9 Rekomendasi Tempat Makan untuk Bekal Anak Sekolah


Rekomendasi Tempat Makan Anak Sekolah yang Aman untuk Bekal Anak

Setelah libur panjang, anak-anak kembali masuk ke sekolah untuk memulai tahun ajaran baru. Selain persiapan dalam hal belajar, persiapan makanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Memberikan bekal makanan bagi anak sekolah bukan hanya sebagai cara untuk menghemat uang, tetapi juga untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak lebih higienis dan sehat. Namun, tidak hanya makanan saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga bahan tempat makan untuk bekal anak. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi tempat makan yang aman untuk bekal anak sekolah.

Salah satu bahan yang aman untuk tempat bekal anak adalah plastik food grade. Plastik food grade ini artinya, label yang menerangkan bahwa wadah tersebut aman digunakan untuk menyimpan makanan berkali-kali, tahan bau dan noda, serta mudah dibersihkan. Contoh yang biasa kita temukan pada kemasan adalah Polypropylene (PP). Selain itu, pastikan juga kemasan terbebas dari BPA atau BPA Free. BPA adalah zat kimia yang biasa digunakan dalam produksi plastik dan dapat membahayakan kesehatan jika terpapar dalam jangka panjang.

Panduan Memilih Tempat Makan untuk Bekal Anak Sekolah

Selain memperhatikan bahan tempat makan, kita juga perlu memperhatikan kapasitas kotak makanan yang sesuai dengan usia anak. Berikut adalah panduan kapasitas kotak makanan yang sesuai dengan usia anak:

1. Untuk anak usia preschool dan TK (usia sekitar 3-5 tahun), disarankan menggunakan kotak makanan dengan kapasitas 280-450 ml. Anak-anak usia ini biasanya memiliki nafsu makan yang lebih kecil, sehingga porsi makanannya juga tidak terlalu banyak.

2. Untuk anak SD kelas kecil (usia sekitar 6-8 tahun), disarankan menggunakan kotak makanan dengan kapasitas 450-600 ml. Anak-anak usia ini sudah memiliki nafsu makan yang lebih besar, sehingga membutuhkan porsi makanan yang lebih banyak.

3. Untuk anak SD kelas besar (usia sekitar 9-11 tahun), disarankan menggunakan kotak makanan dengan kapasitas 600-850 ml. Pada usia ini, anak-anak sudah memiliki nafsu makan yang cukup besar, sehingga membutuhkan porsi makanan yang lebih banyak lagi.

Baca Juga:  3 Ciri-Ciri Anak Autis yang Bisa Ibu Kenali Sejak Dini

4. Untuk anak SMP hingga dewasa (usia 12 tahun ke atas), disarankan menggunakan kotak makanan dengan kapasitas 850-1000 ml. Pada usia ini, anak-anak membutuhkan porsi makanan yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

Dengan memperhatikan bahan tempat makan yang aman dan kapasitas kotak makanan yang sesuai dengan usia anak, kita dapat memberikan bekal makanan yang higienis dan sehat bagi anak sekolah. Selanjutnya, berikut adalah rekomendasi tempat makan yang aman dan praktis untuk bekal anak sekolah:

1. LocknLock Lunch Box Check – LCB752W

Set tempat makan dari LocknLock ini memiliki wadah kompartemen terpisah untuk memudahkan Bunda memisahkan beberapa jenis makanan untuk si kecil. Dilengkapi dengan tas yang mudah dibawa dengan desain motif kotak-kotak yang sederhana. Di dalam tasnya dilapisi insulasi foil perak untuk membantu menjaga suhu makanan serta membuatnya lebih mudah dibersihkan. Harga untuk produk ini adalah Rp270.000.

2. Tupperware Kids Lunch Set

Tupperware kini menghadirkan set bekal makan untuk anak-anak yang bisa dengan mudah dibawa ke sekolah. Kids Lunch Set dengan beragam warna yang menarik ini hadir dengan gambar yang menggemaskan. Setnya berisi tempat makan, botol minum, dan juga alat makan yang bisa membuat anak semangat menyantap makanannya. Harga untuk produk ini adalah Rp155.000.

3. Lion Star Bekal Makanan Anak Sekolah SB-17 Triny Lunch Box

Lion Star memproduksi tempat bekal makanan anak sekolah dengan model SB-17 Triny Lunch Box. Tempat bekal ini memiliki dua susun kompartemen yang dapat diisi oleh nasi, lauk, sayur, dan buah. Mudah dibawa dan dipasang. Tempat bekal ini memiliki dimensi 156x90x98 mm, pas untuk porsi si kecil usia pre-school hingga SD kecil. Selain itu, tempat bekal ini memiliki tutup anti tumpah dan pengunci agar tidak berantakan saat dibawa. Harga untuk produk ini adalah Rp30.000.

