Ternyata Ini 10 Area Rumah Paling Kotor yang Bisa Jadi Sarang Kuman


Area rumah paling kotor seringkali adalah tempat yang tidak pernah Anda duga. Alhasil, area itu jarang dibersihkan dan berpotensi jadi sarang kuman. Area rumah paling kotor biasanya sering luput dari perhatian. Alasannya karena Anda tidak menyangka kalau tempat itu kotor. Area tersebut bukan tempat yang biasa Anda bersihkan, seperti kamar mandi, lantai, atau permukaan meja, tetapi Anda melihat dan menyentuhnya setiap hari.

Salah satu area rumah paling kotor yang sering terlewat adalah gagang pintu. Semua orang yang mau masuk ke dalam rumah pasti akan memegang gagang pintu. Namun, Anda tidak tahu seberapa kotor tangan mereka setelah beraktivitas, dan apakah mereka sudah mencuci tangan atau belum. Tak hanya gagang pintu depan, tetapi juga gagang pintu kamar mandi, kamar tidur, hingga pintu belakang. Gagang pintu yang jarang dibersihkan akhirnya terlapisi kuman dan bakteri. Ketika Anda menyentuhnya, Anda secara tidak langsung terpapar kuman dan bisa menyebarkannya ke area lain.

Ventilasi udara juga menjadi salah satu area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan. Ventilasi udara bertugas menjadi tempat aliran udara masuk dan keluar rumah. Coba sekarang lirik ventilasi udara Anda. Pasti banyak yang berdebu, kan? Sebagian besar ventilasi udara mudah dibuka dan dibersihkan dengan semprotan dan kain, tetapi kebanyakan orang terlalu malas untuk melakukannya. Padahal, ventilasi udara yang kotor dapat menyebabkan udara di dalam rumah menjadi tidak sehat dan berpotensi menyebarkan kuman dan alergen.

Tempat sikat gigi juga merupakan area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan. Entah Anda menggunakan satu tempat sikat gigi untuk sekeluarga atau menggunakan yang personal, tetapi Anda harus tahu kalau itu merupakan salah satu area rumah paling kotor. Sisa air dan residu pasta gigi bisa menempel di tempat sikat gigi dan bertemu dengan sikat gigi Anda. Kini saat membersihkan kamar mandi, jangan lupa bersihkan juga tempat sikat gigi. Pastikan tempat sikat gigi tetap bersih dan bebas dari kuman.

Baca Juga:  Campak, Rubella, dan Roseola (I)

Kulkas juga merupakan salah satu area rumah yang jarang dibersihkan dengan rutin. Kulkas menjadi tempat berkumpulnya semua makanan dan sisanya. Dibanding membersihkan lantai atau kamar, pasti membersihkan kulkas tidak ada dalam daftar rutin Anda. Biasanya membersihkan kulkas hanya dilakukan saat-saat tertentu atau bahkan setahun sekali. Padahal, kulkas yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang jamur, kuman, dan serangga seperti semut dan kecoak. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kulkas secara rutin agar makanan yang Anda simpan tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi.

Remote juga merupakan salah satu area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan. Ada berapa remote di rumah? Mulai dari remote TV, remote AC, remote game, dan remote lainnya. Semua remote tersebut bisa dipegang oleh banyak orang dan mengumpulkan banyak bakteri di setiap permukaannya. Pasti banyak yang tidak terpikir untuk membersihkannya, kan? Karena sekarang sudah diingatkan, yuk, diberikan remote-remote di rumah pakai kain lap yang dioleskan alkohol agar tetap bersih dan bebas dari kuman.

Mesin cuci juga merupakan salah satu area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan. Meskipun tugasnya adalah membersihkan pakaian, mesin cuci juga harus dibersihkan supaya mesin tidak bau dan menjadi sarang kuman. Saat membeli mesin cuci, biasanya ada arahan di buku panduan untuk membersihkannya sebulan sekali beserta caranya. Namun, seringkali kita lupa atau terlalu malas untuk melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk mengingatkan diri sendiri untuk rutin membersihkan mesin cuci agar pakaian yang dicuci tetap bersih dan bebas dari kuman.

