9 Benda di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari


Yakin nggak sih rumah kita udah masuk kategori bersih? Tunggu sampai membaca 9 benda berikut ini, yang (ternyata) wajib dibersihkan setiap hari.

Masih inget, deh, ada masanya saya rajin membersihkan casing HP berikut keyboard-nya. Gara-gara baca-baca artikel, tentang benda apa aja, yang mengandung banyak banget kuman, salah satunya handphone! Eh, tapi nyatanya bener, lho. Waktu itu saya bersihinnya pakai alkohol yang ditaruh di kapas *iya niat banget, hasilnya? Kapasnya dekil, hampir hitam *eewwww. Kebayang nggak, habis pegang HP terus makan sesuatu pake tangan telanjang, tanpa cuci tangan, berapa banyak bakteri yang ikutan masuk ke perut kita?

Baca juga: 5 Area Rumah yang Wajib Dicek Secara Berkala

Pas sudah nikah dan punya anak, kekhawatiran saya seputar kebersihan ini makin detail. Terutama pas anak lanang saya, masih bayi, kan daya tahan tubuhnya belum sempurna. Fokus saya seputar rumah aja dulu, soalnya Jordy kan juga belum banyak bepergian.

Baca juga: Direktori Jasa Bersih Bersih Rumah

Di sebuah artikel yang saya baca, di Brightside.me, ada 9 benda yang (ternyata) harus dibersihkan SETIAP HARI. Apa saja itu?

Handuk dapur

Beberapa studi membuktikan handuk dapur, atau kita sering menggunakan sebagai mengelap tangan, adalah benda paling terkontaminasi di area dapur. Hal yang sama juga berlaku untuk handuk kecil di kamar mandi. Idealnya, handuk untuk mengelap tangan ini, diganti tiga hari sekali. Pada keluarga dengan jumlah yang lebih besar, sebaiknya diganti setiap hati. Agak repot sih, kedengarannya. Tapi IMO, masuk akal kok, nggak pernah tahu, kan, kuman, bakteri dan virus apa saja yang sempat nempel di tangan, setelah beraktivitas seharian. Jadi, kebayang nggak handuk tangan di wastafel restoran? Ahahaha

Kunci

Hmmm, agak khawatir deh, pas baca poin yang ini. Nggak kepikiran kan, kalau kunci mobil, rumah yang mommies pegang setiap hari harus dibersihkan? Faktanya, kunci mengandung bakteri lebih banyak dari pada tombol di dalam lift *DUH.

Ubin kamar mandi

Nah, secara konsep kamar mandi di kita itu, kamar mandi basah. Kayaknya agak sulit, kalau ubin terus menerus dalam keadaan kering, ya. Kecuali ubin yang ditempel di tembok, baru deh ini memungkinkan kering setiap saat. Untuk urusan ubin bawah, kalau di rumah saya, akan disikat dua hari sekali.

Sponge cuci piring

Dari sekian banyak perlengkapan dapur, sponge cuci piring ini mungkin salah satu yang paling sering digunakan, ya, nggak sih, mommies? Cara membersihkannya gampang. Cuci pakai sabun cuci piring biasa. Lalu taruh di microwave, seperti menghangatkan makanan seperti biasa (dengan pilihan panas yang rendah), selama satu atau dua menit.

Baca Juga:  Sekolahku Semi Palar, Bandung

Wastafel

Jika punya benda ini di rumah, setidaknya sehari sekali, silakan dibersihkan ya. Namanya juga tempat cuci tangan beberapa orang. Dan setiap orang habis bepergian dari mana-mana, manalah kita tahu itu ada bakteri, kuman dan virus apa yang nempel ketinggalan di wastafel. Membersihkannya, bisa menggunakan cairan disinfektan, ya, mommies.

