25 Kata Bahasa Korea Beserta Artinya di Drakor, Dari Kamsahamnida Sampai Omo!


Sering mendengar kata-kata dalam bahasa Korea, seperti Kamsahamnida sampai omo, saat nonton drakor tapi tidak tahu maknanya? Cek artinya di sini biar semakin fasih bakor yuk, Bunda!

Bahasa Korea sederhana, seperti Kamsahamnida, Annyeonghaseyo, hingga Omo, beberapa tahun belakangan semakin banyak diminati. Sepanjang masa pandemi, peminat drakor atau drama Korea menjadi semakin meningkat. Tak heran, semakin banyak pula orang yang sering mengucapkan kata-kata dalam bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari.

Meski sudah cukup familiar dengan kata-kata yang sering disebutkan dalam bahasa Korea, seringkali kita tidak mengerti dan tidak mengetahui artinya. Namun sekarang tidak lagi, dong! Ini beberapa kata dalam bahasa Korea beserta artinya yang Bunda wajib tahu agar semakin jago bahasa Korea.

1. Annyeonghaseyo

Annyeonghaseyo adalah ucapan formal yang memiliki beberapa arti, seperti hai, apa kabar, selamat pagi, selamat siang, selamat malam. Untuk sehari-hari, bisa mengucapkan “Annyeong” saja. Tentunya “Annyeong” digunakan untuk orang yang seusia atau lebih muda, dan tidak boleh digunakan pada orang yang lebih tua karena akan dianggap tidak sopan.

2. Kamsahamnida

Kamsahamnida artinya terima kasih dan merupakan kata formal dan halus.

3. Gomawoyo

Gomawoyo artinya terima kasih. Bedanya dengan Kamsahamnida adalah kata ini biasanya ditujukan untuk merespon atau menjawab orang yang sudah dekat atau akrab. Gomawoyo juga menunjukkan bahwa kita merespon orang lain dengan halus dan sopan. Untuk lebih akrab ke orang yang seusia atau lebih muda bisa gunakan “Gomawo” tanpa “yo”.

4. Jinjja

Jinjja, dibaca Jinca, memiliki arti benarkah atau serius. Kata ini biasanya diucapkan seseorang saat kaget dan terkejut ketika berbicara dengan orang lain. Kata ini juga bisa berarti “beneran” ketika seseorang ingin meyakinkan orang lain dengan apa yang ingin sampaikan. Jinjja juga tidak bisa digunakan sembarangan karena bersifat informal dan tidak sopan jika diucapkan kepada orang yang lebih tua. Untuk orang lebih tua sebaiknya ucapkan “Jinjjayo”.

5. Jeongmal

Jeongmal artinya sungguh atau betulkah. Kata ini kurang sopan jika diucapkan ke yang lebih tua. Sehingga, lebih cocok dikatakan ke orang yang seusia, dekat, dan akrab.

Baca Juga:  Tongkat Madura, Magic Tissue dan Viagra, Benarkah Membuat Hubungan Seks Lebih Hot?

6. Juseyo

Juseyo artinya tolong. Kata ini diucapkan ketika kita meminta bantuan orang lain. Biasanya terdapat imbuhan kata kerja di depannya. Misalnya, “allyeo juseyo” yang artinya tolong beritahu.

7. Saranghaeyo

Kata yang satu ini pasti sudah sering Bunda dengar. Saranghaeyo artinya aku mencintaimu. Saranghaeyo merupakan kata yang sopan dan halus. Untuk orang terdekat dan akrab bisa katakan “Saranghae” saja.

8. Jogiyo

Jogiyo artinya permisi. Umumnya digunakan untuk memanggil seseorang yang kita tidak tahu namanya.

9. Jagiya

Jagiya artinya sayang. Biasanya digunakan untuk memanggil orang yang kita sayangi seperti pacar. Bisa juga untuk sahabat.

10. Jal meokkesseumnida

Jal mokke seumnida artinya terima kasih untuk makanannya. Sering kali diartikan sebagai ucapan “selamat makan”.

11. Jjangkaman

Jjangkaman artinya sebentar atau tunggu.

12. Ppali

Kata yang satu ini juga sering terdengar saat sedang nonton drama korea. Ppali artinya cepat. Digunakan untuk orang seusia dan akrab. Untuk orang yang lebih tua bisa ucapkan “Ppaliyo”.

13. Omo

Omo artinya astaga. Umumnya diucapkan saat seseorang sedang kaget atau terkejut.

14. Aigo

Aigo artinya aduh.

15. Chingu

Chingu berarti teman.

