3 Manfaat Ikan Kod Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Ikan Kod untuk Tumbuh Kembang Anak

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu manfaat ikan kod untuk tumbuh kembang anak adalah menjaga berat badan ideal. Ikan kod merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan lemak paling sedikit. Dengan mengonsumsi ikan kod secara rutin, anak akan tetap memiliki berat badan yang sehat dan ideal. Berat badan yang ideal sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Anak dengan berat badan yang ideal akan lebih aktif dan energik dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain menjaga berat badan ideal, mengonsumsi ikan kod juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Ikan kod mengandung lemak omega 3 yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, anak akan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit dan infeksi. Anak yang memiliki kekebalan tubuh yang baik akan lebih sehat dan jarang sakit.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Otak dan Kecerdasan

Ikan kod juga memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan kecerdasan anak. Ikan kod mengandung berbagai macam vitamin, terutama vitamin B6 dan B12, yang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin B6 membantu dalam proses metabolisme otak dan meningkatkan daya ingat anak. Sedangkan vitamin B12 membantu dalam pembentukan sel darah merah dan meningkatkan fungsi saraf. Dengan mengonsumsi ikan kod secara teratur, anak akan memiliki pertumbuhan otak yang optimal dan kecerdasan yang tinggi.

Resep Ikan Kod Saus Lemon untuk Anak

Bahan-bahan:

– 4 buah ikan kod setara dengan 6 ons
– 2 siung bawang putih
– 1/2 sdm mentega
– 1 sdm minyak zaitun
– 1 buah lemon
– 2 batang peterseli
– Garam secukupnya
– Lada bubuk secukupnya

Baca Juga:  Sehat dengan Ikan

Cara membuat ikan kod saus lemon:

1. Panaskan oven atau panggangan hingga suhu 400 derajat celcius.
2. Bersihkan ikan kod dari sisiknya dan potong sesuai porsi.
3. Taburi ikan kod dengan garam dan lada bubuk, usap hingga bumbu merata.
4. Siapkan wajan anti lengket dan lumuri dengan mentega dan minyak zaitun. Panaskan wajan di atas api sedang.
5. Tumis bawang putih selama 1 menit atau hingga harum.
6. Tambahkan air perasan lemon dan peterseli yang sudah diiris ke dalam wajan. Aduk hingga merata.
7. Lumuri ikan kod dengan campuran mentega dan bawang, pastikan merata dengan menggunakan kuas.
8. Panggang ikan kod selama 12-14 menit atau sesuai selera. Angkat dan hidangkan.

Dengan resep ikan kod saus lemon ini, anak akan mendapatkan manfaat dari ikan kod secara maksimal. Selain itu, sajian ini juga lezat dan dapat disajikan saat makan bersama keluarga.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai nutrisi yang dibutuhkan anak dan konsultasi secara gratis dengan ahli gizi, Bunda dapat mengisi data pada form yang disediakan. Dengan melakukan konsultasi, Bunda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam mengenai tumbuh kembang anak dan dapat memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Kesimpulan

Ikan kod merupakan salah satu jenis ikan laut yang kaya akan protein dan memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang anak. Mengonsumsi ikan kod secara rutin dapat menjaga berat badan ideal anak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pertumbuhan otak dan kecerdasan. Selain itu, Bunda juga dapat mencoba resep ikan kod saus lemon yang sehat dan lezat untuk anak. Dengan mengenalkan ikan kod sejak dini, Bunda dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang anak. Jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai nutrisi yang dibutuhkan anak.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com