Resep dan Cara Membuat Pie Apel, Simak Di Sini!

Resep dan Cara Membuat Pie Apel, Simak Di Sini!

Pie apel adalah salah satu kue yang sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lezat, sehingga banyak orang yang menyukainya. Jika Anda ingin mencoba membuat pie apel sendiri di rumah, berikut ini adalah resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pie apel ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Anda akan membutuhkan 125 gram mentega, 50 gram gula halus, 1 kuning telur, 250 gram tepung terigu, 1 sendok teh baking powder, 1/2 sendok teh garam, 4-5 buah apel, 100 gram gula pasir, 1 sendok teh kayu manis bubuk, 1/2 sendok teh pala bubuk, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 1 sendok makan maizena, 2 sendok makan air jeruk lemon, dan secukupnya susu cair untuk olesan.

Langkah pertama dalam membuat pie apel ini adalah membuat adonan kulit pie terlebih dahulu. Caranya, campurkan mentega, gula halus, dan kuning telur dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata menggunakan mixer atau sendok kayu sampai adonan tercampur dengan baik.

Selanjutnya, masukkan tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Aduk rata menggunakan tangan atau spatula sampai adonan menjadi kalis dan bisa dipulung. Setelah itu, bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Sementara adonan kulit pie didiamkan di dalam kulkas, kita bisa mempersiapkan isian pie apel. Kupas apel dan potong menjadi dadu kecil-kecil. Kemudian, masukkan apel ke dalam panci dan tambahkan gula pasir, kayu manis bubuk, pala bubuk, vanili bubuk, maizena, dan air jeruk lemon. Aduk rata dan nyalakan kompor dengan api sedang.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Suami Malas Pulang ke Rumah

Masak adonan apel selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai apel menjadi empuk dan bumbu tercampur dengan baik. Setelah itu, angkat panci dari kompor dan biarkan adonan apel dingin.

Setelah adonan kulit pie dan isian apel siap, kita bisa mulai membuat pie apel. Ambil adonan kulit pie dari dalam kulkas dan bagi menjadi 2 bagian. Satu bagian untuk bagian bawah pie, dan satu bagian lagi untuk bagian atas pie.

Giling adonan kulit pie dengan menggunakan rolling pin sampai memiliki ketebalan sekitar 0,5 cm. Letakkan adonan di dalam loyang pie yang sudah diolesi dengan mentega. Ratakan adonan kulit pie di dasar loyang dan tekan-tekan pinggiran adonan dengan menggunakan garpu.

Setelah itu, tuangkan isian apel ke dalam adonan kulit pie yang sudah ada di dalam loyang. Ratakan isian apel dengan menggunakan sendok atau spatula.

Ambil adonan kulit pie yang lain dan giling dengan menggunakan rolling pin seperti sebelumnya. Letakkan adonan kulit pie di atas isian apel dan rapihkan pinggiran adonan dengan menggunakan jari atau garpu.

Untuk memberikan efek keemasan pada pie apel, Anda bisa mengoleskan susu cair di atas permukaan adonan kulit pie sebelum memanggangnya.

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Panggang pie apel selama kurang lebih 30-40 menit atau sampai kulit pie berwarna kecokelatan. Jika sudah matang, angkat pie apel dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Pie apel siap disajikan dan dinikmati. Anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai dengan selera Anda. Rasanya yang manis dan lezat akan membuat siapa pun yang mencicipinya terpuaskan.

Selain itu, pie apel juga bisa dijadikan sebagai hidangan penutup yang sempurna untuk acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman. Anda juga bisa menambahkan es krim atau krim kocok sebagai pelengkap untuk pie apel ini.

Baca Juga:  Rekomendasi Sekolah Katolik dan Kristen Favorit Orang Tua

Tidak hanya enak, pie apel juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Apel mengandung serat yang tinggi, vitamin C, dan antioksidan. Serat dalam apel dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Vitamin C dan antioksidan dalam apel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan membuat pie apel sendiri di rumah, Anda bisa mengontrol kualitas bahan dan menghindari penggunaan bahan pengawet atau tambahan kimia yang berbahaya. Selain itu, membuat pie apel sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur di waktu luang.

Demikianlah resep dan cara membuat pie apel yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com