Tips Mencegah Bayi Tertular Penyakit dari Orang Lain

Tips Mencegah Bayi Tertular Penyakit dari Orang Lain

Bayi merupakan anugerah yang sangat berharga bagi setiap orang tua. Kesehatan bayi harus menjadi prioritas utama karena daya tahan tubuh mereka masih sangat lemah. Salah satu hal yang harus dihindari adalah bayi tertular penyakit dari orang lain. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh ibu agar bayi tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

1. Wajibkan Orang Lain Mencuci Tangan
Salah satu cara penularan penyakit adalah melalui sentuhan. Oleh karena itu, saat ada kerabat atau orang lain yang ingin menyentuh atau menggendong bayi, pastikan mereka mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin ada di tangan mereka. Bunda juga dapat menerapkan aturan ini kepada diri sendiri dan orang lain saat menggantikan popok atau menyiapkan makanan untuk bayi.

2. Siapkan Hand Sanitizer
Terkadang, orang merasa repot saat harus ke kamar mandi untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Untuk mengatasi hal ini, ibu dapat menyiapkan hand sanitizer di dekat bayi. Jadi, saat ada orang yang ingin menyentuh atau menggendong bayi, ibu dapat menawarkan mereka menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu. Hand sanitizer ini dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri di tangan.

3. Batasi Sentuhan
Meskipun sangat wajar jika orang ingin mencium atau menyentuh bayi, namun hal ini sebaiknya dibatasi. Menurut Dr. Robert W. Frenck Jr., profesor dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, pengunjung dapat mencium area kaki jika terlanjur gemas kepada bayi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung dengan area wajah dan tangan bayi yang rentan terhadap kuman dan bakteri.

Baca Juga:  Seputar Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

4. Hindari Tamu yang Sedang Sakit
Sebaiknya ibu menghindari tamu yang sedang sakit untuk berkunjung ke rumah. Meskipun terkadang sulit untuk mengatakan tidak kepada tamu yang ingin bertemu bayi, namun ibu harus mengutamakan kesehatan bayi. Bunda dapat memberikan penjelasan bahwa kesehatan tamu tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Sebaiknya beri tahu mereka untuk berkunjung ketika sudah sehat kembali.

5. Suntik Vaksin
Selain melindungi bayi dari luar, ibu juga dapat melindunginya dari dalam dengan cara melakukan vaksin dan imunisasi sesuai jadwal yang diberikan dokter. Vaksin tidak hanya melindungi bayi dari penyakit langka, tetapi juga melindunginya dari berbagai penyakit lainnya seperti flu dan demam. Vaksinasi sangat penting dilakukan agar bayi memiliki kekebalan tubuh yang kuat.

Dengan melakukan langkah-langkah preventif di atas, ibu dapat menjaga kesehatan bayi dan mencegahnya tertular penyakit dari orang lain. Namun, ibu juga perlu berhati-hati dalam menyampaikan aturan ini kepada orang lain agar tidak menyinggung perasaan mereka. Selamat menjaga kesehatan bayi dan semoga bayi selalu sehat dan bahagia.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com