5 Cara Jitu Agar Kulit Segar Selama Hamil

5 Cara Jitu Agar Kulit Segar Selama Hamil

Perubahan yang sering terjadi dan paling sensitif selama kehamilan salah satunya adalah perubahan yang terjadi pada kulit. Tak jarang banyak wanita yang merasa frustasi melihat kondisi kulitnya kering, kusam, lebih berminyak, muncul bercak-bercak hitam, dan berjerawat saat ia sedang hamil. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap segar selama hamil. Berikut ini adalah lima cara yang bisa Anda coba:

1. Nutrisi Bunda hamil
Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan. Selain baik untuk tumbuh kembang bayi di dalam janin, makanan tersebut juga bermanfaat untuk menghindari kulit kering. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi adalah alpukat, kacang-kacangan, dan zaitun. Buah-buahan ini mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

2. Perbanyak minum air putih
Cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum sekurang-kurangnya 6-8 gelas air putih per hari. Hal ini tidak hanya mencegah kulit kering, tetapi juga membantu Anda terhindar dari dehidrasi. Minum air putih secara cukup juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

3. Gunakan produk perawatan kulit yang aman
Selain memperhatikan asupan makanan dan minum yang cukup, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang aman selama hamil. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti paraben, retinol, dan hidrokuinon. Gunakanlah krim pelembab ekstra moisturizer untuk kulit yang lebih kering, hindari penggunaan sabun yang mengandung deodorant, dan gunakan tabir surya dengan kandungan SPF saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Tetap aktif dengan berolahraga
Meskipun sedang hamil, sebaiknya jangan menjadi malas untuk berolahraga. Olahraga secara rutin akan meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Hal ini akan membuat kulit terlihat lebih sehat, cantik, dan bugar. Anda dapat mengikuti kelas senam hamil atau melakukan jogging kecil dengan berjalan kaki di pagi hari.

Baca Juga:  Bu, Ini Manfaat Berlatih Tummy Time untuk Si Kecil

5. Tetap positif dan percaya diri
Selama hamil, penting bagi Anda untuk tetap positif dan percaya diri. Kecantikan tidak hanya berasal dari luar, tetapi juga dari dalam. Jika Anda terus khawatir dan merasa tidak percaya diri, penampilan Anda akan terlihat jauh lebih buruk. Ingatlah bahwa di balik tubuh yang membesar, ada sesuatu yang paling berharga, yaitu bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan Anda. Percayalah bahwa Anda tetap cantik dan ini hanya sementara. Setelah melahirkan, berat badan Anda akan kembali turun dan kulit Anda akan kembali seperti sediakala.

Selain melakukan lima cara jitu di atas, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan selama hamil. Hindarilah penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya, karena zat-zat tersebut dapat diserap melalui pori-pori dan berpotensi mempengaruhi kondisi janin. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai produk perawatan kulit yang aman untuk digunakan selama hamil.

Selamat dan semoga sukses dengan kehamilan Anda. Ingatlah bahwa kecantikan sejati berasal dari dalam diri Anda. Tetaplah merawat diri sendiri dan berikan yang terbaik untuk bayi Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com