3 Ikan Setara Salmon Ini dapat Optimalkan Tumbuh Kembang

I. Ikan Kembung sebagai Alternatif Ikan Setara Salmon (300 kata)

Salah satu jenis ikan setara salmon yang mudah Bunda temukan adalah ikan kembung. Ikan kembung merupakan salah satu pilihan alternatif ikan setara salmon yang dapat Bunda temukan di pasar modern maupun tradisional. Selain itu, ikan kembung juga tergolong sebagai jenis ikan lokal yang memiliki harga yang cukup terjangkau.

Menurut Ketua UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Endang D. Lestari, SpA(K), MPH, ikan kembung dinilai kaya akan kandungan DHA dan Omega 3. Dalam setiap ons ikan kembung, terkandung sekitar 2,6 gram Omega 3. Konsumsi ikan kembung ini sangat dianjurkan bagi anak usia di bawah 6 tahun, dengan rekomendasi mengonsumsi sebanyak 3-5 ons per minggu.

II. Ikan Lele sebagai Alternatif Ikan Setara Salmon (300 kata)

Banyak yang menganggap bahwa ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Namun, ikan lele ternyata juga dianggap sebagai salah satu jenis ikan setara salmon. Meskipun ikan lele merupakan ikan air tawar, namun kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan lele tidak bisa diremehkan.

Ikan lele kaya akan kandungan protein dan fosfor. Kedua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Fosfor berguna dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena itu, konsumsi ikan lele sangat dianjurkan untuk anak-anak. Dalam sehari, anak dapat mengonsumsi ikan lele sebanyak dua kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang optimal.

III. Ikan Teri sebagai Alternatif Ikan Setara Salmon (300 kata)

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, ikan teri dapat menjadi makanan bergizi untuk anak dan menjadi alternatif untuk ikan setara salmon. Ikan teri terkenal memiliki cita rasa yang gurih, sehingga sering digunakan sebagai pelengkap hidangan di Indonesia.

Baca Juga:  25 Kursus untuk Ibu Bekerja, Cocok untuk Menambah Daya Saing

Selain menawarkan cita rasa yang lezat, ikan teri juga kaya akan kalsium. Konsumsi kalsium penting tidak hanya bagi anak, tetapi juga bagi Bunda yang sedang hamil. Janin membutuhkan asupan kalsium dari Bunda untuk pertumbuhannya. Dalam 100 gram ikan teri, terdapat kandungan kalsium sekitar 500-972 mg. Kadar kalsium yang tinggi ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak, yang berkisar antara 700-1000 mg setiap harinya.

IV. Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan (300 kata)

Selain sebagai alternatif ikan setara salmon, konsumsi ikan juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan anak. Ikan, terutama ikan setara salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan jantung dan otak.

Selain itu, ikan juga mengandung selenium yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas. Kandungan selenium dalam ikan juga berperan dalam fungsi kognitif. Selain itu, ikan juga mengandung protein yang tinggi, yang berperan dalam memproduksi sel baru dan menjadi sumber energi yang penting bagi aktivitas anak.

Dengan demikian, konsumsi ikan, terutama ikan setara salmon, memiliki manfaat yang besar bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Meskipun harga ikan setara salmon cukup tinggi, tetapi terdapat jenis ikan lain yang memiliki nutrisi yang sama dan harganya lebih terjangkau. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu khawatir lagi dan dapat memilih jenis ikan alternatif yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan di pasar.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com