Mulai Ajarkan Anak Gaya Hidup Sehat Sejak Dini, Yuk!

Mulai Ajarkan Anak Gaya Hidup Sehat Sejak Dini, Yuk!

Anak adalah amanah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita sebagai orang tua. Sebagai orang tua, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat anak dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan mengajarkan mereka gaya hidup sehat sejak dini.

Gaya hidup sehat adalah cara hidup yang mengutamakan kesehatan fisik dan mental. Dengan mengajarkan anak gaya hidup sehat sejak dini, kita dapat membantu mereka untuk tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan gaya hidup sehat pada anak:

1. Atur Porsi Asupan Gizinya

Penting bagi anak untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup sesuai dengan usianya. Sebagai orang tua, kita perlu mengatur porsi makanan dan minuman anak dengan baik. Untuk anak usia 3-6 tahun, berikut adalah cara menghitung kebutuhan gizi makro dan mikro per hari:

– Menentukan Berat Badan Ideal (BBI) anak usia 1-5 tahun dengan cara: BBI = (usia dalam tahun x 2) + 8
– Menentukan estimasi kebutuhan energi dan zat gizi makro dan mikro per hari dengan cara:
– Kebutuhan kalori/energi: Kebutuhan energi = 1000 + (100 x usia dalam tahun)
– Kebutuhan protein sebesar 10% dari total kebutuhan energi dalam sehari: (10% x total energi harian) : 4 = x gram
– Kebutuhan lemak sebesar 20% dari total energi harian: (20% x total energi harian) : 9 = x gram
– Kebutuhan karbohidrat adalah sisa dari total energi harian dikurangi persentase protein dan lemak

Dengan mengatur porsi asupan gizi anak secara benar, kita dapat membantu mereka untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga:  Terobsesi pada Kehamilan, Apa Penyebabnya?

2. Ajak Anak Belanja dan Menyiapkan Makanan

Mengajak anak berbelanja adalah cara yang efektif untuk mengajarkan mereka tentang kandungan nutrisi pada makanan. Ajak anak untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan hindari membeli produk makanan olahan yang kurang sehat. Setelah berbelanja, libatkan anak untuk ikut mempersiapkan makanan. Dengan cara ini, anak akan lebih menghargai makanan yang sehat dan memiliki kualitas nutrisi yang baik.

3. Hindari Memberikan Makanan Manis Sebagai Hadiah

Banyak orang tua yang memberikan makanan manis, seperti permen, coklat, atau es krim, sebagai hadiah saat anak berprestasi. Namun, hal ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan anak. Lebih baik gantilah dengan memberikan hadiah berupa makanan yang lebih sehat atau membuat sendiri cemilan yang enak tapi sehat. Dengan cara ini, anak tetap mendapatkan hadiah namun tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Biasakan Anak Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Mengajarkan anak untuk mengunyah makanan secara perlahan adalah hal yang penting. Anak cenderung mudah merasa lapar jika mereka mengunyah makanan dengan terburu-buru. Oleh karena itu, ajak anak untuk mengunyah makanan dengan perlahan dan nikmati setiap gigitannya. Dengan cara ini, anak akan lebih bisa mengetahui apakah mereka sudah kenyang atau masih lapar. Jika mereka masih lapar, kita dapat menambahkan porsi makanan dengan jumlah yang kecil saja.

5. Rutin Bergerak dan Berolahraga

Berolahraga adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan anak. Ajak anak untuk rutin bergerak dan berolahraga setiap hari. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan bermain di taman, bersepeda, atau berenang bersama keluarga. Dengan berolahraga, anak akan dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Baca Juga:  Kontrasepsi Alami dan Efektif dengan Menyusui

6. Cukup Minum Air Putih

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, anak juga perlu tercukupi kebutuhan cairannya dengan minum air putih secara cukup. Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak, seperti menjaga kelembaban kulit, mengatur suhu tubuh, dan membantu fungsi organ tubuh. Hindari memberikan minuman kemasan yang tinggi gula dan pemanis buatan kepada anak, karena dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

7. Batasi Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan anak. Anak yang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget cenderung malas bergerak dan kurang aktif. Batasilah penggunaan gadget anak, dan ajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih bermanfaat seperti bermain di luar rumah, bermain dengan teman, atau membaca buku.

8. Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah hal yang penting untuk kesehatan anak. Selama tidur, tubuh anak akan melakukan proses pemulihan dan pertumbuhan. Anak yang tidak tidur cukup cenderung mudah lelah, sulit berkonsentrasi, dan rentan terhadap penyakit. Pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Mengajarkan anak gaya hidup sehat sejak dini memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan kesabaran dan ketekunan, kita dapat membantu anak untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang baik. Ajaklah anak untuk hidup sehat dan teratur mulai sekarang, dan semoga mereka dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

Sumber:
– Alodokter
– Prosehat

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com