10 Langkah Sehat Menyiapkan Kehamilan

10 Langkah Sehat Menyiapkan Kehamilan

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai 10 langkah sehat yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan kehamilan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa ibu dapat melahirkan bayi yang sehat.

1. Buatlah Rencana dan Bertindaklah

Pertama-tama, penting bagi ibu untuk membuat rencana mengenai kehamilan. Bunda perlu memikirkan apakah ia ingin memiliki anak atau tidak, serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana hidup reproduktif sangat penting dalam hal ini. Jika ibu berpikir untuk menunda kehamilan, ia perlu memilih metode kontrasepsi yang tepat. Namun, jika ibu berencana untuk hamil, maka langkah-langkah tertentu perlu diambil untuk memastikan kehamilan yang sehat.

2. Temui Dokter atau Bidan

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai kesehatan reproduksi ibu. Diskusikan riwayat kesehatan dan kondisi medis saat ini yang mungkin dapat mempengaruhi kehamilan nantinya. Dokter atau bidan juga akan memberikan saran mengenai masalah kehamilan sebelumnya, obat yang sedang dikonsumsi, serta vaksinasi yang diperlukan untuk mencegah kecacatan pada bayi. Pastikan untuk membuat daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada dokter atau bidan.

3. Minum Asam Folat Setiap Hari

Asam folat sangat penting untuk mencegah kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi. Bunda perlu mengonsumsi minimal 400 mikrogram asam folat setiap hari setidaknya satu bulan sebelum dan selama kehamilan. Asam folat dapat ditemukan dalam makanan seperti sayuran berwarna hijau tua, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Beberapa susu untuk ibu hamil juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Pastikan untuk memilih susu yang berkualitas tinggi dan rasanya enak.

4. Hindari Alkohol, Merokok, dan Narkoba

Merokok, minum alkohol, dan menggunakan narkoba dapat menyebabkan berbagai masalah selama kehamilan, baik bagi ibu maupun bayi yang dikandung. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur, cacat bawaan, hingga kematian janin. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut selama kehamilan.

Baca Juga:  Bu, Ini Cara Mengajarkan Kecerdasan Spiritual pada Anak

5. Hindari Polusi dan Lingkungan yang Terkontaminasi Racun

Polusi udara dan lingkungan yang terkontaminasi zat berbahaya dapat membahayakan kesehatan reproduksi ibu dan ayah, serta mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, hindarilah zat-zat racun dan lingkungan yang terkontaminasi, baik di tempat kerja maupun di rumah.

6. Capai dan Peliharalah Berat Badan Ideal

Berat badan yang tidak seimbang, baik berlebih maupun kurang, dapat menyebabkan berbagai komplikasi selama kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mencapai dan memelihara berat badan yang ideal. Ini dapat dicapai melalui perubahan gaya hidup yang sehat, seperti makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur.

7. Mintalah Bantuan Jika Mengalami KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dapat menyebabkan cedera hingga kematian, baik bagi ibu maupun bayi yang dikandung. Jika ibu mengalami KDRT, sangat penting untuk segera mencari bantuan. Kekerasan dalam rumah tangga dapat menghancurkan hubungan dalam keluarga dan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

8. Pelajari Riwayat Keluarga

Konsultasikan pada dokter mengenai riwayat kesehatan keluarga yang perlu diperhatikan. Dokter mungkin akan menyarankan untuk konsultasi lebih lanjut dengan ahli genetik guna mengurangi risiko keguguran, kematian janin, ketidaksuburan, atau kondisi lain yang dapat diturunkan secara genetik. Konsultasi ini juga dapat membantu ibu dalam mempersiapkan kehamilan yang akan datang.

9. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental ibu sangat penting dalam menjalani kehamilan yang sehat. Jika ibu merasa cemas, sedih, atau stres dalam jangka waktu yang lama, maka perlu mencari bantuan dari dokter atau tenaga medis lainnya. Kesehatan mental yang baik akan membantu ibu untuk menjalani kehidupan dengan baik dan berharga.

Baca Juga:  Bedanya Gaya Makeup Korea, Jepang, dan Thailand yang Wajib Diketahui!

10. Jalani Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin

Terakhir, pastikan ibu menjalani pemeriksaan kehamilan secara rutin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa ibu dan bayi dalam kondisi sehat selama masa kehamilan. Ikuti semua anjuran dan petunjuk dari dokter atau bidan yang merawat kehamilan ibu.

Dengan mengikuti 10 langkah sehat di atas, ibu dapat mempersiapkan kehamilan dengan baik dan melahirkan bayi yang sehat. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan informasi dan saran yang tepat mengenai kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com