Payudara Gatal Saat Hamil? Ini Faktor Penyebabnya, Bu


Penyebab Payudara Gatal Saat Hamil

Pada saat hamil, payudara gatal sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yang berkaitan dengan perubahan hormonal dan perkembangan tubuh selama kehamilan. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang faktor penyebab payudara gatal saat hamil:

Perubahan hormonal

Perubahan hormonal adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan payudara gatal saat hamil. Selama kehamilan, hormon ibu mengalami peningkatan yang signifikan, terutama hormon estrogen dan progesteron. Kenaikan hormon ini dapat mempengaruhi keseimbangan kulit dan menyebabkan kulit pada payudara menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap rasa gatal.

Peregangan kulit

Selama kehamilan, ukuran dan berat payudara meningkat secara bertahap untuk mengakomodasi pertumbuhan janin. Peregangan kulit ini dapat menyebabkan ketegangan pada kulit payudara dan menyebabkan rasa gatal. Selain itu, peregangan kulit juga dapat menyebabkan stretch mark atau garis-garis kecil yang terlihat pada kulit payudara.

Eksim

Eksim adalah kondisi kulit yang umum terjadi selama kehamilan. Eksim ditandai dengan kulit kering, kemerahan, bersisik, dan terasa gatal. Pada beberapa kasus, eksim juga dapat mempengaruhi kulit payudara dan menyebabkan gatal pada area tersebut.

PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy)

PUPP adalah kondisi kulit yang menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit ibu hamil. Ruam ini dapat muncul di perut, payudara, paha, dan bokong. Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, PUPP diduga terkait dengan perubahan hormonal selama kehamilan.

Prurigo kehamilan

Prurigo adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terasa gatal. Selama kehamilan, perubahan hormonal dapat mempengaruhi respons sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan prurigo. Benjolan-benjolan kecil ini dapat muncul di payudara dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:  Anak Sedang Diare, Mendingan Minum Susu atau Teh?

Intertrigo

Intertrigo adalah kondisi kulit yang terjadi di bawah payudara. Hal ini disebabkan oleh kelembaban dan panas yang terjebak di antara lipatan kulit. Meskipun intertrigo dapat terjadi pada siapa saja, saat hamil, perubahan hormonal dan peningkatan ukuran payudara dapat meningkatkan risiko terjadinya intertrigo.

Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil

Selain mengetahui faktor penyebab payudara gatal saat hamil, penting juga untuk mengetahui cara mengatasi keluhan tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa gatal pada payudara selama kehamilan:

Selalu terhidrasi

Penting untuk memastikan bahwa tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk kulit payudara. Hindari minuman berkafein dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Menggunakan baju yang longgar

Kenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut. Hindari penggunaan bra yang terlalu ketat karena dapat meningkatkan gesekan pada kulit payudara dan menyebabkan rasa gatal. Gunakan bra yang nyaman dan mendukung payudara dengan baik.

Mengganti deterjen

Jika Anda mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung bahan kimia yang keras atau pewangi yang kuat, coba ganti dengan deterjen yang lebih lembut dan bebas pewangi. Bahan kimia dalam deterjen dapat menyebabkan iritasi pada kulit payudara dan memicu rasa gatal.

Mengoleskan pelembab

Gunakan pelembab yang lembut dan aman untuk kulit payudara. Pilih pelembab yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, minyak zaitun, atau shea butter. Oleskan pelembab setelah mandi atau kapan pun kulit terasa kering dan gatal.

Mandi atau kompres air dingin

Mandi dengan air dingin atau mengompres payudara dengan kain yang telah direndam dalam air dingin dapat membantu meredakan rasa gatal pada payudara. Air dingin dapat memberikan efek pendinginan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Baca Juga:  4 Manfaat Madu Untuk Balita

Menghindari faktor pemicu

Hindari paparan terhadap bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit payudara, seperti deterjen keras, parfum, atau produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Juga hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi dan alkohol.

Mengonsumsi makanan sehat

Perhatikan pola makan dan pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama kehamilan. Makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk kulit payudara. Konsumsi juga makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Berkonsultasi dengan dokter

Jika rasa gatal pada payudara selama kehamilan tidak kunjung reda atau semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ibu hamil.

Perawatan khusus untuk payudara

Beberapa ibu hamil juga memilih untuk menggunakan krim atau lotion khusus untuk merawat payudara. Beberapa produk yang tersedia di pasaran mengandung bahan-bahan alami yang diklaim dapat meredakan rasa gatal dan mengembalikan kelembapan kulit payudara.

Jadi, payudara gatal saat hamil memang merupakan hal yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan melakukan perawatan dan mengikuti tips di atas, ibu hamil dapat mengurangi rasa gatal dan menjaga kesehatan kulit payudara. Tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan selama kehamilan. Jika rasa gatal tidak kunjung hilang atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com