Pentingnya Asupan Serat Untuk si Kecil

Pentingnya Asupan Serat Untuk si Kecil

Pendahuluan

Kesehatan dan tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang tua. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang anak adalah asupan nutrisi yang cukup, termasuk asupan serat. Serat merupakan salah satu jenis zat gizi yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Kecukupan asupan serat si Kecil turut menentukan tingkat kesehatannya. Anak yang kebutuhan seratnya tercukupi dengan baik akan memiliki daya tahan tubuh yang baik pula.

Manfaat Serat Bagi Si Kecil

Serat memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh si Kecil. Berikut ini dipaparkan beberapa manfaat penting konsumsi serat bagi si Kecil:

1. Membantu proses metabolisme tubuh
Serat amat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh si Kecil dengan menormalkan gerakan ususnya. Dalam proses metabolisme ini akan terjadi penyerapan air dan lemak. Alhasil, suplai darah dan oksigen ke tubuh menjadi lancar.

2. Mencegah sembelit
Serat mampu melancarkan pencernaan dan mencegah si Kecil mengalami sembelit. Serat dapat melembutkan tinja dengan menyerap air ke tinja. Keberadaan serat membuat tinja dapat berbentuk dan gampang dikeluarkan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Ternyata konsumsi makanan berserat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini terjadi karena serat mampu meningkatkan bakteri baik yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh anak. Anak jadi kuat karena tidak mudah sakit dan merasa lemas.

4. Membentuk otot
Hebatnya, serat juga berfungsi untuk membentuk otot. Fermentasi hasil serat larut air menghasilkan asam lemak yang digunakan sebagai energi dalam membentuk otot baru. Dengan serat, tubuh si Kecil makin kuat dan aktif bergerak tiap hari.

Baca Juga:  Topik Obrolan Yang Menarik Minat Remaja

5. Mencegah penyakit berbahaya
Serat mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker kolon, diabetes, jantung koroner, dan obesitas. Serat memiliki kemampuan untuk menjaga kadar gula darah, memelihara kesehatan usus besar, dan mengontrol berat badan yang sehat. Serat juga berfungsi mengikat kolesterol jahat.

6. Meningkatkan daya konsentrasi
Selain menyokong dari segi kesehatan fisik, serat juga berguna mendorong kemampuan berpikir anak dengan meningkatkan daya konsentrasinya.

7. Mendorong perilaku positif
Serat bahkan bermanfaat untuk mendorong perilaku si Kecil menjadi lebih positif.

Sumber Makanan Berserat

Asupan serat si Kecil dapat dipenuhi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Berikut ini adalah beberapa contoh sumber makanan berserat yang bisa menjadi referensi dalam menyiapkan menu kaya serat bagi si Kecil:

1. Biji-bijian
Beberapa jenis biji-bijian yang kaya serat misalnya gandum, beras merah, dan oat. Bunda bisa memenuhi serat si Kecil dengan memberinya roti gandum, pasta/spageti, atau sereal oatmeal yang enak.

2. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan berserat adalah kedelai, kacang hijau, kacang polong, kacang merah, dll. Satu hari Bunda bisa menyiapkan bubur kacang hijau hangat untuk si Kecil. Bunda juga bisa mengolah kacang polong untuk dijadikan isian nasi goreng atau omelet pada bekal makan siangnya di sekolah. Bahkan kacang merah pun bisa Bunda olah menjadi sajian es kacang merah yang tentunya akan disukai si Kecil.

3. Sayuran
Bayam, sawi, jagung, kentang, wortel, brokoli merupakan contoh-contoh sayuran yang banyak mengandung serat alami. Selain dijadikan sebagai bahan sup, berbagai sayuran tersebut dapat Bunda masak menjadi sajian yang lebih menarik seperti kroket kentang isi sayur atau nugget sayur.

4. Buah-Buahan
Beberapa buah kaya serat diantaranya adalah pepaya, alpukat, buah naga, pisang, apel hijau, semangka, dll. Buah-buahan tersebut dapat Bunda berikan langsung pada si Kecil atau dapat juga disajikan dalam bentuk jus dan smoothie.

Baca Juga:  Review Film Dear David: Sebuah Catatan Tentang Seksualitas Remaja

Penutup

Pentingnya asupan serat untuk si Kecil tidak bisa diabaikan. Serat memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh si Kecil, mulai dari membantu proses metabolisme tubuh, mencegah sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk otot, mencegah penyakit berbahaya, meningkatkan daya konsentrasi, hingga mendorong perilaku positif. Bunda perlu memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan serat yang cukup melalui makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Dengan memberikan makanan berserat, Bunda turut berperan dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan yang kaya serat untuk si Kecil ya, Bu!

Referensi:
– The Baby Book. (2016). Makanan Pendamping ASI. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
– Rusilanti, R., & Kusharto, C. M. (2007). Serat pangan dan kesehatan. Jurnal Gizi Indonesia, 1(1), 1-10.
– Maya & Ideo. (2018). Aku Anak Sehat! 20 Cerita Cara Hidup Sehat. Jakarta: Diva Press.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com