Tips Menjaga Kesehatan di Usia Kehamilan 5 Bulan

Tips Menjaga Kesehatan di Usia Kehamilan 5 Bulan

Pada awal masa-masa kehamilan, Bunda pasti merasakan berbagai perubahan dan keluhan yang tidak pernah dialami sebelumnya. Bahkan beberapa dari Bunda hamil terkadang mengalami stres. Jika sudah begini, Bunda perlu menjalani terapi atau bantuan secara psikologi agar kesehatan si Kecil dan Bunda sendiri tidak mengalami masalah. Namun, pada usia kehamilan 5 bulan, Bunda sudah memasuki trimester kedua, dimana biasanya Bunda akan merasa lebih nyaman dan beberapa keluhan awal mulai berkurang. Meskipun demikian, tetap penting bagi Bunda untuk tetap menjaga kesehatan agar perkembangan si Kecil tetap optimal.

Pada usia kehamilan 5 bulan, beberapa perubahan dan keluhan yang umum dialami oleh Bunda adalah:

1. Stretch Mark
Stretch mark adalah tanda-tanda kemerahan atau bekas garis-garis pada kulit yang sering muncul di perut, paha, dan payudara. Stretch mark seringkali menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Untuk mengurangi rasa gatal, Bunda dapat menggunakan produk kesehatan yang dianjurkan oleh dokter.

2. Stimulasi Suara
Pada usia kehamilan 5 bulan, indra pendengaran si Kecil sudah dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Bunda dapat mulai melakukan stimulasi suara dengan menggunakan musik. Selain bermanfaat untuk perkembangan si Kecil, mendengarkan musik juga dapat membuat Bunda lebih rileks dan terhindar dari stres.

3. Nyeri pada Ulu Hati
Pada usia kehamilan 5 bulan, perut Bunda mulai membesar dan seringkali menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati. Tidak perlu khawatir, nyeri ini hanyalah gejala yang normal terjadi saat kehamilan. Bunda hanya perlu memperhatikan porsi makan agar tidak terlalu banyak. Lebih baik meningkatkan frekuensi makan dengan porsi yang lebih kecil daripada makan dengan porsi yang berlebihan.

Baca Juga:  Biaya Melahirkan di Bogor dan Bandung Terbaru, Mulai dari Harga Rp3 Jutaan

4. Penurunan Daya Tahan Tubuh
Selain keluhan-keluhan yang umum pada masa kehamilan, penurunan daya tahan tubuh juga dapat terjadi jika asupan nutrisi tidak seimbang. Pada usia kehamilan 5 bulan, Bunda perlu mengonsumsi makanan dengan jumlah dua kali lipat dari sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa dua kali lipat disini mengacu pada nutrisi, vitamin, dan gizi yang diperlukan oleh Bunda dan si Kecil.

Selain keluhan-keluhan tersebut, Bunda juga perlu waspada terhadap penyakit-penyakit yang dapat menyerang saat kehamilan. Salah satu penyakit yang sering menyerang Bunda hamil adalah flu. Virus flu dapat menyerang kapan saja dan ditandai dengan gejala-gejala seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, pilek, dan hidung berair. Namun, tidak semua pilek dan bersin-bersin pada Bunda hamil disebabkan oleh flu. Terdapat kondisi khusus yang disebut pregnancy rhinitis atau rhinitis saat hamil, yang disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan. Rhinitis saat hamil biasanya menghilang menjelang persalinan.

Jika Bunda hamil terserang flu, penting untuk mempertimbangkan efek yang mungkin terjadi pada si Kecil dalam kandungan. Bunda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat flu tanpa rekomendasi dokter. Sebaiknya mintalah resep pada dokter agar obat yang dikonsumsi dapat disesuaikan dengan kondisi kandungan.

Namun, pada umumnya flu tidak membahayakan kandungan meskipun tidak boleh dianggap sepele. Jika daya tahan tubuh mulai membaik, biasanya flu akan hilang dengan sendirinya. Selama 7 sampai 10 hari setelah gejala flu muncul, Bunda dapat melakukan beberapa tips berikut:

1. Istirahat Cukup dan Penuhi Kebutuhan Cairan
Istirahat yang cukup dan memenuhi kebutuhan cairan adalah hal penting yang harus dilakukan saat Bunda hamil flu. Lebih sering makan dan minum yang hangat-hangat seperti sup dan teh, serta tetap bergerak meskipun dalam kondisi yang tidak fit.

Baca Juga:  Deteksi Perasaan si Kecil Lewat Gambarnya? Ini Caranya!

2. Tetap Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Meskipun sulit makan saat flu, Bunda perlu tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi. Cobalah mengkonsumsi sumber vitamin C seperti jeruk, stroberi, apel, tomat, dan kentang.

3. Jika Tidak Kunjung Membaik, Segera Kunjungi Dokter
Jika gejala flu tidak kunjung membaik setelah 7 sampai 10 hari, segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kesehatan dan pertumbuhan si Kecil sangat bergantung pada kesehatan Bunda, jadi penting untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Pada usia kehamilan 5 bulan, Bunda sudah mulai merasa nyaman dan terbiasa dengan perubahan yang terjadi. Namun, Bunda tidak boleh lengah dan tetap harus menjaga kesehatan agar perkembangan si Kecil tetap optimal. Beberapa tips menjaga kesehatan selama usia kehamilan 5 bulan adalah:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang
Bunda perlu menjaga asupan makanan yang sehat dan seimbang. Pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air putih sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh dan membantu mengatasi sembelit yang sering dialami oleh Bunda hamil. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih per hari.

3. Rutin Berolahraga Ringan
Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau yoga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan memperkuat otot-otot yang akan digunakan saat persalinan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

4. Istirahat yang Cukup
Bunda hamil memerlukan istirahat yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam dan manfaatkan waktu istirahat selama siang hari jika diperlukan.

5. Hindari Stres
Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan Bunda dan si Kecil. Cobalah untuk menghindari situasi yang dapat menimbulkan stres dan lakukan aktivitas yang membuat Bunda merasa nyaman dan rileks, seperti meditasi atau mendengarkan musik.

Baca Juga:  Berikut 5 Manfaat Aktivitas Berenang untuk si Kecil

6. Rutin Periksa ke Dokter
Periksakan diri secara rutin ke dokter untuk memantau perkembangan kehamilan dan mendapatkan saran kesehatan yang sesuai. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Bunda mengalami keluhan atau memiliki pertanyaan seputar kehamilan.

Selain menjaga kesehatan, penting juga bagi Bunda untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Cuci tangan dengan sabun secara teratur, hindari kontak dengan orang yang sedang sakit, dan jaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Dengan menjaga kesehatan selama usia kehamilan 5 bulan, Bunda dapat memastikan bahwa perkembangan si Kecil berjalan dengan baik dan Bunda tetap sehat. Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk si Kecil, dan menjaga kesehatan adalah salah satu cara untuk mewujudkannya. Selamat menjalani masa-masa kehamilan dengan sehat dan bahagia!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com