10 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK yang Tangkas

10 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK yang Tangkas

Selain menyenangkan, kegiatan kreatif untuk anak TK ini bisa mengedukasi si Kecil agar lebih tangkas. Coba langsung di rumah yuk, Bu!

Usia anak TK adalah usia yang penuh eksplorasi dan rasa ingin tahu. Sehingga dibutuhkan kegiatan kreatif untuk anak TK yang beragam supaya si Kecil dapat terstimulasi dengan baik perkembangannya.

Sesuai dengan kepanjangannya; Taman Kanak-Kanak, tentunya kegiatan kreatif untuk anak TK lebih banyak mengenai bermain namun diselipkan stimulasi atau nilai baik yang mau diajarkan kepada si Kecil.

Oleh karena itu, dengan memberikan waktu untuk bermain bersama adalah hal terbaik yang bisa Bunda berikan kepada si Kecil. Untuk panduannya, Bunda bisa lakukan beberapa kegiatan kreatif untuk anak TK ini yang bisa dilakukan bersama si Kecil.

Kegiatan-kegiatan kreatif untuk Anak TK

Berikut sejumlah kegiatan kreatif untuk anak TK yang bisa ibu lakukan di rumah:

Membuat kerajinan tangan
Mengingat anak usia TK yang sedang sangat aktif, membuat beragam kerajinan tangan tentu menjadi salah satu ide kegiatan kreatif untuk anak TK yang pertama.

Apalagi di usia ini pula si Kecil sedang memiliki daya imajinasi yang tinggi sehingga kemampuannya dalam membuat kerajinan tangan semakin terasah.

Mengingat kemampuan anak TK yang masih sangat terbatas, tentu bagus atau tidak hasil dari membuat kerajinan tangan ini jangan dijadikan patokannya ya Bu. Sebagai kegiatan kreatif untuk anak TK, hal ini menstimulasi akal kreatif si Kecil sekaligus menjadi waktu bonding yang baik antara Bunda dan si Kecil.

Bunda bisa ajak si Kecil membuat kerajinan tangan dari berbagai bahan bekas, misalnya saja kerajinan tangan dari kardus.

Baca Juga:  Linea Nigra Adalah Garis Hitam di Perut Bumil, Normalkah?

Berkebun di halaman
Kegiatan kreatif untuk anak TK yang kedua ini rasanya cukup sederhana. Tapi jika Bunda melihat lebih luas, kegiatan ini jadi cara efektif yang memberi banyak manfaat untuk si Kecil.

Selain memberi waktu untuk si Kecil menikmati dan memahami suasana alam, eksplorasi dan rasa ingin tahu si Kecil akan jauh lebih terasah jika berada di luar rumah. Menurut studi, kebanyak anak-anak menyukai waktu mereka berada di alam dengan menghirup udara segar, berkotor-kotoran sehingga berkebun jadi salah satu kegiatan kreatif anak TK yang tepat.

Bunda bisa ajak si Kecil untuk menanam benih sayuran seperti, kecambah, bayam, atau cabai. Latih juga tanggung jawab mereka dengan menyiram tanaman yang bisa mereka jangkau.

Menggambar atau mewarnai
Kegiatan kreatif untuk anak TK yang ini tentu terbilang paling umum dilakukan dan disukai oleh si Kecil.

Selain belajar warna dan bentuk, lewat kegiatan kretaif untuk anak TK yang satu ini, si Kecil bisa menyalurkan ekspresi dari pikiran dan imajinasinya dengan cara yang tepat. Oleh karenanya Bunda tidak perlu mematok kreasi si Kecil; yaitu dengan mengatur daun warnanya hijau, langit warnanya biru, dan lain-lain. Bebaskan si Kecil menggunakan warna dan bentuk yang sesuai dengan pikiran mereka.

Untuk di awalan usia TK, Bunda bisa mulai ajak si Kecil untuk menggambar dan mewarnai bentuk sederhana seperti lingkaran, segitiga atau kotak. Jika mereka sudah terbiasa dengan jenis kegiatan ini, nantinya kreasi gambar mereka akan semakin baik.

