3 Cara Membuat Susu Formula yang Benar Untuk Anak Diare

3 Cara Membuat Susu Formula yang Benar Untuk Anak Diare

Anak terserang diare? Tentu sebagai orang tua, kita harus segera mengambil tindakan yang tepat untuk membantu anak kita pulih dari kondisi tersebut. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah asupan nutrisi anak, termasuk susu formula. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat susu formula yang benar untuk anak diare.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara membuat susu formula yang benar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab diare pada anak. Mengetahui penyebab diare akan membantu kita dalam mengambil tindakan yang tepat dan efektif untuk membantu anak pulih dari kondisi tersebut.

Penyebab Diare pada Anak

Diare pada anak umumnya disebabkan oleh virus. Saat sistem kekebalan tubuh anak sedang berkembang, virus tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga faktor lain yang dapat menjadi penyebab diare pada anak. Beberapa di antaranya adalah:

1. Perubahan kebiasaan dalam asupan
Perubahan pola makan pada anak, terutama yang sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), bisa menjadi penyebab diare. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan anak sedang mengalami pengembangan dan penyesuaian. Biasanya, gejala diare akibat perubahan pola makan ini tidak berlangsung terlalu lama.

Penting bagi orang tua untuk memastikan bahan makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi anak. Selain itu, perhatikan juga apa yang ibu konsumsi, karena penyebab diare dapat ditularkan melalui ASI.

2. Infeksi usus
Virus dan bakteri dapat masuk ke dalam mulut anak melalui mainan atau area bermain yang kotor. Jika tidak diatasi dengan baik, anak dapat terinfeksi usus dan mengalami diare. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjaga kebersihan tangan anak, membersihkan area bermain anak secara rutin, dan melakukan pengecekan feses anak.

Baca Juga:  Pemeriksaan Fetomaternal, ‘Obat’ yang Menenangkan Bagi (Calon) Orangtua

3. Konsumsi jus buah terlalu banyak
Buah-buahan sangat baik untuk kesehatan anak. Namun, konsumsi jus buah yang berlebihan dapat menyebabkan diare pada anak. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar serat dalam buah, yang dapat membuat feses anak menjadi encer dalam waktu yang lama. Penting bagi orang tua untuk memastikan anak mendapatkan jumlah serat yang cukup sesuai dengan kebutuhannya.

Susu yang Boleh Dikonsumsi Saat Anak Diare

Setelah mengetahui penyebab diare pada anak, kita perlu mengetahui jenis susu yang boleh dikonsumsi saat anak mengalami diare. Berikut adalah beberapa jenis susu yang boleh dikonsumsi saat anak diare:

1. ASI (Air Susu Bunda)
Jika ibu masih memberikan ASI kepada anak, sebaiknya meningkatkan intensitas pemberiannya. ASI selain sebagai sumber nutrisi juga mengandung antibodi yang dapat membantu anak pulih dari diare lebih cepat.

2. Susu formula
Jika ASI tidak mencukupi atau anak sudah berusia lebih dari 1 tahun, ibu dapat memberikan susu formula. Namun, perlu diperhatikan bahwa susu formula yang diberikan harus sesuai dengan kondisi anak yang sedang mengalami diare. Biasanya, susu formula untuk anak diare memiliki takaran yang lebih encer dibandingkan dengan takaran yang tertera pada kemasan.

Cara Membuat Susu Formula yang Benar untuk Anak Diare

Setelah mengetahui jenis susu yang boleh dikonsumsi saat anak mengalami diare, berikut adalah cara membuat susu formula yang benar untuk anak diare:

1. Pastikan wadah bersih
Sebelum menggunakan botol atau gelas susu anak, pastikan wadah tersebut dalam keadaan bersih. Meskipun sudah dicuci sebelumnya, sebaiknya sterilisasi kembali wadah susu anak untuk menghindari kontaminasi virus atau bakteri.

2. Rebus air
Air yang digunakan untuk membuat susu formula harus direbus terlebih dahulu. Pastikan air dalam kondisi baik sebelum digunakan. Rebus air hingga mencapai suhu 70 derajat Celcius. Jika air terlalu panas saat dituangkan ke dalam botol susu, jangan langsung menuangkan air dingin. Campuran air dingin dan panas dapat menyebabkan perkembangan bakteri karena suhu air tidak matang dengan sempurna.

Baca Juga:  Kenali 3 Alasan Anak Susah Makan [+Tips Mengatasi]

3. Tuang susu sesuai takaran pada botol
Dokter biasanya merekomendasikan takaran susu formula yang berbeda untuk anak yang sedang mengalami diare. Takaran ini biasanya lebih encer dibandingkan dengan takaran yang tertera pada kemasan susu formula. Untuk memastikan takaran yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan.

Dengan mengetahui cara membuat susu formula yang benar untuk anak diare, kita dapat membantu anak pulih lebih cepat dari kondisi tersebut. Namun, penting untuk tetap memperhatikan kondisi anak dan segera berkonsultasi dengan dokter jika gejala diare tidak kunjung membaik. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa susu formula hanya sebagai salah satu langkah penanganan di rumah, dan jika kondisi anak memburuk, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Semoga informasi yang telah kami berikan dapat membantu ibu dalam merawat anak yang sedang mengalami diare. Tetaplah selalu menjaga kebersihan dan memberikan asupan nutrisi yang seimbang untuk anak agar tetap sehat dan aktif.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com