6 Rekomendasi Tempat Les Coding Anak dan Perkiraan Biayanya



Berminat memasukkan anak les coding? Ini rekomendasinya lengkap dengan perkiraan biaya.

Ditulis oleh Anita Desyanti

Dilansir dari Educational Advisory Board (EAB) melalui Home Business Magazine, disebutkan tenaga profesional dengan skill di bidang IT, secara internasional banyak dicari di 2022. Les coding bisa menjadi persiapan untuk si Kecil, menghadapi era kompetisi mendapatkan pekerjaan di ranah tersebut.

Tidak heran, sih, ya permintaan SDM di bidang IT meningkat tajam. Berbanding lurus dengan tren masa kini – everything goes digital. Termasuk menjamah dunia anak-anak kita. Hal ini juga berdampak pada pilihan profesi anak-anak di era sekarang, tidak lagi berkutat pada: Polisi, Pilot, Dokter, dan lain-lain. Kini si Kecil bisa lantang menyebutkan ingin menjadi Programmer (contohnya), supaya bisa menggarap game, hahaha, seru yah!

Baca juga: Skill Wajib Dimiliki Anak Jika Ingin Menjadi Content Creator

Salah satu keahlian yang mesti dimiliki pekerjaan di bidang IT adalah coding, atau biasa disebut pemrograman komputer. Dikutip dari Grasshopper, coding merupakan cara berkomunikasi dengan komputer. Bentuknya serangkaian kode, yang akan diberitahu kepada komputer, tindakan apa yang harus dilakukan. Keterampilan coding ini bisa digunakan untuk membuat situs web, aplikasi, memproses data, dan hal lainnya.

Jika si kecil mulai menunjukkan ketertarikannya ke arah coding, mari dukung dengan mengikutsertakannya ke les coding. Jangan khawatir mengenai lokasinya, karena umumnya les coding di era pandemi, juga menyediakan kursus online.

Rekomendasi tempat les coding untuk anak dan remaja

I BIG ACADEMY

Lokasi: The Icon Business Park Unit E-7 – BSD City

Telepon:081211778838

Program yang tersedia:

Digi Lits (6-9 tahun)

Digi Kids (10-12 tahun)

Digi Teens

Kisaran biaya: Rp600.000-Rp700.000 (per 1 kali pertemuan)

Baca Juga:  Biaya Melahirkan Tahun 2023 di Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, Mulai Dari Rp3,5 Juta

I BIG ACADEMY merupakan salah satu tempat les coding yang direkomendasikan untuk anak-anak dan remaja. Terletak di The Icon Business Park Unit E-7 – BSD City, tempat ini menawarkan program-program seperti Digi Lits untuk anak usia 6-9 tahun, Digi Kids untuk anak usia 10-12 tahun, dan Digi Teens untuk remaja. Biaya yang dikenakan untuk setiap pertemuan berkisar antara Rp600.000-Rp700.000.

KODING NEXT

Lokasi: Jabodetabek, Bali dan Malaysia

Telepon: (+62) 21 2260 4616

Program yang tersedia:

Little Koders (4-8 tahun)

Junior Koders (8-16 tahun)

Kisaran biaya: 6 – 8 juta (untuk 20 kali pertemuan, dengan rentang waktu 5-6 bulan)

KODING NEXT adalah tempat les coding yang memiliki lokasi di Jabodetabek, Bali, dan Malaysia. Mereka menawarkan program-program seperti Little Koders untuk anak usia 4-8 tahun dan Junior Koders untuk anak usia 8-16 tahun. Biaya yang dikenakan untuk paket 20 kali pertemuan dengan rentang waktu 5-6 bulan berkisar antara 6-8 juta.

CODING BEE ACADEMY

Lokasi: Ruko Golf Island, Theme Park Block D No. 25, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, DKI Jakarta

Telepon: 081288481182 (WA)

Program yang tersedia:

TK

SD

SMP

SMA

Kisaran biaya: Mulai dari Rp2.550.00 per 3 bulan

CODING BEE ACADEMY adalah tempat les coding yang terletak di Ruko Golf Island, Theme Park Block D No. 25, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, DKI Jakarta. Mereka menawarkan program-program yang cocok untuk anak-anak dari tingkat TK hingga SMA. Biaya yang dikenakan dimulai dari Rp2.550.000 per 3 bulan.

