10 Ide ‘Kencan’ Ayah Dengan Putrinya


Kencan dengan anak merupakan suatu kegiatan yang terjadwal dan penting untuk dilakukan oleh orangtua. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi yang sehat antara anak dan orangtua serta memberikan pesan yang jelas bahwa anak tersebut sangat penting bagi orangtuanya. Kencan dengan anak ini berbeda dengan waktu keluarga yang melibatkan seluruh anggota keluarga, tetapi hanya melibatkan ayah/ibu dan satu anak saja.

Kencan dengan anak ini sangat penting, terutama bagi anak yang sudah beranjak besar dan memiliki pemikiran kritis. Biasanya kegiatan ini dilakukan saat anak sudah berusia SD atau lebih. Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin, misalnya saat mengantar anak les atau sekolah, atau bisa juga dilakukan secara spontan, tanpa ada jadwal yang tetap. Kegiatan spontan ini memiliki nilai lebih, karena tidak bergantung pada jadwal les atau sekolah. Contohnya, mengajak anak makan di restoran pilihan mereka. Biasanya ibu sudah terbiasa memiliki waktu pribadi dengan anak di rumah atau di luar rumah. Namun, bagaimana dengan ayah? Terkadang ayah merasa canggung untuk mengajak anak perempuannya yang sudah beranjak besar kencan berdua.

Saya memiliki kenangan yang sangat menyenangkan tentang kegiatan ini. Saat saya masih bersekolah, baik di SD maupun SMP, ayah sering mengajak saya sendiri untuk menemaninya saat ia memiliki urusan kantor. Terkadang kami pergi ke luar kota yang jaraknya satu jam perjalanan, atau mengunjungi tempat-tempat menarik seperti kebun teh, pembibitan jamur, pasar nelayan, dan lain sebagainya. Ayah memiliki pekerjaan yang memungkinkannya untuk mengunjungi tempat-tempat seperti itu. Saya merasa sangat beruntung, meskipun kami jarang sekali bisa pergi berlibur bersama sebagai keluarga.

Untuk para ayah yang ingin menginspirasi, mulailah membuat rencana untuk kencan dengan anak. Masukkan dalam agenda atau to-do list, misalnya “kencan dengan Isha”, atau “lunch bareng Naura”. Jika terdengar aneh, jangan khawatir, karena kencan dapat memiliki berbagai bentuk. Berikut adalah 10 ide kencan antara ayah dan anak perempuan:

Baca Juga:  10 Pasangan Artis yang Menikah Beda Usia Terpaut Jauh, Tapi Tetap Harmonis

1. Keliling naik KRL atau busway: Ini adalah kegiatan yang murah, tidak membuat stres, dan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Pilihlah jam-jam siang di luar jam sibuk sehingga kondisi di dalam kereta atau bus masih nyaman.

2. Ke toko buku: Meskipun klise, pergi ke toko buku adalah kegiatan yang bermanfaat. Pergi ke toko buku tidak perlu alasan khusus, karena baik membeli buku maupun tidak, toko buku selalu memberikan pengalaman yang berharga.

3. Ikut fun run 5K: Cobalah membujuk anak Anda untuk ikut berlari. Saat berlari, ayah dan anak dapat saling mendukung dan memotivasi. Kegiatan berlari bersama saat ini juga memiliki banyak hiburan, sehingga anak akan mendapatkan suasana baru.

4. Melakukan hobi anak: Ayah sebaiknya mengetahui hobi anak dan apa yang benar-benar menarik minatnya. Jika tidak tahu, tanyakan saja apa yang sedang diminati anak. Misalnya, pergilah ke taman dan bermain basket bersama.

5. Menghadiri festival atau acara kreatif: Biasanya ayah jarang memantau acara apa yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, ibu harus rajin memberi tahu jika ada acara menarik yang cocok untuk anak-anak.

6. Mencicipi makanan: Jika ada tempat makan baru di sekitar tempat tinggal, cobalah untuk mencicipinya. Atau jika tidak, pergilah ke Seven Eleven dan nikmati es krim bersama. Saya sering melakukan kegiatan ini bersama Akhtar.

7. Berbelanja di pasar modern: Anak SD sudah bisa diminta bantuan untuk membawakan belanjaan. Mengapa tidak belanja bersama dengan anak perempuan?

8. Mencari kado untuk ibu atau saudara: Ajaklah anak untuk mencari ide dan memutuskan kado apa yang ingin diberikan kepada ibu atau saudaranya. Biasanya anak usia SD atau remaja suka melakukan hal ini.

Baca Juga:  Flying Star Daycare, Menitipkan Anak Hingga 12 Jam

9. Nonton bioskop: Kegiatan ini tidak pernah ketinggalan zaman. Suami saya memiliki kenangan yang kuat tentang ayahnya yang sering mengajaknya nonton di bioskop jaman dulu yang berbeda dengan bioskop modern saat ini.

10. Mengajak anak ke bengkel: Meskipun anak perempuan, suatu hari nanti mereka akan mengemudi kendaraan sendiri. Pengenalan kendaraan dan fungsi-fungsinya oleh ayah sendiri akan meninggalkan kenangan yang berharga bagi anak-anak.

Itulah 10 ide kencan antara ayah dan anak perempuan. Apakah ibu memiliki ide lain? Atau mungkin pernah mengalami kencan dengan ayah yang tak terlupakan? Silakan berbagi pengalaman!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com