4 Manfaat Edamame yang Penting Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Manfaat Edamame untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Edamame adalah jenis kacang kedelai yang tersembunyi di dalam polongnya. Meskipun sekilas bentuknya seperti kacang kedelai, edamame adalah jenis yang berbeda. Edamame memiliki warna hijau yang terang dan khas. Meskipun bentuknya kecil, edamame mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manfaat edamame, mari kita lihat terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat dalam edamame. Menurut Food Data Central U.S. Department of Agriculture, 100 gram edamame mengandung 18,5 gram protein, 13,8 gram karbohidrat, 8,1 gram serat, 3,5 miligram zat besi, 97,6 miligram kalsium, 262 miligram fosfor, 676 miligram kalium, 2,3 miligram seng, 1,2 mikrogram selenium, 9,5 mikrogram vitamin C, 482 mikrogram folat, 87,3 mikrogram kolin, 23,2 mikrogram vitamin A, 271 mikrogram beta karoten, 41,4 mikrogram vitamin K, dan 2510 mikrogram lutein + zeaxanthin.

Dari kandungan gizi tersebut, kita bisa melihat bahwa edamame merupakan sumber protein nabati yang baik. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Meskipun protein hewani lebih penting dan lengkap dalam hal kandungan asam amino esensialnya, protein nabati juga memiliki peran yang tidak bisa diabaikan. Protein nabati seperti yang terdapat dalam edamame dapat membantu membangun dan menjaga sel-sel serta jaringan tubuh si Kecil.

Selain itu, edamame juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, fosfor, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang dan gigi, fungsi sistem kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah merah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat edamame yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil:

Baca Juga:  Kudapan Sehat Penuhi Gizi Ibu Hamil

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Edamame mengandung vitamin dan antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Nutrisi dalam edamame dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan menurunkan risiko berbagai penyakit dan infeksi.

2. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam edamame dapat membantu menjaga kesehatan tulang si Kecil. Makanan berbahan dasar kedelai, termasuk edamame, terbukti dapat membantu menjaga kepadatan tulang.

3. Menjaga kesehatan kulit
Edamame mengandung antioksidan yang dapat membantu merawat kesehatan kulit si Kecil dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan isoflavon dalam edamame juga dapat membantu mencegah perubahan kulit.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kandungan serat dalam edamame dapat membantu mengoptimalkan kerja sistem pencernaan si Kecil. Serat juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Meskipun edamame memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa protein hewani tetap lebih penting dan dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Protein hewani mengandung asam amino esensial yang lengkap, sedangkan protein nabati seperti yang terdapat dalam edamame belum dapat menggantikan protein hewani secara sepenuhnya.

Untuk mendapatkan asupan protein hewani yang cukup, si Kecil perlu mengonsumsi susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. Namun, tidak ada salahnya juga memberikan edamame sebagai makanan tambahan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Jadi, meskipun edamame memiliki manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil, tetap diperlukan asupan protein hewani yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan nutrisi si Kecil dan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Baca Juga:  Aman dan Sehat Bekerja Saat Hamil

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat edamame yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi Bunda dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com