6 Nutrisi Ekstra Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Tangguh

6 Nutrisi Ekstra Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Tangguh

Pengenalan
Sistem imun yang belum sempurna membuat anak-anak rentan terhadap serangan penyakit. Banyaknya virus dan bakteri yang berkeliaran di luar memang sulit untuk dihindari, namun Bunda bisa meminimalisir risiko sakit pada si Kecil dengan cara memberikan vitamin dan nutrisi ekstra untuk optimalkan daya tahan tubuhnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas enam nutrisi ekstra yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak agar mereka menjadi tangguh dan sehat.

1. 9 Asam Amino Esensial (9AAE)
Salah satu nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Nutrisi ini merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan anak-anak. Tubuh tidak dapat memproduksi 9 Asam Amino Esensial ini sendiri, sehingga anak-anak harus mendapatkannya dari sumber protein hewani berkualitas seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Asupan yang cukup dari 9 Asam Amino Esensial ini sangat penting karena kekurangan salah satu jenis 9 Asam Amino Esensial dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan dan potensi tinggi badan anak. Oleh karena itu, pastikan anak-anak mendapatkan asupan yang cukup dari 9 Asam Amino Esensial ini.

2. Serat pangan Inulin
Inulin adalah jenis serat pangan yang dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran seperti apel, pisang, bawang merah, bawang perai, jagung, dan kacang kenari. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna anak-anak.

3. Selenium
Selenium adalah mineral yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Mineral ini dapat ditemukan dalam beberapa sumber makanan seperti susu, salmon, telur, ayam, kepiting, udang, beras merah, bayam, jamur shitake, dan bawang putih. Selenium memiliki manfaat untuk sintesis DNA dan metabolisme hormon tiroid, meningkatkan fungsi kognitif otak, serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  4 Cara Mendidik Anak Laki-laki Usia 6 Tahun yang Tepat

4. Zinc
Zinc merupakan mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Mineral ini dapat ditemukan dalam susu, daging ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan. Zinc memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga proses metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, menjaga fungsi indera penciuman dan pengecap, mempercepat penyembuhan luka, serta mempercepat pertumbuhan sel.

5. Zat Besi
Zat besi adalah zat gizi mikro yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Anak-anak dapat mendapatkan manfaat zat besi dari beberapa jenis makanan seperti susu, daging merah, sayuran hijau, makanan laut, tahu, biji buah labu, dan lain sebagainya.

6. Magnesium
Magnesium adalah nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Nutrisi ini berperan dalam pembentukan tulang, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. Magnesium dapat ditemukan dalam susu, bayam, cokelat, tahu, kacang almond, dan edamame.

Selain keenam nutrisi di atas, vitamin juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak:

1. Vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Vitamin ini dapat membentuk sel darah putih yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Anak-anak dapat mendapatkan vitamin A dari buah dan sayuran berwarna terang seperti tomat, wortel, brokoli, bayam, kangkung, labu, paprika merah, semangka, dan pepaya. Vitamin ini juga terkandung dalam hati sapi, ikan, udang, ubi jalar, susu, dan keju.

2. Vitamin C
Vitamin C memiliki peranan besar dalam menjaga dan meningkatkan imunitas anak-anak. Vitamin ini dapat menaikkan jumlah antibodi atau zat pembentuk kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan memiliki kekebalan yang lebih baik dalam menangkal serangan penyakit. Anak-anak dapat mendapatkan vitamin C dari jambu biji, stroberi, jeruk, kiwi, mangga, brokoli, bayam, dan paprika.

Baca Juga:  Melahirkan Lewat Metode Gentle Birth

3. Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi kelenjar timus dan mengoptimalkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi. Anak-anak dapat mendapatkan vitamin E dari bayam, pepaya, alpukat, biji-bijian mentah, serta kacang-kacangan.

Selain memberikan nutrisi ekstra, terdapat juga kebiasaan baik yang dapat mendukung daya tahan tubuh anak-anak. Beberapa kebiasaan baik yang sebaiknya diterapkan pada anak-anak antara lain:

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh.
2. Rutin berolahraga agar badan lebih aktif dan sehat.
3. Tidur yang cukup untuk mengembalikan energi dan menjaga proses metabolisme tubuh.
4. Menjaga kebersihan rumah agar tidak ada kotoran dan debu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.
5. Menghindarkan anak-anak dari paparan asap rokok dan polusi udara yang berbahaya bagi paru-paru mereka.

Dengan memberikan nutrisi ekstra dan menerapkan kebiasaan baik ini, Bunda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak agar mereka tetap sehat dan tangguh. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi mengenai kebutuhan nutrisi anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bunda dan anak-anaknya. Tetap jaga kesehatan dan teruslah memberikan perhatian yang terbaik bagi si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com