Ikuti 4 Cara Agar Cepat Tinggi untuk Anak Yuk, Bu!

Ikuti 4 Cara Agar Cepat Tinggi untuk Anak Yuk, Bu!

Setiap Bunda pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan pintar, kuat, dan tinggi, bukan? Banyak hal yang dilakukan Bunda untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, salah satunya memenuhi asupan nutrisi sebagai cara agar cepat tinggi. Tinggi badan memang dipengaruhi oleh faktor genetik, namun ada beberapa faktor lain yang memengaruhi tinggi badan anak, antara lain asupan nutrisi, olahraga, tidur yang cukup, serta dukungan dari susu bubuk pertumbuhan.

Langkah tersebut perlu Bunda lakukan terhadap anak dengan sedini mungkin, terutama di dua tahun pertama kehidupan si Kecil lho. Sebab, dua tahun pertama merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan anak yang sangat penting. Sekitar 80 persen otak anak akan terbentuk di dua tahun ini, sehingga memengaruhi kecerdasan si Kecil di kemudian hari. Begitu pula dengan pembentukan tulang dan organ lain yang akan menentukan seberapa sehat pertumbuhan si Kecil untuk ke depannya.

Namun sayangnya, banyak pula anak-anak yang tumbuh dengan kondisi tubuh tidak ideal karena kekurangan nutrisi sejak kecil. Kondisi ini disebut stunting, yang merupakan masalah kekurangan gizi kronis dengan tanda anak bertubuh pendek dari anak-anak seusianya. Selain itu, stunting juga bisa berdampak pada kinerja fungsi otak anak sehingga kemampuan berpikirnya jadi berkurang. Itulah kenapa, sangat penting bagi Bunda untuk mengetahui cara agar cepat tinggi pada si Kecil.

Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan asam amino esensial dalam tubuh. Penelitian itu menunjukkan pentingnya asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sebagai cara agar cepat tinggi untuk anak. Ternyata hasil penelitian tersebut juga sama seperti penelitian dalam National Center for Biotechnology Information lho, Bu. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Bisa Bunda bayangkan seberapa penting 9 asam amino esensial (9AAE) ini untuk si Kecil, kan? Oleh karena itu, saatnya Bunda memenuhi asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sedini mungkin kepada si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Cara Agar Cepat Tinggi dengan Konsumsi Nutrisi Penting

Salah satu cara agar cepat tinggi dapat dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Nah, di bawah ini ada nutrisi penting sebagai cara agar cepat tinggi yang harus Bunda penuhi, antara lain:

Baca Juga:  Bunda, Ini 30 Daftar SMA Terbaik di Indonesia Berdasarkan LTMPT!

Protein

Tahukah Bunda bahwa protein memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Fungsi khas ini sangat penting sebagai cara agar cepat tinggi untuk anak. Mungkin Bunda bertanya-tanya, kenapa anak harus mengonsumsi protein? Karena protein ini nantinya akan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga tubuh bisa mencerna zat gizinya lebih optimal. Bentuk sederhana ini disebut sebagai asam amino. Jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah 9 asam amino esensial (9AAE). Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahnya. Protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Sementara, kebutuhan 9AAE juga harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat sebagai cara agar cepat tinggi. 9 jenis asam amino esensial ini antara lain leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berperan sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh anak.

Kalsium

Cara agar cepat tinggi selanjutnya dengan mengonsumsi kalsium dengan tepat. Zat gizi ini berperan dalam membentuk dan menjaga kekuatan tulang si Kecil. Tanpa kalsium, tulang akan menjadi rentan dan rapuh karena kalsium dibutuhkan dalam metabolisme tulang yang penting selama proses tumbuh kembang dan mencegah risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis di masa mendatang. Namun jangan lupa, si Kecil pun membutuhkan asupan vitamin D agar kalsium dapat diserap tubuh secara maksimal. Cara agar cepat tinggi dengan mengonsumsi kalsium bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

Vitamin D

Vitamin D berperan besar sebagai cara agar cepat tinggi karena memiliki peran untuk membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Kehadiran vitamin D membuat tulang lebih kuat, terhindar dari pengeroposan atau osteoporosis di masa mendatang. Selain dapat memperkuat tulang, vitamin D juga dapat memperkuat otot, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mampu mengurangi risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes dan kanker.

Baca Juga:  Sering Mengalami Morning Sickness? Atasi dengan Cara Ini, Yuk!

