3 Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Hamil

3 Manfaat Buah Blewah untuk Bunda Hamil

Hai, Bu! Apa kabar hari ini? Apa takjil untuk berbuka puasa bersama keluarga sudah siap? Atau, Bunda justru masih bingung mau menghidangkan takjil apa hari ini? Bagi yang masih bingung, coba es blewah yuk, Bu! Tak hanya tepat jadi pilihan karena mengandung banyak air dan memiliki rasa manis yang pas, si oranye yang satu ini juga perlu Bunda konsumsi sebagai salah satu cara menjaga kehamilan di bulan puasa ini.

Tahukah, Bu? Di balik rasanya yang manis menyegarkan, blewah termasuk makanan sehat untuk Bunda hamil karena mengandung banyak zat penting yang Bunda perlukan selama kehamilan. Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, C, dan B1, itulah berbagai zat yang bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi si manis yang satu ini.

Tak hanya itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa di tiap seratus gram buah blewah ternyata terdapat senyawa Beta-Karoten hingga 3.138 mikrogram. Jumlah ini disebut-sebut tiga puluh kali lebih tinggi ketimbang yang terdapat pada buah jeruk. Sebagai info, Beta-Karoten ialah senyawa alami yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh serta bisa membantu Bunda terhindar dari risiko katarak dan penyakit jantung bila rutin dikonsumsi.

Manfaat pertama dari buah blewah untuk Bunda hamil adalah sebagai sumber nutrisi yang penting. Buah blewah mengandung banyak zat penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, C, dan B1. Zat-zat tersebut sangat diperlukan oleh Bunda hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan janin. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin, sedangkan zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin A, C, dan B1 berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf. Dengan mengonsumsi buah blewah, Bunda hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya secara alami.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft untuk Anak dan Kisaran Biayanya

Manfaat kedua dari buah blewah adalah menjaga kulit tetap lembap. Selama kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Bunda termasuk kulit yang menjadi lebih kering. Mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa dapat membantu Bunda mengatasi masalah kulit kering ini. Buah blewah mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Vitamin C memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan vitamin A berperan dalam pembentukan dan peremajaan sel kulit. Dengan mengonsumsi buah blewah, kulit Bunda dapat tetap lembap dan sehat selama kehamilan.

Manfaat ketiga dari buah blewah adalah mencegah stres. Kondisi psikologis Bunda hamil sangat penting karena dapat memengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Salah satu cara menjaga kehamilan adalah dengan menghindari stres dan pemicunya. Buah blewah dapat membantu Bunda hamil mengatasi stres karena mengandung fitonutrien, yaitu senyawa antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika kadar zat berbahaya dalam tubuh lebih banyak daripada yang bisa dinetralkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi buah blewah, Bunda hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari stres yang berlebihan.

Selain tiga manfaat tersebut, buah blewah juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga tubuh Bunda tetap terhidrasi. Selama puasa, tubuh cenderung kekurangan cairan sehingga penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak air. Buah blewah bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi kekurangan cairan selama puasa.

Tapi, Bu, perlu diingat bahwa setiap tubuh adalah unik dan setiap kehamilan memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi buah blewah atau makanan lain selama kehamilan. Mereka akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan nutrisi Bunda hamil.

Baca Juga:  Seputar Kebutuhan Tidur Anak Usia 5 Tahun ke Atas, Masih Perlukah Tidur Siang?

Selain mengonsumsi buah blewah, Bunda hamil juga perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang selama bulan puasa. Pastikan Bunda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsilah makanan yang bergizi dan hindarilah makanan yang mengandung bahan tambahan dan zat aditif yang berbahaya bagi kesehatan Bunda dan janin.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat selama kehamilan. Istirahat yang cukup, rajin berolahraga ringan, dan menghindari rokok dan minuman beralkohol sangat penting untuk menjaga kesehatan Bunda dan janin. Jika Bunda memiliki keluhan atau pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang berpengalaman.

Demikianlah, Bu, beberapa manfaat buah blewah untuk Bunda hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam menjaga kesehatan selama kehamilan. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga kehamilan Bunda berjalan dengan lancar dan sehat. Tetaplah menjaga pola makan yang sehat dan tetap berkonsultasi dengan tenaga medis yang berkompeten. Terima kasih.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com