Tips Menyiapkan Keperluan Bayi Kembar

Tips Menyiapkan Keperluan Bayi Kembar

Pada saat mengetahui bahwa saya sedang hamil kembar, saya merasa sangat senang dan bahagia. Bayangkan saja, saya akan memiliki dua buah hati yang lucu dan menggemaskan. Namun, di balik kebahagiaan tersebut, saya juga merasa sedikit khawatir karena saya harus mempersiapkan semua keperluan bayi dua kali lipat. Namun, setelah melakukan riset dan berkonsultasi dengan teman-teman yang juga memiliki bayi kembar, saya menemukan beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada para ibu yang juga sedang menantikan kelahiran bayi kembar. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Perlengkapan Dasar
Sama seperti bayi tunggal, bayi kembar juga membutuhkan perlengkapan dasar seperti stroller, tempat tidur bayi, high chair, bedong, dan gendongan bayi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perlengkapan tersebut perlu dibeli secara ganda. Beberapa perlengkapan bisa digunakan secara bersamaan untuk kedua bayi kembar. Misalnya, stroller dapat digunakan sebagai sarana transportasi untuk membawa kedua bayi secara bersamaan. Namun, pastikan stroller yang Anda pilih memiliki fitur-fitur yang mempermudah perjalanan seperti kantong di bawah stroller untuk menyimpan barang-barang bayi, belt yang kencang dan tidak mudah lepas, serta dapat dipasang di jok mobil agar lebih mudah memindahkan bayi yang sedang tertidur di mobil.

Selain itu, tempat tidur bayi juga perlu dipersiapkan dengan baik. Pilihlah tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk kedua bayi kembar. Jangan lupa juga untuk menyediakan set bantal dan selimut sebanyak dua pasang agar kedua bayi dapat tidur dengan nyaman.

Untuk makanan, bayi kembar juga membutuhkan high chair atau kursi bayi untuk duduk dan menikmati makanan padat pertamanya. Pastikan Anda memiliki dua buah high chair agar kedua bayi dapat makan dengan nyaman dan aman. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan strap atau pelindung berbentuk tali yang aman agar si kecil tidak jatuh dari kursinya.

Baca Juga:  Bolehkah si Kecil Mengonsumsi Madu?

Bedong juga merupakan perlengkapan yang penting untuk bayi kembar. Anda dapat membeli bedong bayi yang tradisional yang berbentuk kain ataupun bedong bayi modern yang sudah dilengkapi dengan rekatan atau Velcro. Pastikan Anda memiliki dua kali lipat bedong bayi yang diperlukan agar kedua bayi dapat tidur dengan nyaman.

Gendongan bayi juga perlu dipersiapkan untuk bayi kembar. Terkadang bayi merasa bosan jika terus-menerus diletakkan di stroller, sehingga gendongan bayi dapat menjadi solusi yang baik. Jika Anda merasa cukup dengan satu gendongan, itu tidak masalah. Namun, ketika kedua bayi menangis dan Anda membutuhkan bantuan Ayah, maka dua gendongan bayi akan sangat diperlukan.

Tak Perlu Dua Kali Lipat
Meskipun ada beberapa perlengkapan yang perlu dibeli secara ganda, namun ada juga beberapa perlengkapan bayi kembar yang tidak perlu dibeli dua kali lipat. Anda dapat membeli sekitar setengah lusin lebih banyak dari keperluan baju bayi dasar. Seiring dengan pertumbuhan bayi, baju bayi cepat kering karena ukurannya yang kecil, sehingga Anda tidak perlu membeli dua kali lipatnya. Beberapa keperluan bayi kembar yang tidak perlu dibeli dua kali lipat antara lain:

1. Pakaian: Belilah masing-masing 1 ½ lusin baju lengan pendek, baju lengan panjang, celana pendek dan panjang, pakaian dalam, serta baju tidur. Namun, jika Anda ingin membelikan sepasang baju kembar yang lucu, itu tidak masalah. Setelah semua, melihat kembaran dengan baju yang sama pasti akan terlihat menggemaskan.

2. Botol ASIP: Jika Anda bekerja dan membutuhkan botol susu untuk menyimpan ASIP, Anda tidak perlu membeli dua kali lipat botol susu. Anda dapat membeli sekitar 6 botol susu ASIP, karena seperti halnya baju bayi, botol susu juga cepat kering dan dapat digunakan berulang kali.

Baca Juga:  Kenali Apa Saja Bedanya Mual Hamil dan Mual Masuk Angin

3. Tas bayi: Anda tidak perlu membeli dua buah tas bayi. Cukup sediakan satu tas bayi yang ukurannya besar agar dapat memuat semua keperluan bayi kembar. Begitu juga dengan bak mandi, Anda tidak perlu membeli dua buah karena kedua bayi dapat dimandikan bergantian.

4. Ayunan bayi: Saat Anda beraktivitas di rumah, biasanya bayi tenang jika diletakkan di ayunan bayi. Namun, untuk perlengkapan ini Anda hanya perlu membeli satu, karena rentang pemakaiannya tidak akan terlalu lama. Selain itu, bayi juga sering cepat bosan dengan ayunan bayi, sehingga tidak perlu membeli dua buah.

Bisa Lebih Hemat
Menyiapkan keperluan bayi kembar tentu akan memakan banyak biaya, namun ada beberapa cara untuk lebih hemat dalam mempersiapkannya. Berikut adalah beberapa tips hemat dalam mempersiapkan keperluan bayi kembar:

1. Sewa: Saat ini, sudah banyak penyewaan barang bayi secara online. Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa perlengkapan bayi yang tidak akan digunakan terlalu lama namun harganya cukup mahal. Dengan menyewa, Anda dapat menghemat uang dan juga ruang penyimpanan.

2. Cari ‘lungsuran’: Jika Anda memiliki saudara atau teman yang memiliki anak yang sudah lebih besar, Anda dapat menerima ‘lungsuran’ perlengkapan bayi dari mereka. Biasanya mereka akan senang untuk memberikan barang-barang bayi yang sudah tidak terpakai lagi kepada Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, saya yakin Anda dapat lebih mudah dalam mempersiapkan keperluan bayi kembar. Ingatlah bahwa meskipun mempersiapkan keperluan bayi kembar membutuhkan waktu dan biaya yang lebih, kebahagiaan melihat mereka tumbuh bersama akan membuat semua usaha tersebut terbayar. Selamat menantikan kelahiran bayi kembar Anda!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com