Zat Besi

Selain zat gizi makro dan vitamin, zat besi juga bisa menjadi penentu sebagai cara agar cepat tinggi pada anak. Kekurangan zat besi akan berdampak pada melambatnya pertumbuhan si Kecil. Sebab, mineral ini dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh untuk pembentukan otot dan produksi darah. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan asupan dari makanan sumber zat besi, seperti ikan, daging merah, kacang-kacangan, bayam, tahu, kentang, dan lainnya.

Baca juga: 4 Resep Makanan Asam Amino Esensial untuk Kesehatan Si Kecil

Vitamin B12

Selain vitamin D, ternyata vitamin B12 juga berperan dalam pembentukan dan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin B12 dapat berdampak pada tulang rapuh, sehingga pertumbuhan jadi terhambat. Untuk memaksimalkan cara agar cepat tinggi pada anak, Bunda perlu memenuhi pula asupan vitamin B12 dari sejumlah makanan, di antaranya susu, telur, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, daging merah, dan daging putih.

Vitamin E

Dengan mencukupi asupan vitamin E, maka sel dan jaringan tubuh si Kecil pun akan terhindar dari kerusakan yang bisa menghambat pertumbuhan. Vitamin E dapat mengurangi risiko anak mengalami stunting. Ada sejumlah makanan sumber vitamin E alami yang bisa menjadi cara agar cepat tinggi, antara lain bayam, brokoli, alpukat, mangga, dan kacang-kacangan.

Cara Agar Cepat Tinggi dengan Aktif Berolahraga

Selain memenuhi asupan nutrisi berkualitas, cara agar cepat tinggi yang tak kalah penting adalah olahraga. Banyak sekali manfaat olahraga bagi tubuh, di antaranya memperkuat otot dan tulang, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, mencegah terjadinya risiko penyakit kronis, dan lainnya. Nah, ada beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan tinggi badan si Kecil, antara lain berenang, basket, lompat tali, bersepeda, dan pull up. Namun, Bunda harus tetap menyesuaikan jenis olahraga berdasarkan usia dan kemampuan si Kecil ya!

Cara Agar Cepat Tinggi dengan Tidur yang Cukup

Ternyata kurang tidur bisa memicu masalah kesehatan, salah satunya pertumbuhan tinggi badan si Kecil jadi terhambat. Berikut anjuran jam tidur anak per hari berdasarkan usia:

Baca Juga:  Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Bayi

Bayi baru lahir-3 bulan: 14-17 jam
Bayi 4-11 bulan: 12-17 jam
Anak usia 1-2 tahun:11-14 jam
Anak usia 3-5 tahun: 10-13 jam
Anak usia 6-13 tahun: 9-11 jam

Cara Agar Cepat Tinggi dengan Konsumsi Susu Pertumbuhan

Susu pertumbuhan juga bisa menjadi cara agar cepat tinggi pada anak. Susu pertumbuhan mengandung nutrisi penting, seperti protein, kalsium, vitamin D, zat besi, vitamin B12, dan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Konsumsi susu pertumbuhan secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhan tinggi badan yang optimal. Bunda dapat memilih susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan anak. Pastikan untuk memilih susu pertumbuhan yang mengandung asam amino esensial (9AAE) dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

Dalam memilih susu pertumbuhan, Bunda dapat memperhatikan beberapa faktor, seperti kandungan nutrisi, kualitas susu, dan merek yang terpercaya. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak sebelum memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk anak. Ahli gizi atau dokter anak dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan anak.

Selain itu, Bunda juga dapat memberikan makanan bergizi lainnya kepada anak, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan lain yang mengandung nutrisi penting. Kombinasi antara asupan nutrisi yang seimbang, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan konsumsi susu pertumbuhan yang tepat dapat menjadi cara agar cepat tinggi pada anak.

Sebagai Bunda, penting bagi Anda untuk terus memantau tumbuh kembang anak, termasuk tinggi badannya. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang pertumbuhan anak, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter anak. Ahli gizi atau dokter anak akan memberikan informasi dan saran yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Dengan mengikuti 4 cara agar cepat tinggi untuk anak, Anda dapat memberikan dukungan yang optimal bagi tumbuh kembang anak. Nutrisi yang baik, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan konsumsi susu pertumbuhan yang tepat dapat membantu anak mencapai pertumbuhan tinggi badan yang optimal. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, jadi tetaplah memberikan perhatian dan kasih sayang yang terbaik untuk anak Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com