Mengenal LTMPT dan BP3 Sebagai Penggantinya untuk Seleksi Masuk PTN


Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan impian banyak siswa SMA setelah mereka lulus. Untuk bisa masuk ke PTN, siswa harus melewati serangkaian tes yang diadakan oleh lembaga pendidikan khusus, seperti Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3). Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang LTMPT dan BP3 serta peran dan fungsi mereka dalam seleksi masuk PTN.

Apa Itu LTMPT dan Fungsinya?

LTMPT, atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, adalah lembaga pendidikan yang bertugas menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi di Indonesia. LTMPT berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan memiliki tujuan untuk melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

LTMPT memiliki fungsi-fungsi penting dalam penyelenggaraan seleksi masuk PTN, yaitu:

1. Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa: LTMPT mengumpulkan dan mengolah data para calon mahasiswa dari rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

2. Menyelenggarakan UTBK: LTMPT bertanggung jawab dalam menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur SBMPTN. UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang menjadi salah satu syarat seleksi bagi calon mahasiswa PTN.

3. Memberikan informasi hasil UTBK: LTMPT memberikan informasi mengenai hasil UTBK SBMPTN kepada para peserta atau calon mahasiswa dan PTN tujuan.

LTMPT Digantikan oleh BP3

Pada tahun 2022, LTMPT telah digantikan oleh BP3 atau Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan. Perubahan ini terjadi berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, yang mengeluarkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023.

Baca Juga:  Panduan MPASI 8 Bulan dan Ide Resep yang Lezat

BP3 memiliki tugas dan fungsi yang serupa dengan LTMPT dalam persiapan dan penyusunan bahan seleksi penerimaan mahasiswa baru. BP3 bertanggung jawab dalam:

1. Penyusunan rencana, program, dan anggaran untuk seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru.

2. Penyusunan teknik dan metode pengujian di bidang pendidikan.

3. Pelaksanaan layanan pengujian di bidang pendidikan.

4. Pengelolaan data dan informasi terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru.

5. Pelaksanaan kemitraan pengujian di bidang pendidikan.

6. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru.

7. Pelaksanaan urusan administrasi terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru.

Dengan adanya BP3, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengambil alih wewenang dalam seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru. BP3 akan bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri untuk melaksanakan seleksi tersebut.

Informasi Terkait Seleksi PTN dari BP3

Untuk para orang tua yang ingin mencari informasi terkait seleksi PTN untuk anak mereka, BP3 menyediakan informasi melalui media sosial resmi mereka. Berikut adalah beberapa media sosial BP3 yang bisa diakses:

1. Instagram SNPMB BP3 resmi: @_snpmbbppp (https://www.instagram.com/_snmpbbppp)
2. Twitter SNPMB BP3 resmi: @snpmb_bppp (https://twitter.com/snpmb_bppp)
3. TikTok SNPMB BP3 resmi: @snpmb_bppp
4. Facebook SNPMB BP3 resmi: SNPMB BPPP
5. YouTube SNPMB BP3 resmi: SNPMB BPPP

Melalui media sosial ini, BP3 memberikan informasi terbaru mengenai seleksi PTN, jadwal tes, persiapan yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan seleksi PTN.

Kesimpulan

LTMPT dan BP3 adalah lembaga-lembaga yang bertanggung jawab dalam seleksi masuk PTN di Indonesia. LTMPT telah digantikan oleh BP3 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. BP3 memiliki fungsi yang mirip dengan LTMPT dalam persiapan dan penyusunan bahan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga:  Mengatasi Puting Lecet Hingga Bernanah Saat Menyusui

Para calon mahasiswa dan orang tua dapat mencari informasi terkait seleksi PTN melalui media sosial resmi BP3. Dengan adanya BP3, diharapkan seleksi masuk PTN dapat dilakukan dengan lebih efisien dan transparan untuk memberikan kesempatan yang adil bagi para calon mahasiswa.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com