Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Anak dan Cara yang Benar

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Anak dan Cara yang Benar

Saat ini, di tengah merebaknya virus berbahaya, berjemur di pagi hari menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan anak-anak. Paparan sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Namun, perlu diperhatikan waktu dan cara yang benar dalam berjemur agar manfaatnya dapat maksimal dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi anak.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Anak

Berjemur di pagi hari memiliki manfaat yang sangat penting bagi anak-anak. Salah satu manfaat utama berjemur di pagi hari adalah pembentukan vitamin D dalam tubuh anak. Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Dengan berjemur selama 10-15 menit di pagi hari, tubuh anak dapat memproduksi cukup vitamin D yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berjemur di pagi hari untuk anak:

1. Memperkuat daya tahan tubuh: Paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh anak, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

2. Mencegah penyakit kuning pada bayi: Berjemur di pagi hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit kuning pada bayi. Penyakit kuning terjadi karena kadar bilirubin yang tinggi dalam darah bayi. Berjemur di bawah sinar matahari pagi membantu mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi.

3. Meningkatkan produksi serotonin: Serotonin adalah hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood dan emosi positif anak. Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh anak.

4. Meningkatkan kadar insulin: Berjemur di pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh anak. Insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat dan mengubah glukosa menjadi energi.

Baca Juga:  5 Sayuran untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya Bagi Buah Hati

5. Menurunkan tekanan darah: Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah anak dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Mengoptimalkan fungsi otak: Paparan sinar matahari di pagi hari membantu produksi vitamin D dalam tubuh anak, yang berperan dalam fungsi otak yang optimal.

7. Memberikan energi yang lebih banyak: Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu mengatur produksi hormon melatonin, yang berperan dalam mengatur pola tidur anak. Dengan pola tidur yang baik, anak akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

8. Mengurangi depresi ringan: Berjemur di pagi hari dapat membantu mengurangi risiko depresi ringan pada anak. Paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon bahagia dalam tubuh anak.

9. Mengobati kelainan kulit: Berjemur di pagi hari dapat membantu mengobati kelainan kulit seperti psoriasis, jerawat, eksim, dan infeksi jamur pada kulit. Terapi berjemur selama empat minggu telah terbukti efektif dalam menghilangkan gejala psoriasis.

10. Meningkatkan kekuatan tulang: Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang anak. Vitamin D yang dihasilkan tubuh anak dari paparan sinar matahari membantu penyerapan kalsium dalam darah, sehingga tulang menjadi lebih kuat.

11. Menunjang pertumbuhan: Berjemur di pagi hari dapat mendukung pertumbuhan anak, terutama pada bayi. Paparan sinar matahari pagi pada beberapa bulan pertama kehidupan bayi dapat memberikan manfaat yang baik untuk pertumbuhan tulangnya.

12. Mengurangi risiko kanker: Vitamin D yang dihasilkan tubuh dari paparan sinar matahari dapat mengurangi risiko anak terserang kanker, seperti kanker usus besar dan kanker payudara. Asupan vitamin D yang cukup juga terbukti efektif dalam menurunkan risiko perkembangan semua jenis kanker.

Baca Juga:  Mendampingi si Kecil Nonton Film Action Tips Dampingi si Kecil Nonton Film Action

Cara Berjemur yang Benar

Selain memperhatikan waktu berjemur yang tepat, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam berjemur di pagi hari untuk anak. Berikut adalah beberapa tips cara berjemur yang benar:

1. Pilih waktu yang tepat: Waktu terbaik untuk berjemur adalah antara pukul 7 pagi hingga 9 pagi. Pada waktu tersebut, sinar matahari masih cukup lembut dan tidak terlalu kuat sehingga aman bagi kulit anak. Hindari berjemur saat sinar matahari paling terik antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

2. Pilih tempat yang tepat: Berjemur sebaiknya dilakukan di luar ruangan agar sinar matahari dapat langsung mengenai tubuh anak. Jika tidak memungkinkan, cari tempat yang terbuka atau memiliki akses sinar matahari yang cukup.

3. Lindungi kulit anak: Gunakan pelindung seperti topi dan kacamata matahari untuk melindungi kepala dan mata anak dari sinar matahari langsung. Hindari mengoleskan tabir surya pada bayi berusia 0-6 bulan karena kulit bayi pada usia tersebut masih rentan dan sensitif.

4. Jaga durasi berjemur: Durasi berjemur yang disarankan adalah 10-15 menit. Jika anak sudah terasa kepanasan atau mulai rewel, segera hentikan proses berjemur.

5. Pilih bagian tubuh yang dijemur: Jika anak masih bayi, cukup jelajahi bagian dada dan punggungnya. Bagian dada dapat membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi dahak pada bayi.

6. Perhatikan kondisi anak: Jika anak terlihat kegerahan atau tidak nyaman saat berjemur, segera hentikan proses berjemur dan pindahkan anak ke tempat yang teduh.

Dengan memperhatikan waktu dan cara yang benar dalam berjemur di pagi hari, manfaatnya dapat maksimal dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi anak. Namun, tetap perhatikan kondisi anak dan jangan berlebihan dalam berjemur.

Baca Juga:  [7 Cara Belajar Efektif] Sekolah Online bagi Anak

Kesimpulan

Berjemur di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Paparan sinar matahari pagi dapat membantu tubuh anak memproduksi vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, berjemur di pagi hari juga memiliki manfaat lain seperti memperkuat daya tahan tubuh, mencegah penyakit kuning pada bayi, meningkatkan produksi serotonin, meningkatkan kadar insulin, menurunkan tekanan darah, mengoptimalkan fungsi otak, memberikan energi yang lebih banyak, mengurangi depresi ringan, mengobati kelainan kulit, meningkatkan kekuatan tulang, menunjang pertumbuhan, dan mengurangi risiko kanker.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, perhatikan waktu berjemur yang tepat, pilih tempat yang tepat, lindungi kulit anak dengan menggunakan pelindung, jaga durasi berjemur, pilih bagian tubuh yang dijemur, dan perhatikan kondisi anak saat berjemur. Dengan melakukan berjemur di pagi hari secara rutin dan dengan cara yang benar, anak akan mendapatkan manfaat yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

Sebagai orangtua, pastikan juga memberikan asupan makanan yang seimbang dan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kesehatan dan pertumbuhan anak.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com