4 Jenis Olahraga Rumahan untuk Dilakukan Bersama Si Kecil

4 Jenis Olahraga Rumahan untuk Dilakukan Bersama Si Kecil

Saat cuaca tak menentu, bukan berarti rencana mengajak si Kecil olahraga gagal. Yuk, simak ide jenis olahraga rumahan yang bisa Bunda lakukan bersama si Kecil!

Cuaca yang tidak menentu seperti akhir-akhir ini seringkali membuat Bunda mengurungkan niat untuk berolahraga bersama si Kecil. Padahal, olahraga teratur bisa menjaga kesehatan anak dan menghindarkannya dari berbagai penyakit, lho. Oleh sebab itu, Bunda bisa mencari ide olahraga rumahan untuk dilakukan bersama si Kecil. Simak yuk, Bu!

1. Senam

Senam adalah salah satu jenis olahraga rumahan yang paling mudah dilakukan. Bahkan, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk melakukannya di ruang keluarga. Bunda bisa berperan sebagai instruktur senam dan mengarahkan berbagai gerakan sederhana yang bisa ditiru si Kecil. Bunda juga bisa memutar video senam sederhana untuk ditiru bersama. Supaya si Kecil makin bersemangat, tambahkan musik pengiring pilihan si Kecil.

Senam memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, mulai dari melatih keseimbangan, koordinasi motorik, hingga meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, senam juga bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi Bunda dan si Kecil untuk berinteraksi dan saling mendukung.

2. Lempar Bola

Menjaga kesehatan anak dengan melatih motorik dan ketangkasannya bisa dilakukan dengan bermain lempar bola. Caranya, ajak si Kecil duduk berhadapan dengan Bunda pada jarak tertentu. Misalnya, 1-3 meter. Setelah itu, tentukan orang pertama yang melempar bola. Tim tersebut harus melempar dengan tepat ke arah tim lawan. Sebaliknya, tim lawan harus berhasil menangkap bola yang dilempar. Apabila meleset, maka tim pelempar mendapatkan satu poin. Bunda bisa menentukan poin maksimal untuk menjadi pemenang. Misalnya, 10 poin. Olahraga ini juga semakin menarik jika dimainkan oleh tim. Semakin banyak orang yang bergabung dalam dua tim berbeda, semakin seru!

Baca Juga:  DIY: Mobil Kardus

Bermain lempar bola bukan hanya melatih keterampilan motorik kasar anak, tetapi juga melatih keterampilan sosialnya. Anak akan belajar bekerja sama dalam tim, menghargai perbedaan, dan mengembangkan kemampuan komunikasinya.

3. Lompat Tali

Alat olahraga di rumah tak perlu mahal. Bahkan Bunda bisa mengajak si Kecil berlatih keseimbangan tubuh dan ketahanan ototnya dengan bermain lompat tali. Sediakan tali skipping atau karet gelang yang sudah dirangkai menjadi tali panjang. Lalu, ajak si Kecil melompat tali sebanyak-banyaknya. Jika ini merupakan pertama kalinya si Kecil bermain lompat tali, mungkin ia akan kesulitan dan butuh waktu untuk bisa melakukannya dengan lancar, Bu. Apabila si Kecil sudah ahli, Bunda bisa menambah tantangan dengan mengajak si Kecil melompat bersama Bunda dalam satu tali. Menarik, bukan? Dengan begitu, Bunda dan si Kecil juga bisa melatih kekompakan.

Bermain lompat tali memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, seperti melatih koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan kekuatan otot kaki, dan melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, bermain lompat tali juga bisa menjaga kebugaran dan kesehatan Bunda.

4. Hula Hoop

Terakhir, Bunda bisa mengajak si Kecil bermain hula hoop. Seperti bermain lompat tali, olahraga satu ini juga memerlukan latihan terlebih dulu, terutama menjaga fokus dan keseimbangan agar hula hoop tidak jatuh. Olahraga satu ini cocok lho, bagi si Kecil yang menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah.

Bermain hula hoop bisa melatih kekuatan otot perut, pinggul, dan punggung si Kecil. Selain itu, bermain hula hoop juga bisa meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Bunda juga bisa ikut bermain hula hoop bersama si Kecil untuk memperkuat ikatan emosional antara Bunda dan anak.

Baca Juga:  Bukan Cuma Menstruasi yang Terlambat, 5 Hal Ini Juga Tanda Kehamilan

Bagaimana Bu, sederhana bukan? Menjaga kesehatan anak tidak harus pergi ke luar rumah atau melakukan olahraga yang berat. Cukup lakukan olahraga rumahan di atas, Bunda sudah membantu si Kecil tumbuh menjadi anak yang lebih sehat meski cuaca sedang tidak menentu. Jadi, selamat mencoba!

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan maupun ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Bunda secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com