Cara Mudah Jinakkan Rambut Singa


Ikat Rambut Saat Tidur

Peraturan pertama yang harus kita ikuti untuk menjinakkan rambut singa adalah dengan tidak mengikat rambut saat tidur. Saat kita tidur, rambut kita perlu istirahat dan bernapas dengan bebas. Mengikat rambut saat tidur akan membuatnya kaku, keras, dan megar saat bangun tidur. Oleh karena itu, sangat penting untuk melepas ikatan rambut sebelum tidur agar rambut bisa tetap lembut dan mudah diatur saat bangun tidur.

Keramas Pakai Air Dingin

Kebiasaan keramas dengan menggunakan air hangat memang terasa nyaman, terutama di pagi hari yang dingin. Namun, perlu diingat bahwa air terlalu panas dapat membuat rambut menjadi kering dan kehilangan nutrisinya. Akibatnya, rambut akan semakin mengembang dan sulit diatur. Oleh karena itu, sebaiknya kita keramas dengan menggunakan air dingin atau setidaknya air suam-suam kuku. Air dingin akan membantu menutup kutikula rambut dan membuatnya terlihat lebih berkilau. Selain itu, keramas dengan air dingin juga dapat membantu mengurangi kelebihan minyak pada rambut sehingga rambut terlihat lebih segar dan tidak mudah lepek.

Pakai Shampoo Khusus

Salah satu penyebab rambut mengembang seperti rambut singa adalah pemilihan shampoo yang tidak tepat. Kebanyakan rambut singa memiliki jenis rambut kering, oleh karena itu kita perlu memilih shampoo yang khusus untuk rambut kering. Shampoo yang mengandung bahan anti-frizz atau vitamin E sangat baik untuk menjaga kelembapan rambut kita. Bahan anti-frizz akan membantu mengontrol kelembapan rambut dan mengurangi kerutan yang disebabkan oleh kelembaban. Sedangkan vitamin E akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kita agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya.

Pakai Kondisioner Setelah Shampoo

Setelah menggunakan shampoo, jangan lupa menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut. Kondisioner berfungsi melembutkan rambut karena kandungan silikonnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis silikon pada kondisioner baik untuk rambut kita. Pilihlah kondisioner yang menggunakan jenis silikon yang ringan agar tidak membuat rambut kita menjadi lepek dan terlihat berminyak. Penggunaan kondisioner setelah shampoo akan membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya terasa lebih lembut dan mudah diatur.

Baca Juga:  SD Al-Zahra Indonesia dan Program Pertukaran Pelajar

Nggak Usah Sering-Sering

Buat pemilik rambut kering dan mengembang seperti singa, tidak perlu terlalu sering keramas. Keramas terlalu sering, terutama setiap hari, dapat membuat rambut menjadi semakin kering dan kehilangan kelembapannya. Cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Selain itu, usahakan untuk menggunakan shampoo dan kondisioner yang mengandung bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahan alami seperti lidah buaya dan minyak zaitun sangat baik untuk merawat rambut kering dan mengembang. Oleskan minyak zaitun atau lidah buaya secara merata pada rambut, diamkan selama 30 menit, lalu keramas untuk menghilangkan minyak dan membuat rambut terasa lebih segar dan tidak lepek.

Dirawat Pakai Bahan Alami

Selain menggunakan shampoo dan kondisioner khusus, kita juga perlu meluangkan waktu untuk merawat rambut dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami seperti minyak zaitun atau extra virgin coconut oil (EVCO) sangat baik untuk merawat rambut kering dan mengembang. Oleskan minyak zaitun atau EVCO secara merata pada rambut, diamkan selama 30 menit, lalu keramas untuk menghilangkan minyak dan membuat rambut terasa lebih segar dan tidak lepek. Selain itu, hindari penggunaan alat-alat styling yang menggunakan panas berlebihan seperti hair dryer dan catokan. Panas yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Hindari Paparan Matahari

Terlalu lama terkena sinar matahari langsung dapat membuat rambut semakin kering dan rusak. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan pelindung seperti topi atau scarf untuk melindungi rambut dari sinar matahari. Selain itu, hindari juga penggunaan produk styling yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras lainnya. Produk-produk tersebut dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Baca Juga:  Cara Praktis Menempel Hiasan Dinding

Catokan Bikin Kering

Mencatok rambut memang cara yang paling cepat untuk membuat rambut kita terlihat rapi dan tergerai indah. Namun, penggunaan catokan yang terlalu sering dapat membuat rambut menjadi kering, merah, dan bercabang. Jika Anda tidak bisa hidup tanpa catokan, usahakan untuk selalu menggunakan serum rambut sebelum mencatok. Serum rambut akan melindungi rambut dari panas yang dihasilkan oleh catokan dan membuatnya tetap terjaga kelembapannya.

Rambut Juga Butuh Maskeran

Selain wajah, rambut juga membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Salah satu cara untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan hair mask. Hair mask dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut dan membuatnya terasa lebih lembut dan mudah diatur. Anda dapat menggunakan hair mask yang sudah tersedia di pasaran atau membuat sendiri dengan bahan-bahan alami seperti alpukat atau lidah buaya. Gunakan hair mask setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kita dapat menjinakkan rambut singa dan mendapatkan rambut yang terlihat lebih indah dan mudah diatur. Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam. Selamat mencoba!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com