Agro Wisata Gunung Mas, Puncak


Agrowisata Gunung Mas merupakan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik dan menarik bagi pengunjungnya. Lokasi wisata ini terletak di Puncak, Jawa Barat, tepatnya di permulaan deretan perkebunan teh jika kita datang dari arah Gadog/Bogor. Dengan letaknya yang strategis, Agrowisata Gunung Mas mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Salah satu kegiatan yang menjadi primadona di Agrowisata Gunung Mas adalah menunggang kuda di tengah hamparan kebun teh yang hijau dan sejuk. Pengunjung dapat menikmati kegiatan ini dengan ditemani oleh pemandu yang akan mengajak kita mengelilingi kebun teh. Menunggang kuda di tengah kebun teh merupakan pengalaman yang luar biasa dan tidak dapat ditemui di tempat lain. Kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan bersama anak-anak, karena selain seru, juga dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran yang berharga.

Selain menunggang kuda, pengunjung juga dapat melakukan Tea Walk, yaitu berjalan santai mengelilingi perkebunan teh dengan ditemani oleh pemandu khusus. Terdapat tiga rute pilihan untuk Tea Walk, yaitu rute 4 km, 6 km, dan 8 km. Selama berjalan, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana proses pemetikan teh dari pohonnya. Hal ini tentunya sangat menarik dan edukatif bagi pengunjung, terutama anak-anak.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis penginapan, tarif, pemandu, dan pilihan rute Tea Walk, dapat mengunjungi Pusat Informasi Wisata Gunung Mas yang berlokasi berhadapan dengan Pabrik Teh PTPN VIII. Di pusat informasi ini, pengunjung dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai segala hal yang berkaitan dengan wisata di Gunung Mas.

Selain menikmati kegiatan menunggang kuda dan Tea Walk, pengunjung juga dapat mengunjungi pabrik teh di Agrowisata Gunung Mas. Di pabrik teh ini, pengunjung dapat melihat bagaimana proses pengolahan teh dari daun hingga menjadi jenis teh dalam kemasan. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman unik dan menarik dalam melihat proses pembuatan teh yang dilakukan secara tradisional.

Baca Juga:  Senang, Ingin dan Harus Belajar Membaca

Selain itu, Agrowisata Gunung Mas juga menyediakan kolam renang Tirta Mas yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang. Kolam renang ini merupakan tempat yang menyegarkan dan sangat cocok untuk beristirahat setelah melakukan kegiatan menunggang kuda atau Tea Walk. Pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman dan menenangkan di kolam renang ini.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, jangan lewatkan pengalaman seru berkuda bersama di Agrowisata Gunung Mas. Terdapat tiga rute pilihan untuk kegiatan berkuda, yaitu rute 30 menit, 1 jam, dan 2 jam. Rute 30 menit adalah yang paling banyak dipilih oleh pengunjung, karena pengunjung akan diajak mengelilingi perkebunan teh sebanyak 1 putaran. Sedangkan untuk rute 1 jam, pengunjung akan diajak untuk melihat bayi kuda di kandangnya. Untuk rute 2 jam, pengunjung akan diajak menunggang kuda sambil masuk ke dalam hutan dan berakhir di sebuah air terjun. Kegiatan berkuda ini sangat menarik dan dapat memberikan pengalaman petualangan yang seru.

Jenis kuda yang digunakan untuk kegiatan berkuda di Agrowisata Gunung Mas adalah Kuda Sumbawa. Kuda Sumbawa memiliki postur tubuh yang tinggi, besar, dan tegap. Menurut pengasuh kuda, kegiatan berkuda ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang menunjukkan kemajuan yang pesat setelah rutin menunggang kuda di Agrowisata Gunung Mas. Selain itu, anak-anak juga akan belajar mengenal bahasa tubuh kuda dan melatih kekuatan tangan saat memegang erat pegangan atau tali sadel kuda. Berkuda juga merupakan olahraga yang dapat melatih otot-otot tangan dan kaki, serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

Agrowisata Gunung Mas juga menyediakan berbagai tipe penginapan untuk pengunjung yang ingin merasakan nuansa perkebunan teh lebih lama. Terdapat 4 tipe penginapan yang dapat dipilih, yaitu kamar, bungalow, pondokan, dan rumah dari kayu kelapa. Pengunjung dapat memilih tipe penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Menginap di Agrowisata Gunung Mas akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Baca Juga:  Mengajar Bayi Membaca Dengan Menyenangkan (3) Metode Glenn Doman

Sebagai tips bagi pengunjung yang ingin berwisata di Agrowisata Gunung Mas, sebaiknya datang pada saat cuaca cerah dan di pagi hari. Cuaca cerah dan pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan perkebunan teh. Selain itu, sebaiknya membawa topi, baju hangat, kamera, dan minuman saat melakukan Tea Walk atau berkuda. Biaya untuk menunggang kuda di Agrowisata Gunung Mas adalah Rp75.000,- untuk wisatawan domestik, dan Rp125.000,- untuk wisatawan mancanegara. Jangan buang tiket masuk yang sudah dibeli, karena tiket ini dapat ditukar dengan sekantung teh celup Walini yang merupakan produk perkebunan teh ini.

Berkunjung ke Agrowisata Gunung Mas merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi anak-anak kita. Dengan mengajak mereka menunggang kuda, melakukan Tea Walk, dan mengunjungi pabrik teh, anak-anak akan belajar dan mencintai alam. Pengalaman ini dapat menjadi bekal berharga bagi mereka di masa depan untuk menjaga alam dengan lebih baik. Jadi, mari kita berusaha sedikit menempuh perjalanan jauh demi memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak tercinta kita.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com