Asupan Bergizi untuk Tambah Berat Badan si Kecil

Asupan Bergizi untuk Tambah Berat Badan si Kecil

I. Pendahuluan

Saat si Kecil nampak lebih kurus dibandingkan anak lainnya, tentu Bunda akan merasa khawatir, bukan? Jika iya, maka Bunda perlu mencari lebih banyak informasi mengenai bagaimana agar hal ini tidak berlangsung terus-menerus. Salah satunya adalah dengan mencari tahu asupan bergizi yang dapat meningkatkan berat badan anak. Dalam tulisan ini, kita akan membahas ragam asupan yang perlu Bunda berikan kepada si Kecil untuk membantu meningkatkan berat badannya secara sehat.

II. Susu

Susu merupakan sumber nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan protein dalam susu sangat dibutuhkan untuk membangun otot dan tulang si Kecil. Selain itu, susu juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Dalam memilih susu untuk si Kecil, pastikan memilih susu yang mengandung asam amino esensial (AAE). AAE merupakan komponen protein esensial yang berperan penting dalam perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang si Kecil.

III. Telur

Menambah asupan protein pada menu makanan si Kecil merupakan cara sehat untuk meningkatkan berat badannya. Itu sebabnya, yuk, penuhi kebutuhan protein si Kecil dengan memberinya sajian telur. Tahukah, Bunda? Dua butir telur memiliki kadar protein yang sama dengan seporsi daging sapi seberat tiga ons, lho. Selain itu, telur juga kaya akan Vitamin A dan Vitamin B12 yang dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang si Kecil.

IV. Mentega

Bisa jadi si Kecil terlihat kurus karena kurang asupan lemak. Maka dari itu, mulai penuhi kebutuhan lemak si Kecil dengan memasukkan mentega sebagai bahan memasak makanannya. Namun, pastikan ia tidak mengonsumsi lebih dari 30% dari asupan total energi per hari atau sekitar delapan sendok makan mentega. Dengan cara ini, berat badan si Kecil akan meningkat secara sehat.

Baca Juga:  8 Makanan Mengandung Protein yang Penting Bagi Anak

V. Pisang

Sumber lemak baik lain yang bisa menambah berat badan si Kecil adalah buah pisang. Pasalnya, satu buah pisang mengandung 105 kalori atau memenuhi sekitar 11% dari kebutuhan lemak harian si Kecil. Agar lebih variatif, Bunda bisa membuat kreasi pisang yang lezat dan mengenyangkan.

VI. Daging

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan si Kecil. Pilihlah jenis daging yang rendah lemak, seperti daging ayam atau daging sapi tanpa lemak. Olahlah daging dengan cara yang sehat, seperti memanggang atau merebus, untuk menghindari penambahan lemak yang tidak perlu.

VII. Sayuran dan Buah-buahan

Meskipun sayuran dan buah-buahan tidak mengandung banyak kalori, namun mereka memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan si Kecil. Pastikan Bunda memberikan variasi sayuran dan buah-buahan yang beragam, sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

VIII. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau pasta gandum, untuk memberikan energi yang tahan lama bagi si Kecil. Hindari mengkonsumsi karbohidrat sederhana, seperti gula dan tepung putih, karena mereka cenderung meningkatkan berat badan dengan cara yang tidak sehat.

IX. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan otak si Kecil. Bunda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan memasak atau sebagai dressing untuk salad. Namun, pastikan Bunda tidak menggunakan minyak zaitun secara berlebihan, karena mengandung banyak kalori.

X. Air Putih

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan si Kecil asupan air putih yang cukup setiap hari. Air putih sangat penting untuk menjaga kelembapan tubuh, mengatur suhu tubuh, dan mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh. Pastikan Bunda memberikan air putih dalam jumlah yang cukup, terutama saat si Kecil aktif bermain atau berolahraga.

Baca Juga:  Suatu Sore di Bandungan, Semarang

Dengan memberikan asupan bergizi yang seimbang dan berkualitas, si Kecil akan dapat meningkatkan berat badannya secara sehat. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Selain memberikan asupan bergizi yang tepat, Bunda juga perlu memperhatikan pola makan si Kecil. Pastikan si Kecil mengkonsumsi makanan dalam porsi yang cukup, teratur, dan seimbang. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula, garam, atau lemak jenuh, karena dapat berdampak negatif pada kesehatan si Kecil.

Terakhir, selalu berikan contoh yang baik dengan menjaga pola makan yang sehat dan aktif secara fisik. Si Kecil akan lebih mudah mengikuti gaya hidup sehat jika melihat Bunda sebagai contoh yang baik. Dengan memberikan perhatian dan dukungan yang cukup, Bunda dapat membantu si Kecil mencapai berat badan yang ideal dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com