5 Manfaat Zinc yang Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Zinc untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat zinc ternyata sangat penting untuk pertumbuhan tinggi badan dan daya tahan tubuh anak. Zinc adalah salah satu mineral yang harus didapatkan dari sumber makanan karena tubuh tidak memproduksi sendiri mineral ini. Salah satu manfaat zinc yang paling sering disebut yaitu mengurangi peradangan dalam tubuh. Namun, manfaat zinc tak hanya itu, ada pula beragam manfaat lain yang tak kalah penting. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat zinc yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Ini karena zinc berperan untuk mengaktifkan sel darah putih yang disebut sebagai limfosit sel T. Sel ini memiliki fungsi penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, manfaat zinc bagi si Kecil dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit.

Mencegah peradangan
Manfaat zinc yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah terjadinya peradangan. Ini karena zinc memiliki peran untuk meredakan reaksi oksidasi dalam tubuh. Reaksi oksidasi yang terjadi di dalam tubuh dapat menghasilkan radikal bebas. Hal tersebut berbahaya karena bisa memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel-sel tubuh. Untuk mencegah bahaya reaksi oksidasi ini, tubuh membutuhkan antioksidan. Nah, manfaat zinc di sinilah yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan sel tubuh. Dengan begitu, peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa berkurang atau mereda dengan baik.

Mendukung pertumbuhan
Selain penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah peradangan, manfaat zinc juga penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil. Mencukupi kebutuhan zinc harian pada si Kecil dapat membantu ia memiliki tinggi dan berat badan yang lebih ideal. Meskipun begitu, pertumbuhan tinggi badan dan berat badan si Kecil tidak hanya dipengaruhi oleh asupan zinc saja. Akan tetapi, Bunda juga perlu mencukupi nutrisi lain yang berperan penting untuk membangun dan memperkuat tulang, seperti protein, kalsium, kalium, dan vitamin D.

Baca Juga:  Pentingnya Kandungan Susu bagi Pertumbuhan Anak

Mencegah diare
Manfaat zinc yang tak kalah penting yaitu mencegah diare pada anak. Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun adalah diare. Salah satu penyebab munculnya diare pada anak yaitu karena kekurangan zinc. Oleh karena itu, salah satu manfaat zinc pada si Kecil dapat mengatasi diare, disentri, hingga infeksi saluran pernapasan. Meskipun manfaat zinc sangat penting dalam mencegah diare, Bunda tetap harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan si Kecil suplemen zinc. Sebab, pemberian suplemen zinc harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan si Kecil agar ia mendapatkan dosis yang tepat. Sedangkan, untuk anak yang tidak mengalami gangguan kesehatan, ia bisa mendapatkan manfaat zinc dari sumber makanan yang alami, seperti susu, ikan, telur, dan lainnya.

Mempercepat proses penyembuhan luka
Manfaat zinc juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Mineral ini berperan penting dalam produksi kolagen, yaitu serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Jika produksi kolagen maksimal, luka bisa berangsur menyusut dan menutup dengan lebih cepat. Berkat manfaat zinc tersebut, mineral ini kerap dijadikan bahan dasar obat untuk mengatasi luka pada kulit, salah satunya luka bakar. Namun, perlu diingat kembali ya, Bu, zinc bukan satu-satunya nutrisi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Ada pula nutrisi lain memiliki peran yang sama, seperti protein dan vitamin C. Maka dari itu, manfaat zinc ini akan lebih optimal jika kehadiran protein dan vitamin C pun tercukupi dengan baik.

Memahami pentingnya manfaat zinc perlu Bunda ketahui agar si Kecil terhindar dari kekurangan mineral ini. Sebab, jika ia kekurangan zinc, maka ada beberapa gangguan kesehatan yang akan si Kecil alami, di antaranya: kerontokan rambut, diare, luka lama sembuh, kulit tidak sehat, pertumbuhan si Kecil kemungkinan terhambat, hilang nafsu makan, dan mudah sakit. Bunda bisa mendapatkan asupan zinc dari beberapa jenis makanan, di antaranya: susu dan produk olahannya, makanan laut, daging unggas, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan jamur.

Baca Juga:  Bisakah Mendeteksi Down Syndrome pada Janin, dan Berapa Biayanya?

Dengan memahami manfaat zinc dan mencukupi asupan zinc bagi anak, Bunda dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Pastikan juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi kesehatan si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Bunda dan si Kecil. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com