Keran air juga merupakan salah satu area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan. Keran yang terus menerus mengalirkan air pasti akan ada pada kondisi lembap. Deposit mineral akan membuat kran bekerja kurang optimal bahkan dapat menurunkan tekanan air di rumah Anda. Selain itu, jamur juga bisa tumbuh di keran air yang jarang dibersihkan dan membuat air menjadi kotor. Oleh karena itu, sebelum semakin kotor, segera bersihkan keran air Anda dari luar hingga dalam agar air yang mengalir tetap bersih dan sehat untuk digunakan.

Baca Juga:  Dokter dan Klinik Gangguan Tidur di Indonesia

Tempat sabun dan spons cuci piring juga sering terlewat untuk dibersihkan. Dapur sudah pasti jadi area rumah paling kotor dan biasanya Anda rutin membersihkannya setelah memasak. Namun, apa Anda rutin juga membersihkan tempat sabun cuci piring dan spons yang Anda gunakan? Menurut penelitian, sebanyak 75% spons cuci piring terkontaminasi oleh bakteri coliform, yang bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan spons cuci piring setelah digunakan dan rutin menggantinya jika sudah tidak layak pakai.

Tempat makan hewan peliharaan juga sering terlewat untuk dibersihkan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, cobalah untuk rutin juga membersihkan mangkuk tempat makan mereka. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh NSF, mangkuk makan hewan peliharaan menempati posisi keempat sebagai benda dengan kuman terbanyak di rumah. Oleh karena itu, selain membersihkan hewan peliharaan dan mainannya, penting juga untuk membersihkan tempat makan hewan peliharaan agar tetap bersih dan bebas dari kuman.

Terakhir, area rumah yang sering terlewat untuk dibersihkan adalah bagian atas rumah. Kita seringkali sibuk membersihkan area rumah di bawah, seperti lantai, meja, dan sofa, namun kebersihan bagian atas seringkali terabaikan. Sudut tembok bagian atas, ujung gorden bagian atas, atap lemari, atap kulkas, hingga kipas di langit-langit rumah, semuanya pasti sudah kotor dan berdebu, ditambah lagi ada jaring laba-laba yang terbentuk. Oleh karena itu, penting untuk mulai membersihkan area rumah bagian atas setidaknya seminggu sekali hingga sebulan sekali agar kebersihan rumah tetap terjaga.

Dalam menjaga kebersihan rumah, tidak hanya area-area yang terlihat saja yang harus dibersihkan, tetapi juga area-area yang tersembunyi dan jarang terpikirkan. Area rumah paling kotor yang sering terlewat untuk dibersihkan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan membersihkan area-area tersebut secara rutin agar rumah tetap bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga:  Ide Permainan Seru untuk Ayah dan si Kecil

Dalam membersihkan area rumah yang sering terlewat, Anda bisa menggunakan berbagai produk pembersih yang ampuh untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan permukaan yang akan dibersihkan dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sarung tangan dan masker saat membersihkan area-area yang kotor guna melindungi diri Anda dari kontak langsung dengan kuman dan bakteri.

Selain membersihkan area rumah yang sering terlewat, penting juga untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum dan setelah melakukan kegiatan yang berpotensi membawa kuman dan bakteri. Selain itu, rajinlah membersihkan rumah secara keseluruhan, termasuk area-area yang sering terlewat. Jika Anda tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk membersihkan rumah sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan jasa cleaning service untuk membantu membersihkan rumah Anda secara profesional.

Dengan menjaga kebersihan rumah secara rutin dan menyeluruh, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk Anda dan keluarga. Jangan biarkan area rumah paling kotor menjadi sarang kuman dan bakteri yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Mulailah membersihkan area-area tersebut sekarang juga dan jadikan kebersihan rumah sebagai prioritas utama Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan seluruh penghuni rumah serta menciptakan lingkungan yang bersih dan terjaga dengan baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com