Menyanyi atau menari
Jangan ragu untuk mengajak si Kecil melakukan kegiatan kreatif untuk anak TK yang ini ya Bu. Jangan malu-malu pula untuk bernyanyi dan menari di depan mereka. Lakukan hal ini agar si Kecil terdorong untuk mengikuti Bunda sehingga bisa melepas ekspresinya dengan lebih baik.

Baca Juga:  MAN Insan Cendekia Serpong, Madrasah Aliyah dengan Nilai UTBK Terbaik

Dengan kegiatan kreatif untuk anak TK yang satu ini, Bunda bisa meningkatkan daya kreativitas si Kecil agar lebih optimal. Pilih lagu dan musik yang sesuai dengan usianya.

Apalagi, kegiatan ini bisa meningkatkan daya ingat si Kecil lho, Bu. Karena lama-kelamaan si Kecil akan menghafal setiap lirik atau nada dari musik yang ia dengarkan.

Bermain drama
Kegiatan kreatif untuk anak TK yang ini bisa Bunda lakukan di waktu mendongeng. Bunda bisa mulai dengan properti boneka dan menceritakan dongen menggunakan nada suara yang menyesuaikan peran yang diceritakan.

Jika mereka menikmatinya, Bunda bisa ajak si Kecil untuk bermain peran dan berakting. Cara ini bertujuan untuk mengajarkan si Kecil sejak dini agar bisa berempati dan memehami orang lain sesuai dengan perannya.

Bermain alat musik
Menurut penelitian, anak yang bermain alat musik di usia dininya memiliki perkembangan otak yang jauh lebih optimal.

Tentu di usianya, kegiatan kreatif untuk anak TK yang ini tidak terus memiliki patokan mahir atau tidaknya ya Bu. Biarkan si Kecil mencoba untuk belajar berkonsentrasi dan meningkatkan kretivitas dalam kemampuan mereka berseni.

Bermain mainan balok
Sebagai stimulasi, permainan balok wajib menjadi kegiatan kreatif untuk anak TK. Pastikan Bunda memberikan si Kecil kebebasan untuk menyusun balok sesuai yang mereka inginkan.

Hal ini berguna agar si Kecil meluapkan imajinasinya dengan baik sesuai dengan khayalan mereka. Selain itu, balok yang berwarna-warni bisa menjadi media pengenalan si Kecil akan warna dan bentuk.

Memasak bersama
Kegiatan kreatif untuk anak TK yang selanjutnya adalah ajak si Kecil untuk memasak makanan mereka. Bunda bisa mulai dari resep sederhana dan berikan kesempatan si Kecil untuk memegang peralatan masak dan memasaknya. Tentu harus penuh pengawasan Bunda supaya tetap aman ya.

Baca Juga:  Bu, Begini 6 Cara Membersihkan Hidung Bayi dengan Aman

Kegiatan kreatif untuk anak TK ini bisa menjadi ajang belajar si Kecil untuk mengenal rasa, bentuk dan juga warna. Bonusnya, si Kecil akan jadi lebih tertarik untuk makan makanan yang dimasaknya sendiri lho, Bu!

Bermain puzzle
Permainan edukatif tentu menjadi kegiatan kreatif untuk anak TK yang berfaedah. Salah satunya dengan puzzle.

Dari setiap potongan puzzle, si Kecil akan belajar berusaha untuk menyusun dan memecahkan masalah dari kesulitan yang tengah dihadapinya. Beri sedikit bantuan jika si Kecil mulai kesan dan emosi karena sulit melakukannya ya Bu.

Melakukan percobaan ilmiah
Kegiatan kreatif untuk anak TK yang satu ini tentu termasuk bermain sambil belajar. Dengan bahan dan alat sederhana di rumah, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk melakukan percobaan sederhana sehingga mereka juga sekaligus dapat belajar sains dari dini.

Selain memberikan ragam stimulasi dari berbagai kegiatan kreatif untuk anak TK di atas, Bunda juga harus selalu memastikan asupan nutrisi si Kecil tercukupi. Berikan sayur, buah serta beragam jenis makanan yang sehat lainnya.

Dengan melakukan kegiatan kreatif untuk anak TK, si Kecil akan terus terstimulasi dalam perkembangan kognitif, motorik, dan sosialnya. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi waktu berkualitas antara Bunda dan si Kecil.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba kegiatan kreatif untuk anak TK di atas dan rasakan manfaatnya bagi perkembangan si Kecil. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com