Bubur Beras Susu dengan Aneka Saus Lezat

Bubur Beras Susu dengan Aneka Saus Lezat

Halo Bunda! Wah, sekarang si Kecil sudah berusia 9 bulan, ya? Coba deh Bunda perhatikan, apakah ia sering rewel saat jam makan siang? Saya juga pernah mengalami hal yang sama, Bu. Namun, dari hasil obrolan saya dengan kerabat, saya baru tahu kalau ternyata reaksinya tersebut bisa jadi karena si Kecil sudah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Ini artinya, tantangan saya waktu itu adalah membuat menu makanan baru yang praktis dan variatif untuk si Kecil. Awalnya sih saya sempat bingung, Bu. Namun, ternyata tidak usah pusing-pusing, kok. Bubur beras yang tampak sederhana pun bisa jadi variatif, lho.

Dulu, saya pernah membuat bubur beras dengan kreasi aneka saus buah yang sangat disukai si Kecil. Selain rasa buburnya jadi makin lezat, dengan menambahkan saus, kandungan gizi dalam menu makanannya juga semakin lengkap. Untuk sausnya, saya biasa menggunakan apel atau pir. Ini karena dua buah tersebut mengandung Kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan Vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain buah pir, wortel juga bisa jadi pilihan, Bu. Tidak perlu diragukan lagi, wortel kaya akan senyawa Karoten dan berbagai senyawa Fitokimia. Sayuran berwarna oranye ini juga sarat Vitamin B dan C, Kalsium, serta sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil.

Berikut ini ada beberapa resep olahan beras yang pernah saya buat. Selamat membaca, Bu!

Heading 2: Bubur Beras Susu Saus Pir/Apel (untuk anak usia di atas 9 bulan)

Bahan-bahan:

– 2 sdm beras merah, rendam, tiriskan, sangrai, lalu haluskan dengan blender atau memakai food processor.
– 50 ml ASI.
– 400 ml air untuk mengukus.
– Pir manis atau apel secukupnya.
– Air secukupnya untuk merebus beras.

Cara membuat:

1. Kupas apel atau pir manis, buang bagian tengahnya, lalu kukus dengan 400 ml air selama 10 menit. Angkat, kemudian haluskan dengan blender, lalu saring.
2. Masak tepung beras dengan air sampai meletup-letup dan matang.
3. Sisihkan tepung beras yang sudah matang tadi. Letakkan dalam mangkok.
4. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk secara merata.
5. Tuang saus apel atau pir manis di atas bubur.
6. Berikan pada si Kecil selagi hangat.

Baca Juga:  10 Sekolah Dasar Favorit di Solo, Dari Negeri Sampai Swasta

Apabila tekstur bubur masih terlalu kental, dan Bunda ingin menambahkan ASI sedikit lagi ke dalam campuran bubur, masak tepung beras dengan sedikit air sampai matang. Setelah itu, baru ASI dicampurkan ke dalam bubur sampai memperoleh kekentalan yang diinginkan. Oh iya, sebelum disajikan, pastikan Bunda telah mencicipi dahulu sausnya ya, untuk tahu apakah rasa apel atau pirnya asam atau tidak.

Heading 2: Bubur Beras Merah Saus Wortel (untuk anak usia di atas 7 bulan)

Bahan-bahan:

– 2 sdm beras merah, rendam, tiriskan, sangrai lalu haluskan. Bisa diblender atau memakai food processor.
– 50 ml ASI.
– 25 gr wortel yang sudah dikupas.
– Air secukupnya untuk merebus beras.

Cara membuat:

1. Masak tepung beras merah dengan air sampai meletup-letup dan matang. Beras merah biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dibandingkan beras putih.
2. Kukus wortel, lalu blender sampai halus. Saring.
3. Masukkan wortel halus ke dalam larutan bubur, kemudian masak lagi selama 3 menit. Setelah matang, sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
4. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk secara merata.
5. Berikan pada si Kecil selagi hangat.

Sudah siap menyajikan menu di atas untuk si Kecil, Bu? Selamat mencoba, ya. Semoga si Kecil suka!

