4 Tips dan Trik Membuat si Kecil Suka Sarapan

4 Tips dan Trik Membuat si Kecil Suka Sarapan

Agar si Kecil suka sarapan, lakukan tips berikut ini supaya ia menyukai menu makanan anak buatan Bunda.

1. Buat Rutinitas Pagi Sebelum Sarapan

Tahukah Bunda, tak semua anak merasa lapar saat bangun tidur. Nah, si Kecil di rumah mungkin salah satu di antaranya. Oleh sebab itu, ia enggan sarapan. Untuk membuatnya bersemangat menyambut menu sarapan karena merasa lapar, Bunda bisa memulai dengan mengajak si Kecil melakukan aktivitas pagi bersama selama 15-20 menit. Misalnya, membereskan kamar dan berolahraga bersama. Energi yang berkurang karena aktivitas pagi ini mampu memicu rasa lapar si Kecil, lho! Dengan begitu, ia tak akan melewatkan menu pagi yang Bunda siapkan.

Jadikan Waktu Berkualitas untuk Keluarga

Mungkin saja salah satu alasan si Kecil malas sarapan adalah karena harus melakukannya sendirian. Oleh sebab itu, Bunda bisa memulai kebiasaan sarapan bersama keluarga. Ajak juga Ayah untuk sarapan bersama sehingga si Kecil tidak kesepian. Ini juga bisa menjadi ajang menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, bukan?

Siapkan Menu Kesukaannya

Membuat menu sarapan anak kesukaannya bisa menjadi cara lain agar ia lebih semangat bangun pagi dan menyantap sajian yang Bunda siapkan. Di malam sebelumnya, Bunda bisa bertanya lebih dulu apa menu sarapan yang ingin ia santap. Dengan begitu, ia akan lebih bersemangat menyambut esok hari karena tahu makanan kesukaannya akan disajikan.

Buatlah Menu yang Bervariasi

Apabila si Kecil masih sulit sarapan, coba cari inspirasi menu yang menarik perhatian. Bunda bisa mencari beberapa resep yang bisa dibuat di rumah. Misalnya, omelet pizza, telur gulung dan masih banyak lagi. Selain itu, Bunda juga bisa belajar untuk membuat bekal sarapan dengan bentuk yang lucu-lucu agar si Kecil makin semangat untuk sarapan pagi.

Baca Juga:  15 Link Latihan Soal untuk Ujian Sekolah Kelas 12 SMA

Selain tips di atas, ada beberapa hal lain yang bisa Bunda coba untuk membuat si Kecil suka sarapan. Misalnya, memilih makanan yang bergizi dan sehat, menghindari makanan yang mengandung gula berlebih, dan memberikan contoh yang baik dengan rajin sarapan sendiri. Selain itu, Bunda juga bisa melibatkan si Kecil dalam proses persiapan sarapan seperti memilih menu atau membantu mengolah makanan. Dengan melibatkan si Kecil, ia akan merasa lebih tertarik dan antusias untuk menyantap sarapannya.

Dalam membuat menu sarapan, Bunda juga perlu memperhatikan variasi dan keseimbangan nutrisinya. Pastikan menu sarapan mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Misalnya, Bunda bisa menyajikan nasi atau roti sebagai sumber karbohidrat, telur atau tahu sebagai sumber protein, serta buah-buahan atau sayuran sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral. Dengan memberikan menu yang beragam dan bergizi, si Kecil akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan porsi makan si Kecil. Sesuaikan porsi makan dengan usia dan kebutuhan energi si Kecil. Jangan memberikan porsi yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika si Kecil tidak mau makan banyak, Bunda bisa memberikan camilan sehat di antara waktu makan utama. Misalnya, Bunda bisa memberikan potongan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebagai camilan sehat.

Selain memperhatikan menu dan porsi makan, Bunda juga perlu menciptakan suasana yang menyenangkan saat sarapan. Buatlah meja makan yang menarik dengan menggunakan peralatan makan yang lucu dan warna-warni. Bunda juga bisa mengajak si Kecil berbicara dan bercanda saat sarapan. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, si Kecil akan lebih bersedia untuk duduk dan menikmati makanannya.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Water Purifier, dari Harga Bersahabat sampai Harga Sultan!

Selain itu, Bunda juga bisa mengajarkan si Kecil tentang pentingnya sarapan. Jelaskan padanya bahwa sarapan merupakan waktu untuk mengisi energi setelah tidur sehingga tubuh bisa beraktivitas dengan baik. Berikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami oleh si Kecil. Dengan memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya sarapan, si Kecil akan lebih termotivasi untuk melakukannya.

Tidak hanya itu, Bunda juga bisa mengajak si Kecil untuk memilih dan membeli bahan makanan saat berbelanja. Ajak si Kecil ke pasar atau supermarket dan tunjukkan berbagai jenis makanan yang bisa dipilih untuk sarapan. Biarkan si Kecil memilih sendiri makanan yang ia suka. Dengan melibatkan si Kecil dalam proses persiapan sarapan, ia akan merasa lebih bersemangat dan antusias untuk menyantap makanannya.

Selain tips di atas, ada beberapa hal lain yang bisa Bunda coba untuk membuat si Kecil suka sarapan. Misalnya, mengatur waktu tidur yang cukup sehingga si Kecil bangun dengan perut yang kosong dan lapar, memberikan contoh yang baik dengan rajin sarapan sendiri, dan memberikan pujian saat si Kecil mau sarapan. Dengan memberikan pujian dan penghargaan saat si Kecil mau sarapan, ia akan merasa senang dan bangga dengan dirinya sendiri.

Dalam melakukan tips dan trik di atas, Bunda perlu sabar dan konsisten. Tidak semua anak akan langsung suka sarapan dalam waktu singkat. Butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit untuk mengubah kebiasaan si Kecil. Namun, dengan kegigihan dan kesabaran, Bunda pasti bisa membuat si Kecil suka sarapan.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk membuat si Kecil suka sarapan. Semoga tips ini dapat membantu Bunda dalam mengajarkan kebiasaan yang baik pada si Kecil. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com