Bu, Ini 6 Tips Atasi Anak 1 Tahun Belum Bisa Jalan

Pada usia 13 bulan, tumbuh kembang anak dapat bervariasi. Beberapa anak mungkin sudah mulai bisa berdiri dan berjalan, sementara yang lain masih belum menunjukkan kemampuan tersebut. Jika anak Anda belum bisa berjalan pada usia tersebut, jangan khawatir karena itu masih normal. Namun, sebagai orang tua, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda mengembangkan kemampuan berdiri dan berjalan. Berikut ini adalah 6 tips yang dapat Anda terapkan:

1. Mulai sejak dini
Kekuatan otot dan keseimbangan tubuh sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berdiri dan berjalan anak. Mulailah merangsang otot-otot anak sejak usia dini, sekitar 4 atau 5 bulan. Anda dapat membantu anak Anda berdiri dengan memegangnya dalam posisi berdiri. Teruskan stimulasi ini jika anak Anda masih belum bisa berdiri dan berjalan pada usia 13 bulan. Dengan melatih otot-ototnya sejak dini, anak Anda akan memiliki kekuatan yang cukup untuk berdiri dan berjalan.

2. Dorong anak untuk bergerak
Dorong anak Anda untuk sering bergerak, terutama dengan menggerakkan kakinya. Ajak anak Anda berpindah tempat dengan menggunakan kedua kakinya. Misalnya, letakkan mainan favoritnya agak jauh darinya sehingga ia harus bergerak untuk mengambilnya. Dorongan ini akan membiasakan anak Anda berdiri dan berjalan dengan sendirinya.

3. Biarkan anak berjalan tanpa alas kaki
Membiarkan anak Anda berjalan tanpa alas kaki dapat membantu anak mengembangkan rasa keseimbangan dan menguatkan otot-otot kakinya. Ketika anak berjalan tanpa alas kaki, ia akan merasakan pijakan kakinya di lantai dengan lebih baik. Jadi, biarkan anak Anda berjalan tanpa alas kaki sesering mungkin di rumah.

4. Gunakan alat bantu
Anda dapat menggunakan alat bantu seperti push baby walker atau mainan lain yang dapat didorong untuk membantu anak Anda berdiri dan berjalan. Namun, pastikan Anda menggunakan alat ini dengan bijak. Gunakan hanya sebagai bantuan sementara dan pastikan anak Anda tetap mendapatkan kesempatan untuk bergerak secara alami. Jangan terlalu mengandalkan alat bantu ini karena anak perlu mengembangkan keseimbangan dan kekuatan ototnya sendiri.

Baca Juga:  50 Konselor Laktasi di Indonesia

5. Ajak anak bermain dengan teman sebaya
Melihat teman-temannya yang sudah mulai bisa berjalan dapat menjadi motivasi bagi anak Anda untuk belajar berdiri dan berjalan. Ajak anak Anda bermain dengan teman-temannya yang sudah lebih maju dalam kemampuan berjalan. Dengan melihat dan meniru teman-temannya, anak Anda akan merasa tertantang untuk mengembangkan kemampuan berjalan.

6. Fokus pada latihan otot
Sebagai orang tua, Anda mungkin cenderung membantu anak Anda berdiri dengan mengulurkan tangan. Namun, sebenarnya yang lebih penting adalah melatih otot-otot kaki dan pinggul anak terlebih dahulu. Setelah otot-ototnya cukup kuat, baru Anda dapat melatih anak Anda untuk berjalan. Fokus pada latihan otot akan membantu anak Anda mengembangkan kekuatan yang diperlukan untuk berdiri dan berjalan.

Selain menjalankan tips-tips di atas, penting bagi Anda untuk memberikan nutrisi yang baik kepada anak Anda. Nutrisi yang tepat dapat membantu perkembangan otot dan tulang anak. Pastikan anak Anda mendapatkan susu pertumbuhan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini, susu yang mengandung 9AAE dan DHA dapat sangat membantu dalam tumbuh kembang anak. 9AAE adalah asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kekurangan 9AAE dapat mempengaruhi tinggi badan dan perkembangan otak anak. Oleh karena itu, pastikan anak Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, termasuk 9AAE dan DHA.

Tidak perlu khawatir jika anak Anda belum bisa berjalan pada usia 13 bulan. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Selama Anda memberikan stimulasi yang tepat dan nutrisi yang cukup, anak Anda akan mengembangkan kemampuan berdiri dan berjalan dengan waktunya sendiri. Jika Anda memiliki kekhawatiran yang lebih besar tentang perkembangan anak Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak atau tenaga medis yang berkompeten.

Baca Juga:  14 Makanan untuk Menjaga Berat Badan Bayi Ideal

Dalam menghadapi tumbuh kembang anak, kesabaran dan dukungan orang tua sangatlah penting. Berikanlah anak Anda waktu dan ruang untuk mengembangkan keterampilan motoriknya secara alami. Dengan memberikan stimulasi yang tepat dan nutrisi yang baik, anak Anda akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com