Heading 3: Tips dan Trik dalam Membuat Bubur Beras Susu dengan Aneka Saus Lezat

1. Gunakan beras merah sebagai bahan dasar bubur. Beras merah mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral daripada beras putih. Hal ini akan membuat bubur lebih bergizi dan menyehatkan.
2. Rendam beras merah sebelum digunakan untuk memasak. Rendaman ini akan membantu mengurangi waktu masak beras merah dan membuat tekstur bubur lebih lembut.
3. Sangrai beras merah sebelum dihaluskan. Proses sangrai memberikan aroma yang khas pada beras merah dan membuatnya lebih mudah dihaluskan.
4. Gunakan ASI sebagai cairan utama dalam bubur. ASI mengandung nutrisi yang lengkap dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.
5. Tambahkan saus buah untuk variasi rasa dan gizi dalam bubur. Pilihlah buah-buahan yang kaya akan nutrisi, seperti apel, pir, atau wortel.
6. Pastikan saus buah yang digunakan sudah matang dan halus sebelum dituangkan ke dalam bubur. Hal ini akan memastikan konsistensi bubur yang lembut dan mudah dikonsumsi oleh si Kecil.
7. Cicipi saus buah sebelum dituangkan ke dalam bubur. Pastikan rasanya enak dan tidak terlalu asam.
8. Saat menyajikan bubur, pastikan suhu bubur hangat dan aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin.
9. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan peralatan masak sebelum memulai proses memasak bubur. Kebersihan sangat penting dalam mengolah makanan untuk si Kecil.
10. Berikan bubur kepada si Kecil dengan porsi yang sesuai dengan usianya. Jangan memberikan porsi yang terlalu banyak agar si Kecil tidak kenyang dan masih bisa mengonsumsi makanan lainnya.

Baca Juga:  Gerakan Menyusui dalam Hari ASI Sedunia

Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Bunda dapat membuat bubur beras susu dengan aneka saus lezat untuk si Kecil. Selain menyehatkan, menu ini juga memberikan variasi rasa dan gizi yang dibutuhkan oleh si Kecil. Selamat mencoba dan semoga si Kecil menyukainya!

Heading 3: Manfaat Bubur Beras Susu dengan Aneka Saus Lezat untuk Pertumbuhan Si Kecil

Bubur beras susu dengan aneka saus lezat merupakan makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bubur beras susu dengan aneka saus lezat:

1. Sumber energi: Bubur beras mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi yang baik untuk si Kecil. Karbohidrat ini akan memberikan tenaga yang cukup untuk aktivitas sehari-hari si Kecil.

2. Sumber protein: Susu yang digunakan dalam bubur beras susu mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot si Kecil. Protein juga berperan dalam pembentukan enzim dan hormon yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh.

3. Sumber vitamin dan mineral: Buah-buahan yang digunakan sebagai saus dalam bubur beras susu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan si Kecil. Misalnya, buah apel mengandung vitamin C dan Kalsium, sementara buah pir mengandung vitamin C dan serat.

4. Meningkatkan nafsu makan: Dengan memberikan variasi rasa dalam makanan, seperti saus buah, si Kecil akan lebih tertarik dan memiliki nafsu makan yang lebih baik. Hal ini akan membuat si Kecil lebih menyukai makanan yang diberikan dan mengurangi kemungkinan ia rewel saat makan.

5. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi: Kalsium yang terkandung dalam susu dan buah-buahan dalam bubur beras susu sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Kalsium berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang dan gigi.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Rice Cooker Low-Carb Terbaik untuk Diet Lebih Sehat!

6. Meningkatkan daya tahan tubuh: Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan dalam saus bubur beras susu dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, pembuluh darah, dan jaringan ikat.

Dengan memberikan bubur beras susu dengan aneka saus lezat kepada si Kecil, Bunda telah memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain itu, variasi rasa dalam saus buah juga akan membuat si Kecil lebih tertarik dan memiliki nafsu makan yang lebih baik. Jadi, tidak perlu ragu untuk mencoba resep ini, Bu. Semoga si Kecil suka dan tumbuh sehat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com