7 Manfaat Membantu Orang Tua bagi Perkembangan Si Kecil



Manfaat Membantu Orang Tua bagi Perkembangan Si Kecil

Membantu orang tua ternyata memiliki banyak manfaat yang positif bagi perkembangan si Kecil. Meskipun dalam hal ini si Kecil masih belum bisa melakukannya dengan sempurna, namun sangat penting untuk membiasakan mereka sejak dini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat membantu orang tua bagi perkembangan si Kecil.

1. Menanamkan Rasa Tanggung Jawab
Membantu orang tua dapat menanamkan rasa tanggung jawab pada si Kecil terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Ketika si Kecil membantu merapikan mainannya setelah bermain, ia akan belajar untuk menjaga kerapihan dan kebersihan. Begitu juga ketika ia selesai makan, ia akan belajar untuk mencuci piring kotor. Dengan membantu orang tua, si Kecil akan terbiasa untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kecil di rumah.

2. Membiasakan Sikap Mandiri
Banyak orang tua yang terlalu memanjakan anaknya dengan melakukan segala hal untuk mereka. Akibatnya, si Kecil menjadi malas dan tidak tahu apa yang menjadi tugas anak di rumah. Melalui kebiasaan membantu orang tua, si Kecil akan belajar untuk mandiri. Dengan membantu orang tua melakukan pekerjaan ringan seperti mengambil minum atau meletakkan pakaian kotor di ember, si Kecil akan terbiasa untuk melakukan segala hal sendiri. Ketika sudah tumbuh dewasa, ia tidak akan canggung atau bingung untuk mengurus dirinya sendiri.

3. Melatih Daya Konsentrasi
Melakukan pekerjaan rumah membutuhkan konsentrasi agar hasilnya baik. Ketika si Kecil membantu merapikan mainannya atau menyapu lantai, ia akan belajar untuk fokus pada pekerjaan yang sedang ia lakukan. Ia akan belajar untuk memperhatikan detail-detail kecil dan berusaha untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Melalui kegiatan membantu orang tua, si Kecil akan terlatih daya konsentrasinya.

Baca Juga:  Ingin Coba Senam Ibu Hamil? Perhatikan Hal Ini Dulu Yuk, Bu!

4. Melatih Kemampuan Motorik Halus dan Kasar
Melalui kegiatan membantu orang tua, si Kecil akan terlatih kemampuan motorik halus dan kasarnya. Misalnya ketika ia membantu menyapu lantai, ia akan meningkatkan kekuatan jari dan lengannya. Ketika ia membantu melipat baju, ia akan melatih motorik halus berupa kekuatan jemari tangannya. Dengan membantu orang tua, si Kecil akan terlatih dalam melakukan berbagai jenis gerakan dan memperbaiki koordinasi antara otot-ototnya.

5. Menambah Kosakata Anak
Anak pada usia prasekolah sedang dalam fase ingin tahu dan suka bertanya tentang segala hal. Ketika si Kecil membantu orang tua, ia akan banyak bertanya mengenai peralatan yang digunakan atau cara melakukan pekerjaan dengan benar. Melalui kegiatan ini, orang tua dapat memberikan pengetahuan baru kepada si Kecil. Dengan membantu orang tua, si Kecil akan semakin banyak kosakata dan pengetahuan baru.

6. Membiasakan Sikap Rapi dan Bersih
Melalui kegiatan membantu orang tua, si Kecil akan terbiasa untuk menjaga kebersihan dan kerapihan. Ketika ia membantu merapikan mainannya atau menyapu lantai, ia akan belajar untuk menjaga kebersihan di sekitarnya. Dengan membantu orang tua, si Kecil akan terlatih untuk menjadi pribadi yang rapi dan bersih.

7. Mempererat Hubungan dengan Orang Tua
Melalui kegiatan membantu orang tua, si Kecil dapat mempererat hubungan dengan orang tua. Ketika mereka bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah, mereka dapat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Hal ini dapat mempererat ikatan emosional antara si Kecil dan orang tua. Jika si Kecil merasa dekat dengan orang tuanya, ia akan lebih terbuka dan tidak segan untuk berbagi tentang apa yang ia alami dan rasakan. Hal ini akan membantu mencegah si Kecil untuk berbohong atau melakukan hal-hal yang tidak aman di belakang orang tua.

Baca Juga:  Sawang Sinawang

Setelah mengetahui manfaat membantu orang tua bagi perkembangan si Kecil, kita juga perlu memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung perkembangan otak si Kecil. Nutrisi seperti DHA (asam lemak omega-3) dan 9AAE (9 jenis asam amino esensial) sangat penting untuk perkembangan otak dan tubuh si Kecil. Kedua nutrisi ini harus dipenuhi melalui makanan yang dikonsumsi oleh si Kecil. DHA dapat ditemukan dalam ikan dan makanan laut, sedangkan 9AAE dapat ditemukan dalam daging, susu, dan produk kedelai. Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan otak dan tubuhnya.

Dalam melakukan kegiatan membantu orang tua, penting bagi orang tua untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada si Kecil. Jangan memaksakan si Kecil untuk melakukan pekerjaan yang terlalu berat atau sulit untuk usianya. Sesuaikan kegiatan dengan kemampuan dan usia si Kecil. Selain itu, berikan penghargaan dan pujian kepada si Kecil setiap kali ia membantu orang tua. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai dan termotivasi untuk terus membantu.

Dalam kesimpulan, membantu orang tua memiliki banyak manfaat positif bagi perkembangan si Kecil. Melalui kegiatan membantu orang tua, si Kecil dapat belajar tanggung jawab, mandiri, konsentrasi, motorik, kosakata, kebersihan, dan merapatkan hubungan dengan orang tua. Selain itu, pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan otak dan tubuhnya. Jadi, mari kita ajak si Kecil untuk membantu orang tua dalam melakukan pekerjaan rumah, dan lihatlah betapa berharganya kontribusi mereka bagi keluarga dan perkembangan pribadi mereka sendiri.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com