Khasiat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya

Khasiat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya

Anak susah makan buah dan sayur? Tidak perlu khawatir, Bu. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan mencampur warna buah dan sayur yang disajikan. Setiap warna pada buah dan sayur memiliki khasiat yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas khasiat buah dan sayuran berdasarkan warnanya.

Warna merah

Buah dan sayur berwarna merah, seperti apel, semangka, ceri, tomat, stroberi, atau bawang merah, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Makanan berwarna merah ini berguna untuk melindungi pembuluh darah, tulang rawan, serat otot, dan juga sebagai sumber vitamin A dan E. Selain itu, buah dan sayur berwarna merah juga dapat mencegah penyakit jantung.

Warna oranye

Buah dan sayur berwarna oranye, seperti wortel, pepaya, jeruk, mangga, ubi, dan labu kuning, juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan. Makanan berwarna oranye ini mengandung zat-zat seperti alfa, betakaroten, dan falkarinol yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, makanan berwarna oranye juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, menjaga sistem imun tubuh, memaksimalkan fungsi otak, serta mempertajam kemampuan berpikir.

Warna hijau

Buah dan sayur berwarna hijau, seperti bayam, asparagus, brokoli, dan kiwi, juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Makanan berwarna hijau ini kaya akan serat, vitamin, antioksidan, zat besi, dan asam folat yang diperlukan untuk kesehatan balita. Fungsinya adalah membantu produksi sel darah merah, melepas sel racun dari hati dan aliran darah, serta menguatkan sel otak.

Warna kuning

Buah dan sayur berwarna kuning, seperti pisang, jagung manis, lemon, dan nanas, juga sangat penting untuk kebutuhan nutrisi si Kecil. Makanan berwarna kuning ini dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga cocok untuk anak yang susah makan. Fungsi makanan ini adalah mencegah risiko tumbuhnya sel kanker, dan vitamin A yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan produksi pigmen retina.

Baca Juga:  Ini Pentingnya Pemeriksaan saat Persalinan

Warna ungu

Buah dan sayur berwarna ungu, seperti terong, kol ungu, anggur ungu, dan bit, juga memiliki manfaat yang penting untuk menjaga kesehatan anak yang susah makan. Sumber makanan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan melihat di malam hari. Selain itu, buah dan sayur berwarna ungu juga dapat mencegah segala bentuk peradangan.

Warna putih

Buah dan sayur berwarna putih, seperti sawi putih, tauge, sirsak, dan lobak, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil. Selain itu, makanan berwarna putih ini juga kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Warna hitam

Mungkin ada yang berpikir bahwa sayur dan buah berwarna hitam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, hal ini ternyata tidak benar, Bu. Sayur dan buah berwarna hitam, seperti jamur dan buah zaitun, memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan si Kecil. Makanan berwarna hitam ini dapat mencegah penyakit diabetes di kemudian hari.

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa buah dan sayuran dengan berbagai warna memiliki khasiat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayur dengan warna yang berbeda kepada si Kecil. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi anak yang susah makan dapat terpenuhi.

Tak hanya itu, kita juga perlu berkreasi dalam menyajikan buah dan sayur kepada si Kecil agar ia lebih tertarik untuk memakannya. Misalnya, kita bisa membuat salad dengan berbagai warna buah dan sayur, atau membuat jus dengan campuran buah dan sayur berwarna-warni. Selain itu, kita juga bisa menggabungkan buah dan sayur dengan makanan lain yang disukai oleh si Kecil, sehingga ia tidak merasa terpaksa untuk memakannya.

Baca Juga:  Kenali Tanda-tanda si Kecil Siap Memiliki Adik

Dalam mengajak si Kecil untuk menyukai buah dan sayur, kita juga perlu memberikan contoh yang baik. Kita sebagai orangtua harus menjadi teladan dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Dengan melihat kita yang menyukai dan menikmati buah dan sayur, si Kecil akan lebih termotivasi untuk melakukannya juga.

Selain itu, kita juga bisa mengajak si Kecil untuk berbelanja buah dan sayur bersama-sama di pasar atau supermarket. Dengan berpartisipasi dalam proses memilih buah dan sayur, si Kecil akan merasa lebih dekat dengan makanan tersebut dan lebih tertarik untuk mencobanya.

Dalam memberikan buah dan sayur kepada si Kecil, kita juga perlu memperhatikan kebersihan dan keamanannya. Pastikan buah dan sayur yang kita berikan sudah dicuci bersih dan bebas dari pestisida. Jika mungkin, kita juga bisa mencoba untuk menanam sendiri buah dan sayur di rumah, sehingga kita bisa lebih yakin akan kebersihannya.

Dengan mengenal khasiat buah dan sayuran berdasarkan warnanya, kita sebagai orangtua dapat lebih memahami pentingnya memberikan berbagai jenis buah dan sayur kepada si Kecil. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak yang susah makan terpenuhi dengan baik. Selain itu, dengan memberikan contoh yang baik dan melibatkan si Kecil dalam proses memilih dan menyantap buah dan sayur, kita dapat membantu mengembangkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.

Jadi, tidak perlu khawatir jika si Kecil susah makan buah dan sayur. Dengan pengetahuan tentang khasiat buah dan sayuran berdasarkan warnanya, kita dapat menciptakan variasi menu makanan yang menarik dan bergizi bagi si Kecil. Selamat mencoba, Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com