Mari Berkreasi dengan Keju dan Pisang

Mari Berkreasi dengan Keju dan Pisang

Pisang dan keju, dua bahan makanan yang sering kita temui dalam hidup sehari-hari. Keduanya memiliki rasa yang lezat dan kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kombinasi antara pisang dan keju tidak hanya enak, tetapi juga bisa menjadi pilihan menu spesial untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang resep dengan keju dan pisang, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang manfaat pisang untuk kesehatan anak. Pisang adalah buah yang kaya akan nutrisi, terutama kalium. Kalium merupakan mineral yang penting untuk perkembangan otot dan pembentukan jaringan tubuh anak. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan anak. Pisang juga mengandung gula alami yang memberikan energi bagi tubuh anak.

Cara Memilih Pisang yang Tepat

Sebelum kita menggunakan pisang dalam resep, penting untuk memilih pisang yang tepat. Pisang yang sudah matang adalah pilihan terbaik untuk diberikan pada anak. Pisang yang matang memiliki serat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh anak, sehingga membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Jika pisang terlalu matang, kita bisa menggunakannya sebagai bahan dalam resep yang menggunakan pisang yang sudah matang.

Manfaat Keju untuk Kesehatan Anak

Selain pisang, keju juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anak. Keju mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, keju juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk perkembangan otak anak. Asam lemak ini membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan belajar anak.

Baca Juga:  7 Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Resep Pisang Panggang Keju

Sekarang, mari kita bahas resep pertama, yaitu pisang panggang keju. Resep ini cocok untuk anak usia di atas 1 tahun. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 2 buah pisang madu, kupas dan belah jadi 2.
– 50 gram keju parmesan, parut.
– 1 sendok makan susu Frisian Flag Primagro 1+.
– 80 ml air.
– Sejumput kayu manis.

Berikut cara membuat pisang panggang keju:

1. Panggang pisang di wajan teflon sampai kecoklatan.
2. Angkat dan tata di atas piring.
3. Larutkan 1 sendok makan susu Frisian Flag Primagro 1+ dalam 80 ml air. Aduk hingga merata, lalu siram di atas pisang.
4. Taburi kayu manis, lanjutkan dengan keju parut secukupnya.
5. Pisang panggang keju siap disantap.

Resep Pisang Goreng Cokelat Keju

Selanjutnya, kita akan mencoba resep pisang goreng cokelat keju. Resep ini juga cocok untuk anak usia di atas 1 tahun. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 3 buah pisang (bisa pisang raja, pisang madu, atau pisang uli).
– 250 gram tepung terigu.
– 50 gram tepung beras.
– 3 sendok makan gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera).
– 1 buah telur ayam.
– ½ sendok teh vanila.
– 200 ml air.
– 80 ml susu Frisian Flag Primagro 1+ rasa cokelat (3 sendok makan dilarutkan dengan 80 ml air).
– 50 gram keju.
– Minyak untuk menggoreng.

Berikut cara membuat pisang goreng cokelat keju:

1. Campur tepung terigu, telur ayam, tepung beras, gula, dan vanila, lalu tambahkan 200 ml air. Aduk sampai adonan kental dan tidak menggumpal.
2. Kupas dan potong-potong pisang, masukkan ke dalam adonan.
3. Panaskan minyak goreng di atas wajan.
4. Goreng pisang sampai matang.
5. Angkat dan tiriskan.
6. Tata pisang di atas piring.
7. Siram pisang goreng dengan 80 ml susu Frisian Flag Primagro 1+ rasa cokelat, lalu taburkan keju parut secukupnya.
8. Tambahkan lapisan pisang goreng lagi di atasnya.
9. Lakukan hal yang sama seperti pada lapisan pertama.
10. Pisang goreng cokelat keju siap disantap.

Baca Juga:  10 Pasangan Artis yang Menikah Beda Usia Terpaut Jauh, Tapi Tetap Harmonis

Kombinasi antara pisang dan keju dalam dua resep di atas memberikan rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Pisang memberikan manfaat kalium dan serat, sedangkan keju memberikan manfaat protein dan asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua resep ini juga mudah untuk dibuat dan bisa menjadi pilihan menu spesial untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Selain itu, kita juga bisa berkreasi dengan variasi resep lainnya yang menggunakan pisang dan keju. Misalnya, kita bisa membuat smoothie pisang dengan tambahan keju parut, atau membuat pancake pisang dengan taburan keju parmesan. Variasi resep ini akan membuat hidangan semakin menarik dan enak.

Sebagai seorang ibu, penting untuk memperhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak. Dengan menggabungkan pisang dan keju dalam menu makanan anak, kita bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Selain itu, kombinasi rasa antara pisang yang manis dan keju yang gurih juga akan disukai oleh anak.

Demikianlah resep dan manfaat dari kombinasi antara pisang dan keju. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi ibu-ibu yang ingin mencoba menu spesial dengan keju dan pisang untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang lezat dan bergizi!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com