5 Rekomendasi Film Kartun Bahasa Inggris Edukatif untuk Anak, Bantu Si Kecil Belajar Bahasa Inggris!


Film kartun edukatif bahasa Inggris tidak hanya menjadi hiburan bagi anak-anak, tetapi juga memberikan manfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris dan pesan moral. Menonton film kartun ini dengan pendampingan orang tua dapat membantu anak-anak memahami tema positif dan negatif yang disajikan dalam cerita serta memfasilitasi diskusi tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Salah satu film kartun edukatif bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk anak-anak adalah “Coco” yang dirilis pada tahun 2017. Film ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures. Ceritanya mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel Rivera yang tinggal di Spanyol bersama keluarga dan nenek buyutnya, Coco. Miguel memiliki impian untuk menjadi seorang penyanyi, namun keluarganya melarangnya karena alasan tertentu. Suatu hari, Miguel mengetahui bahwa ayah Coco, Hector, adalah seorang penyanyi terkenal di masanya. Ia memutuskan untuk menyeberang ke dunia arwah untuk bertemu dengan sang kakek buyutnya. Film ini mengajarkan kepada anak-anak untuk terus mengejar mimpi mereka dan pentingnya dukungan keluarga dalam mewujudkan impian tersebut.

Film kartun edukatif bahasa Inggris lainnya yang direkomendasikan adalah “Inside Out” yang dirilis pada tahun 2015. Cerita film ini berpusat pada seorang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Riley yang harus beradaptasi dengan lingkungan barunya setelah pindah rumah ke San Francisco. Di dalam pikiran Riley terdapat markas tempat para emosi berkumpul, yaitu Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust. Kelima emosi ini mengendalikan tingkah laku Riley dengan tujuan membuatnya bahagia. Namun, saat Riley harus beradaptasi dengan lingkungan barunya, markas emosi Riley mengalami masalah dan Joy serta Sadness terbuang ke pusat memori Riley. Film ini mengajarkan kepada anak-anak tentang berbagai macam emosi yang mereka rasakan, seperti kegembiraan, sedih, kemarahan, takut, dan jijik. Orang tua dapat membantu anak-anak dalam mengenali dan memahami emosi-emosi tersebut.

Baca Juga:  Ide Menu MPASI 10 Bulan untuk si Kecil yang Prima

Selain “Coco” dan “Inside Out”, masih banyak film kartun edukatif bahasa Inggris lainnya yang dapat ditonton oleh anak-anak. Film-film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pesan moral dan nilai-nilai positif yang dapat dijadikan pembelajaran. Dalam menonton film kartun ini, orang tua juga disarankan untuk mendampingi anak-anak mereka. Penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine menunjukkan bahwa anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dari tema positif dan negatif yang ada dalam film. Dengan pendampingan orang tua, muatan positif dalam film dapat didiskusikan secara bersama-sama.

Dalam mendiskusikan tema-tema dalam film, orang tua dapat membicarakan hal-hal positif yang terdapat dalam cerita, seperti kerjasama antar karakter untuk memecahkan masalah. Hal ini dapat membangun diskusi yang produktif dan memperkuat pemahaman anak-anak tentang nilai-nilai yang ingin disampaikan dalam film. Selain itu, orang tua juga dapat membicarakan tema-tema negatif yang muncul dalam film, seperti narkoba atau kekerasan. Dengan membicarakan tema negatif ini, anak-anak dapat belajar mengenali dan memahami bahaya-bahaya yang ada di sekitar mereka.

Pentingnya pendampingan orang tua dalam menonton film kartun edukatif bahasa Inggris ini adalah untuk memastikan bahwa anak-anak memperoleh pemahaman yang baik tentang pesan moral dan nilai-nilai yang ingin disampaikan dalam cerita. Orang tua dapat membantu anak-anak dalam menghubungkan cerita dengan kehidupan sehari-hari mereka serta memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang pesan-pesan yang terkandung dalam film. Diskusi ini dapat membantu anak-anak dalam memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang ingin disampaikan, sehingga mereka dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain manfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris, film kartun edukatif bahasa Inggris juga dapat membantu anak-anak dalam pengembangan kognitif dan emosional mereka. Dalam menonton film ini, anak-anak dapat melatih kemampuan mereka dalam mengidentifikasi emosi-emosi yang muncul dalam cerita. Mereka juga dapat melatih kemampuan mereka dalam memahami hubungan antara peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam cerita serta mengembangkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis dan analitis.

Baca Juga:  Manfaat Kursus Robotik untuk Anak dan Rekomendasinya

Dalam memilih film kartun edukatif bahasa Inggris untuk anak-anak, orang tua perlu memperhatikan usia dan minat anak-anak. Pilihlah film-film kartun yang sesuai dengan usia anak-anak dan mengandung nilai-nilai positif yang ingin disampaikan. Selain itu, pastikan juga bahwa film tersebut secara visual menarik dan mempunyai cerita yang dapat menarik perhatian anak-anak. Dengan memilih film yang sesuai, anak-anak akan lebih tertarik dan terlibat dalam menonton film serta memperoleh manfaat yang lebih besar dari kegiatan ini.

Dalam menonton film kartun edukatif bahasa Inggris, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh orang tua. Pertama, tentukan waktu yang tepat untuk menonton film. Pastikan anak-anak berada dalam kondisi yang baik dan siap untuk menonton. Kedua, pilihlah platform yang aman dan sesuai untuk menonton film. Pilihlah platform yang menyediakan film kartun edukatif bahasa Inggris dengan kualitas yang baik dan tidak mengandung konten yang tidak sesuai untuk anak-anak. Ketiga, berikan penjelasan tentang film sebelum menonton. Beritahu anak-anak tentang tema dan pesan moral yang ingin disampaikan dalam film. Keempat, libatkan anak-anak dalam diskusi setelah menonton film. Tanyakan pendapat mereka tentang cerita, karakter, dan pesan moral yang ingin disampaikan. Diskusi ini dapat membantu anak-anak dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang film dan nilai-nilai yang ingin disampaikan.

Dalam kesimpulannya, film kartun edukatif bahasa Inggris dapat menjadi sarana yang efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan pesan moral bagi anak-anak. Menonton film ini dengan pendampingan orang tua dapat membantu anak-anak memahami tema-tema yang disajikan dalam cerita serta memfasilitasi diskusi yang produktif tentang nilai-nilai yang ingin disampaikan. Dengan memilih film yang sesuai dengan usia dan minat anak-anak, serta melibatkan anak-anak dalam diskusi setelah menonton film, orang tua dapat memberikan pengalaman menonton yang bermanfaat dan mendalam bagi anak-anak. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar bahasa Inggris dan nilai-nilai positif melalui kegiatan menonton film kartun edukatif bahasa Inggris.

Baca Juga:  Kenali Isi Pikiran Si Kecil untuk Berkomunikasi


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com