Jurus Jitu Mengendalikan Ngidam Saat Hamil

Jurus Jitu Mengendalikan Ngidam Saat Hamil

I. Pendahuluan
Saat hamil, banyak wanita yang mengalami fenomena yang disebut dengan ngidam. Ngidam adalah keinginan yang kuat untuk mengonsumsi makanan atau melakukan sesuatu yang kurang lazim. Fenomena ini memang sangat umum terjadi pada ibu hamil dan seringkali sulit untuk dikendalikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jurus jitu untuk mengendalikan ngidam saat hamil.

II. Apa Itu Ngidam?
Ngidam adalah fenomena psikologis yang sering terjadi pada ibu hamil. Bunda hamil akan merasa sangat ingin mengonsumsi makanan tertentu atau melakukan sesuatu yang tidak biasa. Ngidam seringkali dianggap sebagai tanda bahwa tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi tambahan. Namun, ngidam juga bisa menjadi masalah jika keinginan tersebut tidak sehat atau sulit untuk dipenuhi.

III. Mengapa Bunda Sulit Mengendalikan Ngidam?
Ada beberapa faktor yang membuat ibu sulit mengendalikan ngidam saat hamil. Pertama, perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil dapat mempengaruhi selera makan dan membuat ibu lebih sering merasa lapar. Kedua, adanya kecemasan atau stres yang dialami oleh ibu hamil juga dapat menjadi pemicu ngidam. Ketiga, tuntutan sosial atau pengaruh lingkungan juga dapat mempengaruhi keinginan ibu hamil untuk ngidam.

IV. Tips Mengendalikan Ngidam saat Hamil
Ada beberapa tips yang dapat membantu ibu hamil mengendalikan ngidam. Berikut ini adalah jurus jitu yang bisa ibu praktikkan:

A. Alihkan pada Hal Lain
Salah satu cara untuk mengendalikan ngidam adalah dengan mengalihkan perhatian pada hal lain. Jika ibu merasa ngidam, cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian, seperti membaca buku, menonton film, atau mengobrol dengan teman. Dengan mengalihkan perhatian, keinginan untuk ngidam bisa berkurang.

Baca Juga:  4 Cara Stimulasi Bayi Angkat Kepala dengan Baik

B. Makan dengan Porsi Kecil
Jika ibu merasa ngidam, sebaiknya puaskan keinginan tersebut dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil. Misalnya, jika ibu mengidamkan coklat, cobalah untuk mengonsumsi satu potong coklat saja. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil, ibu dapat memuaskan keinginan ngidam tanpa mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

C. Lakukan Olahraga Ringan
Berolahraga secara ringan dapat membantu mengendalikan ngidam. Olahraga dapat mengalihkan perhatian ibu dari keinginan ngidam dan juga membantu menjaga kebugaran tubuh. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam hamil. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam berolahraga dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program olahraga saat hamil.

D. Makan Secara Teratur
Salah satu faktor yang dapat memicu ngidam adalah rasa lapar yang tidak teratur. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk makan secara teratur. Bunda hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Dengan makan secara teratur, kadar gula dalam darah dapat tetap stabil dan mengurangi keinginan untuk ngidam.

E. Banyak Minum Air Putih
Minum air putih dapat membantu mengendalikan ngidam. Air putih dapat membantu menghilangkan rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk ngidam makanan yang tidak sehat. Selain itu, air putih juga penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum minimal 8 gelas air putih setiap hari.

V. Kesimpulan
Ngidam saat hamil memang merupakan fenomena yang umum terjadi. Namun, ibu hamil dapat mengendalikan ngidam dengan mengikuti beberapa tips yang telah dijelaskan di atas. Alihkan perhatian pada hal lain, makan dengan porsi kecil, lakukan olahraga ringan, makan secara teratur, dan minum air putih yang cukup. Dengan mengikuti tips ini, ibu hamil dapat mengurangi keinginan ngidam yang tidak sehat dan tetap menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Baca Juga:  5 Resep Olahan MPASI Hati Ayam dan Segudang Manfaatnya

Jadi, tidak perlu khawatir jika ibu hamil sulit mengendalikan ngidam. Dengan mengikuti tips yang telah dijelaskan di atas, ibu hamil dapat mengatasi ngidam dengan lebih baik. Tetaplah menjaga pola makan yang sehat dan konsultasikan dengan dokter jika mengalami kesulitan dalam mengendalikan ngidam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu hamil yang sedang menghadapi masalah ngidam.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com