Baca Juga:  Bibir Kering dan Hitam? Ini 5 Rekomendasi Produk Lip Care untuk Melembapkan dan Mencerahkannya

4. Kotak Makan Stainless Steel PollaHome

Jika Anda mencari tempat bekal yang lebih tahan lama dan ramah lingkungan, kotak makan stainless steel dari PollaHome bisa menjadi pilihan. Selain menggunakan stainless steel, kotak makan ini juga food grade dan BPA Free sehingga aman untuk anak. Dilengkapi dengan tutup easily lock yang rapat mencegah cairan tumpah keluar, tidak berbau, dan sudah dilengkapi dengan sendok, garpu, serta sumpit. Terdiri dari tiga sekat, tempat makan ini cocok untuk anak SD kelas besar hingga anak remaja. Harga untuk produk ini adalah Rp89.000.

5. Yooyee Kotak Makan 4 Sekat #638

Yooyee kotak makan 4 sekat dilengkapi dengan empat sekat dengan volume 240-290 ml sehingga Anda bisa berkreasi memadu-padankan menu untuk buah hati. Material produk menggunakan food grade, anti tumpah, anti tercampur, dan terdapat Air Hole sehingga dapat mengeluarkan udara dari dalam kotak. Ukuran 7×19.5×21.5 cm ini cocok untuk buah hati usia SD hingga remaja. Harga untuk produk ini adalah Rp95.000.

6. Ecentio Lunch Box 2 Grids Sendok Makan Set BPA Free

Ecentio lunch box merupakan tempat makan dengan sekat yang dibagi 1/3 dari tempat bekal makanan sehingga makanan dapat ditempatkan secara terpisah. Memiliki kapasitas hingga 1000 ml, tempat bekal ini cocok untuk anak usia SD hingga remaja. Bahan tempat bekal ini juga sudah aman karena mengandung PP dan BPA Free. Dilengkapi juga dengan alat makan dan dapat dipanaskan dengan microwave. Harga untuk produk ini adalah Rp60.000.

7. AZ Tempat Makan Kotak Bekal Microwavable Lunch Box

AZ tempat makan kotak bekal ini terbuat dari bahan eco wheat yang berkualitas, ramah lingkungan, dan BPA Free. Dengan desain simple dan fashionable, jadi mudah untuk menyimpan makanan. Kotak bekal ini juga tahan terhadap panas atau dingin, dan dapat digunakan untuk pemasakan menggunakan microwave. Ukuran 23,5 x 15 x 5 cm tempat bekal ini cocok untuk anak SD kelas besar hingga remaja karena memiliki penyimpanan yang besar. Harga untuk produk ini adalah Rp11.500.

Baca Juga:  Kenali 5 Perbedaan Telat Haid karena Hormon dan Hamil

8. LB 001 Lunch Box Kotak Tempat Bekal Makan Anak

LB 001 Lunch Box memiliki desain bentuk yang unik menyerupai wortel sehingga bisa membantu meningkatkan semangat anak untuk mengkonsumsi bekalnya. Tersedia dalam beberapa warna, dilengkapi dengan tiga sekat di dalamnya, dan sudah termasuk sendok makan. Tempat bekal ini bisa jadi pilihan apalagi untuk Anda yang memiliki anak di tingkat pre-school. Harga untuk produk ini adalah Rp45.000.

9. Microwavable! Lunch Box – Kotak Makan Anak Tingkat 2

Microwavable! Lunch Box dapat menjadi pilihan jika Anda mencari tempat bekal yang praktis dan terdiri dari dua tingkat. Memiliki ukuran 19 x 12.5 x 7.5 cm yang memudahkan anak untuk membawa bekal dengan praktis dan tidak memakan tempat. Terbuat dari bahan eco wheat yang berkualitas, BPA Free, dan Food Grade PP sehingga aman dan tidak membahayakan. Tempat bekal ini juga tahan terhadap panas atau dingin, dan dapat digunakan untuk pemanasan menggunakan microwave. Harga untuk produk ini adalah Rp45.000.

Dengan adanya rekomendasi tempat makan yang aman dan praktis untuk bekal anak sekolah, Bunda dapat memilih tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anak. Selain memilih tempat makan yang aman, pastikan juga untuk selalu membersihkan tempat makan setelah digunakan dan menjaga kebersihan makanan yang diberikan kepada anak. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda dalam memilih tempat makan yang aman dan menyenangkan untuk bekal anak sekolah. Selamat mencoba!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com