Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak Agar Prima, Catat Yuk!

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak dengan Asam Amino Esensial

Imunitas tubuh anak merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh para ibu. Dalam masa tumbuh kembangnya, anak membutuhkan sistem imunitas yang baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan lebih tangguh dalam menghadapi lingkungan sekitarnya. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh anak adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi.

Salah satu nutrisi penting yang dapat meningkatkan imunitas tubuh anak adalah asam amino esensial. Mungkin sebagian ibu masih belum familiar dengan istilah asam amino esensial. Asam amino esensial atau disingkat 9AAE merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat dicerna dengan mudah oleh saluran pencernaan anak. Asam amino esensial ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Asam amino esensial terdiri dari 9 jenis asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh anak sehingga harus diperoleh melalui makanan. Beberapa sumber protein hewani yang kaya akan asam amino esensial antara lain susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. Dalam sumber protein nabati, asam amino pembatas yang terkandung dapat menghambat penyerapan asam amino esensial oleh tubuh anak. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan asupan protein hewani yang cukup kepada anak agar kebutuhan asam amino esensialnya terpenuhi.

Kekurangan asam amino esensial dalam tubuh anak dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian di National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis asam amino esensial dapat menurunkan potensi tinggi badan anak sebanyak 34%, sedangkan kekurangan semua jenis asam amino esensial dapat menurunkan potensi tinggi badan anak sebanyak 50%. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan asupan asam amino esensial secara rutin kepada anak agar pertumbuhannya dapat optimal.

Baca Juga:  Menurut Psikolog, Ini 7 Cara Mudah Menghadapi Mertua yang Menyebalkan!

Selain asam amino esensial, terdapat beberapa nutrisi lain yang juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh anak. Bunda dapat memberikan asupan vitamin C kepada anak melalui konsumsi buah-buahan seperti jeruk, strawberry, kiwi, dan lain sebagainya. Selain itu, vitamin D juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Bunda dapat memperoleh manfaat vitamin D dari ikan, kuning telur, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain itu, seng juga merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Seng berperan dalam pembentukan sel darah putih yang berfungsi melawan serangan kuman penyebab penyakit. Beberapa sumber makanan yang mengandung seng antara lain susu, daging, kerang, kentang, kacang-kacangan, dan telur. Zat besi juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Zat besi membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mencegah anemia. Zat besi dapat ditemukan dalam susu, daging merah, makanan laut, sayuran hijau, dan tahu.

Selain itu, magnesium juga merupakan nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh anak. Magnesium juga berperan dalam pembentukan tulang, mengobati sembelit, dan menjaga kesehatan jantung. Beberapa sumber makanan yang mengandung magnesium antara lain susu, bayam, kacang almond, kacang edamame, tahu, dan cokelat.

Setelah mengetahui berbagai jenis nutrisi yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, selanjutnya adalah mengetahui cara-cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memenuhi asupan makanan bergizi yang seimbang setiap harinya. Asupan makanan yang seimbang akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh anak dan membantu meningkatkan imunitas tubuhnya.

Selain itu, penting bagi anak untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Waktu tidur yang cukup akan membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan yang mendukung tumbuh kembang anak. Menurut Kementerian Kesehatan RI, waktu tidur ideal untuk anak usia 1-3 tahun adalah sekitar 11-13 jam sehari, termasuk tidur siang.

Baca Juga:  Waspadai Stres Masa Kehamilan yang Dapat Pengaruhi Motorik Si Kecil

Rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh anak. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menjaga kesehatannya. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh anak antara lain jalan pagi, bermain bola, menari bersama, bermain air, dan lain sebagainya.

Terakhir, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan imunitas tubuh anak. Anak perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri dan lingkungannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebaiknya ibu mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun secara rutin, menjaga kebersihan gigi dengan menyikatnya setiap hari, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak.

Dengan melakukan cara-cara di atas, diharapkan imunitas tubuh anak dapat meningkat dan anak menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam penyakit. Penting bagi ibu untuk memperhatikan pola makan anak serta memberikan nutrisi yang seimbang agar imunitas tubuh anak tetap optimal. Selain itu, ibu juga perlu mendampingi anak dalam melakukan aktivitas fisik, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memberikan pendidikan tentang pentingnya imunitas tubuh kepada anak.

Dalam menghadapi pandemi virus Corona yang sedang melanda dunia saat ini, meningkatkan imunitas tubuh anak menjadi sangat penting. Bunda perlu memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan anak dan memberikan asupan nutrisi yang seimbang serta melibatkan anak dalam kegiatan fisik yang menyenangkan. Selain itu, ibu juga perlu membiasakan anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah ulasan mengenai cara meningkatkan imunitas tubuh anak agar prima. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para ibu dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak-anaknya. Tetaplah memberikan asupan nutrisi yang seimbang dan melakukan cara-cara yang telah disebutkan untuk menjaga imunitas tubuh anak agar tetap prima.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com