CODY’S APP ACADEMY

Lokasi: Bintaro , Sektor 9, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220.

Telepon:

Program yang tersedia:

Junior Developer Program

Baca Juga:  Lindungi Kesehatan Gigi Si Kecil, Yuk!

Game Developer Program

Kisaran biaya: Rp800.000 (4 kali sesi, untuk 1 bulan)

CODY’S APP ACADEMY adalah tempat les coding yang berlokasi di Bintaro, Sektor 9, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220. Mereka menawarkan program-program seperti Junior Developer Program dan Game Developer Program. Biaya yang dikenakan untuk 4 kali sesi selama 1 bulan adalah Rp800.000.

RUMAH CODING

Lokasi: Jl. Margonda Raya Gg. Kramat Batas No.4, Kel. Kemiri Muka Kec. Beji Depok, Jawa Barat 16423 (Dekat DMall)

Telepon: (021) 77803574

Program yang tersedia: TK, SD dan SMP

Kisaran biaya: Mulai dari Rp250.000/bulan. Program dilaksanakan 3 bulan, dengan durasi pertemuan, seminggu 1 kali.

RUMAH CODING adalah tempat les coding yang terletak di Jl. Margonda Raya Gg. Kramat Batas No.4, Kel. Kemiri Muka Kec. Beji Depok, Jawa Barat 16423. Mereka menawarkan program-program untuk tingkat TK, SD, dan SMP. Biaya yang dikenakan dimulai dari Rp250.000 per bulan, dengan program yang dilaksanakan selama 3 bulan dan pertemuan seminggu 1 kali.

KODE KIDDO

Lokasi: Jabodetabek

Telepon: 0812 4846 4447 (WA)

Program yang tersedia:

Kelas Introduction to Coding : Rp 350000 – 450000 / bulan

Kelas Coding for SD : Rp 500000 – 870000 / bulan

Kelas Coding for SMP : Rp 575000 – 1000000 / bulan

Kelas Coding for SMA : Rp 650000 – 1100000 / bulan

KODE KIDDO adalah tempat les coding yang berlokasi di Jabodetabek. Mereka menawarkan berbagai kelas seperti Introduction to Coding, Coding for SD, Coding for SMP, dan Coding for SMA. Biaya yang dikenakan bervariasi, mulai dari Rp350.000 hingga Rp1.100.000 per bulan, tergantung pada jenis kelas yang dipilih.

Dari berbagai pilihan tempat les coding di atas, mommies dapat memilih yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan anak. Setiap tempat les coding menawarkan program-program yang berbeda dan memiliki kisaran biaya yang berbeda pula. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum memilih tempat les coding yang tepat.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Les coding dapat menjadi investasi yang baik untuk masa depan anak. Dengan menguasai kemampuan coding, anak-anak dapat memiliki keahlian yang dibutuhkan di era digital ini. Mereka dapat mengembangkan kreativitas, logika berpikir, dan problem-solving skills. Selain itu, les coding juga dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan kerja sama dan komunikasi, karena mereka akan berinteraksi dengan teman-teman sekelas dalam mengerjakan proyek-proyek coding.

Tentu saja, sebelum memutuskan untuk memasukkan anak ke les coding, penting untuk berdiskusi dengan mereka terlebih dahulu. Pastikan mereka memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar coding. Selain itu, juga penting untuk memilih tempat les coding yang memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak.

Selain tempat-tempat les coding di atas, masih banyak tempat lainnya yang menawarkan kursus coding untuk anak-anak dan remaja. Bunda dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan membandingkan pilihan-pilihan tersebut sebelum membuat keputusan akhir.

Investasi dalam pendidikan anak adalah investasi yang sangat berharga. Dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar coding sejak dini, kita memberikan mereka bekal yang berharga untuk masa depan. Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti mereka akan menjadi ahli IT yang sukses dan memberikan kontribusi besar dalam dunia teknologi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi mommies yang berminat memasukkan anak ke les coding. Selamat mencari tempat les coding yang terbaik untuk si Kecil!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com