16. Mianhaeyo

Mianhaeyo artinya maaf. Kata ini termasuk informal tapi sopan, namun lebih sopan dan formal dengan mengucapkan “Mianhamnida”. Untuk mengucapkan maaf ke orang seusia dan lebih muda bisa dengan “Mianhae” saja.

17. Eotteokhae

Eotteokhae artinya gimana nih atau bagaimana.

18. Johta

Johta artinya bagus. Diucapkan ketika suasana hati sedang senang atau ketika melihat sesuatu yang disuka.

19. Ga ja

Ga ja artinya ayo. Biasanya diucapkan ketika mengajak orang lain pergi dari tempat saat ini ke tempat lain.

20. Molla

Molla artinya tidak tahu. Kata ini bersifat informal dan kurang sopan, sehingga hanya bisa diucapkan pada orang seusia atau lebih muda. Untuk lebih sopan dan untuk diucapkan ke orang yang lebih tua bisa dengan mengatakan “Mollayo”.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Cegukan Secara Alami

21. Bogoshipeoyo

Bogoshipeoyo adalah frasa yang memiliki arti aku rindu kamu. Bisa juga diucapkan hanya “Bogoshipeo” saja, namun ditujukan untuk pasangan, anak, teman dekat, orang seusia dan lebih muda.

22. Yeoboseyo

Yeoboseyo artinya halo. Digunakan saat mengangkat atau berbicara di telepon.

23. Andwaeyo

Andwaeyo artinya jangan atau tidak boleh. Termasuk kata yang informal tapi sopan. Untuk orang yang seusia atau lebih muda bisa katakan “Andwae”.

24. Hwaiting

Hwaiting artinya semangat.

25. Joesonghamnida

Joesonghamnida artinya maaf. Kata ini bersifat formal dan sopan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menggunakan kata-kata dalam bahasa Korea tanpa mengetahui artinya. Dengan mengetahui arti dari kata-kata tersebut, kita dapat lebih memahami dan menghargai budaya Korea. Selain itu, dengan menguasai kosakata dalam bahasa Korea, kita juga dapat lebih mudah berkomunikasi dengan orang Korea dan menikmati drama-drama Korea tanpa perlu mengandalkan subtitle.

Selain itu, belajar bahasa Korea juga dapat memberikan berbagai manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ketika kita belajar bahasa Korea, kita akan belajar mengenali pola-pola tata bahasa dan aturan-aturan linguistik yang berbeda. Hal ini dapat melatih otak kita untuk berpikir secara analitis dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis kita.

Selain itu, belajar bahasa Korea juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi kita. Dengan menguasai bahasa Korea, kita dapat berkomunikasi dengan orang Korea secara lebih efektif dan efisien. Kita juga dapat memahami budaya dan kebiasaan orang Korea dengan lebih baik, sehingga dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Belajar bahasa Korea juga dapat membuka peluang kerja yang lebih luas. Dalam era globalisasi seperti saat ini, kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu keahlian yang sangat dibutuhkan. Dengan menguasai bahasa Korea, kita dapat memiliki peluang kerja di perusahaan-perusahaan Korea atau perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan Korea.

Selain itu, belajar bahasa Korea juga dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Banyak universitas dan lembaga pendidikan di Korea yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang memiliki kemampuan bahasa Korea yang baik. Dengan menguasai bahasa Korea, kita dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikan di Korea.

Baca Juga:  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Infeksi Saluran Kemih dengan Gangguan Ginjal Akut

Untuk belajar bahasa Korea, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Korea di lembaga-lembaga pendidikan atau universitas. Kursus bahasa Korea ini biasanya diselenggarakan secara teratur dan terstruktur, sehingga kita dapat belajar bahasa Korea dengan sistematis.

Selain itu, kita juga dapat belajar bahasa Korea secara mandiri dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang tersedia. Saat ini, terdapat banyak aplikasi dan situs web yang menyediakan materi belajar bahasa Korea secara gratis. Kita dapat menggunakan aplikasi atau situs web tersebut untuk belajar kosakata, tata bahasa, dan pengucapan bahasa Korea.

Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan media Korea, seperti drama, film, dan musik, sebagai media belajar bahasa Korea. Dengan menonton drama atau film Korea, kita dapat memperluas kosakata kita dan melatih pendengaran kita terhadap bahasa Korea. Kita juga dapat mengikuti lirik lagu Korea dan menghafal kosakata serta tata bahasa yang terkandung dalam lirik tersebut.

Belajar bahasa Korea memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Namun, dengan tekad dan kemauan yang kuat, kita dapat menguasai bahasa Korea dengan baik. Selain itu, belajar bahasa Korea juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Jadi, yuk mulai belajar bahasa Korea sekarang juga dan menjadi semakin fasih dalam berbahasa Korea!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com