Sinks cuci piring

Saya pernah melakukan percobaan, membiarkan sinks cuci piring tidak dibersihkan seharian. Hasilnya? Langsung nempel kotoran di mana-mana. Kotoran bekas makanan numpul di bagian pembuangan. Dari ini bisa keliatan, sih, memang udah seharusnya dibersihkan setiap hari, dengan alat khusus yang menyerupai serabut besi.

Coffee Maker

Kalau mommies punya alat ini di rumah, berarti mommies punya kerjaan ekstra. Cara sederhana yang saya baca di sebuah artikel. Gunakan campuran perasan jeruk lemon dan air putih, dengan perbandingan 1:2:3 cangkir perasan jeruk lemon dan 6 gelas air. Campur semua bahan dalam coffee maker, tunggu beberapa saat, dan matikan. Jangan langsung dibuang, diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam, lalu nyalakan lagi. Setelah itu buang dan bilas dengan air.

Baca juga: 6 Pembersih Alami yang Ampuh untuk Berbagai Peralatan

Talenan

Mbak Fia, “penjaga gawang” editorial lembarkerjauntukanak.com, bilang di rumahnya punya talenan sesuai dengan jenis bahan makanan yang diolah. Artinya, buat daging dan ikan akan berbeda dengan talenan sayur, dan berbeda juga talenan untuk memotong kue.Hmmm…bisa dicoba triknya Mbak Fia. Mencucinya bisa menggunakan satu sendok the baking soda, dan setengah liter air panas. Diamkan 5-10 menit, lalu keringkan dan jemur di bawah sinar matahari.

Makeup brush

Ayooo, siapa di antara mommies yang jarang mencuci brush atau malah belum pernah? Terutama brush yang dipakai setiap hari. Di penghujung hari, bersihkan makeup brush dengan air sabun hangat, bisa pakai baby soap atau cairan khusus untuk mencuci brush. Lalu bilas dengan air biasa, dan keringkan.

Mana di antara 9 hal tadi yang sudah rutin mommies bersihkan setiap hari? Atau ada referensi benda lainnya?

Baca juga: 8 Cara Mudah dan (Murah) Membuat Rumah Lebih Sehat Untuk si Kecil

Saya adalah seorang ibu dari seorang putra bernama Jordy. Sebagai seorang ibu dan istri, saya menganggapnya sebagai komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi seorang ibu bekerja adalah pilihan dan usaha atas asa yang sangat tinggi. Saya juga seorang jurnalis dan penulis yang merasa dipanggil hati, ketika deretan kata-kata menjadi media doa.

Handuk dapur adalah salah satu benda yang sering kita gunakan sehari-hari. Namun, tahukah kita bahwa handuk dapur adalah salah satu benda yang paling terkontaminasi di area dapur? Beberapa studi telah membuktikan bahwa handuk dapur mengandung banyak kuman dan bakteri. Idealnya, handuk dapur sebaiknya diganti setiap tiga hari sekali, terutama jika ada banyak anggota keluarga. Hal ini mungkin terdengar merepotkan, tetapi sangat penting untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Bayangkan jika handuk tangan di wastafel restoran tidak pernah diganti, betapa banyak kuman dan bakteri yang ada di sana!

Baca Juga:  Bantu Atasi Kekhawatiran Ayah di Masa Kehamilan Ibu

Selain handuk dapur, ada beberapa benda lain yang juga perlu dibersihkan setiap hari. Salah satunya adalah kunci. Kunci mobil atau kunci rumah yang kita pegang setiap hari ternyata mengandung lebih banyak bakteri daripada tombol di dalam lift. Kunci merupakan benda yang sering terabaikan ketika kita membersihkan rumah. Namun, kunci yang kotor dapat menjadi sumber penyebaran kuman dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kunci setiap hari, terutama jika kita sering menggunakan kunci tersebut.

