bagian penutup kardus. Jangan dibuang, ya. Bagian kuping kardus ini akan jadi pembatas lantai ceritanya.
2. Tutup bagian belakangnya, rekatkan dengan isolasi atau lakban. Sekarang terlihat seperti kardus biasa, bagian belakang tertutup, bagian depannya terbuka.
3. Buat segaris lubang di dua sisi kanan dan kiri yang sejajar. Masukkan sekat dari bekas potongan kuping kardus tadi. Rumah yag sekarang tiga lantai, jadi ada dua sekat yang dimasukkan. Sisa bagian panjang akan terlihat seperti kanopi.
4. Buat beberapa lubang jendela sesuai selera.
5. Warnai rumah bersama anak. Ini biarkan saja sesuai keinginan anak. Kemarin Menik saya tinggal, setelah ia bilang “Bu, sudah!” baru saya rapihkan sedikit.
6. Keringkan cat sebentar dan selesai!

Baca Juga:  Ragam Vitamin Daya Tahan Tubuh yang Aman Dikonsumsi Anak

Nggak susah, kok! Beneran, deh 🙂 Dengan mengenalkan konsep memanfaatkan barang bekas, saya berharap Menik bisa mengerti bahwa kegiatan yang mudah ini bisa menyelamatkan bumi. Selamat berkreasi, Bunda!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com