Desain Eksterior Rumah, Apa yang Harus Diperhatikan?


Kesan yang ingin ditampilkan

Memilih warna cat dinding rumah merupakan salah satu langkah penting dalam merancang desain eksterior rumah. Warna cat yang dipilih akan memberikan kesan yang ingin ditampilkan pada rumah. Misalnya, jika ingin menciptakan kesan minimalis modern, perpaduan warna jingga, abu-abu, biru, dan merah dapat digunakan. Warna-warna ini akan memberikan kesan pribadi yang ceria dan modern pada rumah. Sedangkan jika ingin menampilkan karakter pribadi yang tegas dan elegan, warna-warna seperti krem, putih, dan hijau muda dapat menjadi pilihan. Warna-warna ini memberikan kesan calm dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan karakter elegan.

Pemilihan warna cat dinding rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilihan warna harus mempertimbangkan karakter dan kesan rumah yang ingin ditonjolkan. Misalnya, jika rumah memiliki konsep minimalis modern, pemilihan warna jingga, abu-abu, biru, dan merah akan sesuai dengan konsep tersebut. Warna-warna ini akan memberikan kesan ceria dan modern pada rumah. Sedangkan untuk rumah dengan karakter tegas dan elegan, pemilihan warna seperti krem, putih, dan hijau muda akan lebih cocok. Warna-warna ini memberikan kesan calm dan elegan pada rumah.

Kesesuaian dengan furnitur rumah

Selain mempertimbangkan karakter rumah, pemilihan warna cat dinding rumah juga harus sesuai dengan furnitur yang akan digunakan. Furnitur seperti meja dan bangku teras, lampu taman, pagar, dan lainnya juga ikut menentukan karakter rumah. Pemilihan warna cat dinding rumah yang serasi dengan furnitur eksterior rumah akan menciptakan kesan yang harmonis dan menyatu.

Pemilihan warna cat dinding rumah yang sesuai dengan furnitur juga mempengaruhi segala aspek yang ada. Jika warna cat dinding rumah tidak cocok dengan furnitur, maka kesan yang ingin ditampilkan tidak akan tercapai. Misalnya, jika rumah memiliki furnitur dengan warna-warna cerah, pemilihan warna cat dinding rumah yang cerah juga akan menciptakan kesan yang ceria dan energik. Sedangkan jika furnitur rumah memiliki warna-warna yang lebih tenang, pemilihan warna cat dinding rumah dengan warna-warna yang calm akan menciptakan kesan yang elegan dan santai.

Baca Juga:  Pelajaran Berharga Sebagai Seorang Ayah Tiri

Pemilihan warna cat dinding rumah yang serasi dengan furnitur juga akan menciptakan kesan yang lebih menyatu dan harmonis. Misalnya, jika rumah memiliki furnitur dengan nuansa alam seperti kayu atau batu alam, pemilihan warna cat dinding rumah dengan warna coklat dan krem akan menciptakan kesan alami dan hangat. Sedangkan jika rumah memiliki furnitur dengan karakter modern, pemilihan warna cat dinding rumah dengan warna jingga, abu-abu, dan merah akan menciptakan kesan yang lebih modern dan trendi.

Kesesuaian dengan fasad dan karakter rumah

Selain mempertimbangkan karakter rumah dan furnitur, pemilihan warna cat dinding rumah juga harus sesuai dengan fasad dan karakter rumah itu sendiri. Setiap rumah memiliki karakter yang berbeda, baik dari segi arsitektur maupun fasadnya. Pemilihan warna cat dinding rumah yang tidak sesuai dengan karakter rumah dapat membuat rumah terlihat tidak harmonis dan kurang menarik.

Misalnya, jika rumah memiliki karakter tropis dengan nuansa alam yang kuat, pemilihan warna cat dinding rumah yang menegaskan nuansa alam seperti coklat, putih, hijau muda, atau biru akan sesuai dengan karakter rumah tersebut. Warna-warna ini akan menciptakan kesan alami dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Cobalah kombinasi warna coklat dan krem pada aksen eksterior rumah yang menggunakan material kayu atau batu alam untuk menciptakan kesan alami yang lebih kuat.

Sedangkan jika rumah memiliki karakter modern dengan arsitektur yang minimalis, pemilihan warna cat dinding rumah dengan warna jingga, abu-abu, dan merah dapat menjadi alternatif yang menarik. Cobalah kombinasi warna cerah jingga dan merah pada aksen kotak persegi bingkai jendela untuk menonjolkan bingkai tersebut dan menciptakan kesan modern yang lebih kuat.

Baca Juga:  Daftar SMA di Jabodatabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN

Dalam membangun rumah impian, desain eksterior rumah menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Desain eksterior rumah mencakup perancangan sisi luar rumah mulai dari fasad rumah hingga pemilihan warna cat dinding rumah. Pemilihan warna cat dinding rumah yang tepat akan menciptakan kesan yang diinginkan dan membuat rumah terlihat lebih cantik dan menarik.

Memilih warna cat dinding rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilihan warna harus mempertimbangkan karakter rumah, kesesuaian dengan furnitur rumah, dan kesesuaian dengan fasad dan karakter rumah itu sendiri. Dengan mempertimbangkan semua hal ini, kita dapat menciptakan desain eksterior rumah yang sesuai dengan impian kita.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com