Ubin kamar mandi juga merupakan salah satu benda yang perlu dibersihkan setiap hari. Kamar mandi adalah tempat yang lembab, sehingga ubin kamar mandi seringkali basah. Namun, jika ubin terus-menerus dalam keadaan basah, akan lebih sulit untuk membersihkannya. Oleh karena itu, ubin bawah kamar mandi sebaiknya disikat setidaknya dua hari sekali. Dengan membersihkan ubin secara rutin, kita dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Sponge cuci piring adalah salah satu perlengkapan dapur yang sering digunakan. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sponge cuci piring dapat menjadi sarang bagi kuman dan bakteri. Membersihkan sponge cuci piring sebenarnya cukup mudah. Cukup cuci menggunakan sabun cuci piring biasa, lalu taruh di microwave selama satu atau dua menit. Proses pemanasan akan membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam sponge. Dengan membersihkan sponge secara rutin, kita dapat mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Wastafel dan sinks cuci piring juga perlu dibersihkan setiap hari. Wastafel adalah tempat cuci tangan bagi beberapa orang. Setiap orang yang habis bepergian mungkin saja membawa kuman dan bakteri yang menempel di wastafel. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wastafel secara rutin menggunakan cairan disinfektan. Sama halnya dengan sinks cuci piring, yang seringkali kotor karena bekas makanan yang numpuk di bagian pembuangan. Dengan membersihkan sinks cuci piring setiap hari, kita dapat mencegah penumpukan kotoran dan memastikan kebersihan dapur.

Coffee maker adalah salah satu alat yang sering kita gunakan di rumah. Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa coffee maker juga perlu dibersihkan setiap hari. Cara membersihkan coffee maker sebenarnya cukup sederhana. Gunakan campuran perasan jeruk lemon dan air putih, dengan perbandingan 1:2:3 cangkir perasan jeruk lemon dan 6 gelas air. Campur semua bahan dalam coffee maker, tunggu beberapa saat, dan matikan. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, lalu nyalakan lagi. Setelah itu, buang dan bilas dengan air. Dengan membersihkan coffee maker secara rutin, kita dapat memastikan kualitas kopi yang kita konsumsi dan mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri di dalam coffee maker.

Baca Juga:  Ini Dia Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil di Trimester Tiga

Talenan adalah salah satu perlengkapan dapur yang sering kita gunakan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa talenan juga perlu dibersihkan secara rutin. Mbak Fia, “penjaga gawang” editorial lembarkerjauntukanak.com, menyarankan untuk memiliki talenan sesuai dengan jenis bahan makanan yang diolah. Talenan untuk daging dan ikan sebaiknya berbeda dengan talenan untuk sayur, dan talenan untuk memotong kue juga sebaiknya berbeda. Membersihkan talenan juga mudah. Cukup menggunakan satu sendok teh baking soda dan setengah liter air panas. Diamkan selama 5-10 menit, lalu keringkan dan jemur di bawah sinar matahari. Dengan membersihkan talenan secara rutin, kita dapat mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Makeup brush adalah salah satu alat yang sering kita gunakan untuk merias wajah. Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa makeup brush juga perlu dibersihkan secara rutin. Terutama jika kita menggunakan makeup brush setiap hari, membersihkannya menjadi sangat penting. Di akhir hari, kita dapat membersihkan makeup brush dengan menggunakan air sabun hangat, bisa menggunakan baby soap atau cairan khusus untuk membersihkan makeup brush. Setelah itu, bilas dengan air biasa dan keringkan. Dengan membersihkan makeup brush secara rutin, kita dapat mencegah penumpukan produk makeup dan menjaga kebersihan kulit wajah kita.

Jadi, mana di antara 9 hal tadi yang sudah rutin mommies bersihkan setiap hari? Atau ada referensi benda lainnya? Membersihkan benda-benda ini setiap hari memang membutuhkan waktu dan usaha ekstra. Namun, dengan melakukan ini, kita dapat menjaga kebersihan rumah dan mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, membersihkan benda-benda ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan keluarga. Jadi, mari kita semua lebih peduli terhadap kebersihan rumah kita dan menjaga kesehatan keluarga kita.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com