3 Fakta dan Mitos Tentang Susu Pertumbuhan yang Kaya Formula Asam Amino

3 Fakta dan Mitos Tentang Susu Pertumbuhan yang Kaya Formula Asam Amino

Susu pertumbuhan adalah salah satu jenis susu yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dalam masa pertumbuhan. Susu ini mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu kandungan penting dalam susu pertumbuhan adalah formula asam amino.

Formula asam amino adalah campuran dari 9 jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Asam amino adalah zat pembentuk protein, yang merupakan salah satu komponen utama dalam jaringan tubuh manusia. Dalam susu pertumbuhan, formula asam amino hadir dalam bentuk yang mudah diserap oleh tubuh anak.

Namun, masih banyak mitos dan kekeliruan yang beredar mengenai susu pertumbuhan dan kandungan formula asam amino di dalamnya. Di bawah ini, akan dijelaskan 3 fakta dan mitos seputar susu pertumbuhan yang kaya formula asam amino.

Fakta 1: Susu pertumbuhan mengandung lebih dari sekedar kalsium
Mitos yang sering beredar adalah bahwa susu pertumbuhan hanya mengandung kalsium sebagai nutrisi utama. Padahal, selain kalsium, susu pertumbuhan juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, termasuk formula asam amino. Formula asam amino esensial yang terkandung dalam susu pertumbuhan memiliki peran penting dalam pembentukan otot dan tulang anak. Selain itu, susu pertumbuhan juga mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak, dan omega-3.

Fakta 2: Susu pertumbuhan membantu meningkatkan tinggi badan anak
Salah satu manfaat susu pertumbuhan yang sering dipercaya adalah dapat membantu meningkatkan tinggi badan anak secara maksimal. Hal ini memang benar, karena formula asam amino dalam susu pertumbuhan dapat membantu merangsang produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh anak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi susu pertumbuhan secara rutin memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga:  4 Penyebab Pertumbuhan Gigi Anak Terlambat

Fakta 3: Susu pertumbuhan tidak hanya diperlukan oleh anak kecil
Mitos yang sering beredar adalah bahwa susu pertumbuhan hanya diperlukan oleh anak kecil dalam usia tertentu. Padahal, kebutuhan akan formula asam amino esensial tidak berhenti saat anak sudah tumbuh besar. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri 9 jenis asam amino esensial yang diperlukan, sehingga susu pertumbuhan dengan formula asam amino yang lengkap tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Dalam sebuah penelitian di Malaysia, diketahui bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu pertumbuhan secara rutin selama 2 tahun memiliki risiko yang lebih rendah terhadap stunting (gangguan pertumbuhan) dan kekurangan berat badan. Dengan mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung formula asam amino esensial secara rutin, anak dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu, susu pertumbuhan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting lainnya, seperti protein, kalsium, zat besi, zinc, dan berbagai vitamin. Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting bagi perkembangan otak anak, yang memengaruhi kemampuan belajar, kreativitas, dan tingkat kecerdasan.

Dalam kesimpulan, susu pertumbuhan yang kaya akan formula asam amino esensial memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Kandungan nutrisi yang lengkap dalam susu pertumbuhan dapat membantu anak tumbuh tinggi, sehat, dan kuat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilih susu pertumbuhan yang tepat dan memberikannya secara rutin kepada anak, sesuai dengan usia dan kebutuhan nutrisinya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com