Bu, Ini 6 Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Sembelit pada bayi adalah masalah yang sering dialami oleh ibu-ibu. Ketika bayi mengalami sembelit, bayi akan merasa tidak nyaman dan rewel. Oleh karena itu, sebagai ibu, penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai enam cara mengatasi sembelit pada bayi tanpa menggunakan obat-obatan.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab sembelit pada bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memastikan bayi minum air putih yang cukup setiap hari. Air putih dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan kotoran yang menumpuk dalam perut bayi. Selain itu, air putih juga membantu membersihkan sistem pencernaan bayi dan meningkatkan metabolisme tubuhnya.

2. Ganti Camilan dengan Buah

Mengganti camilan bayi dengan buah-buahan segar adalah cara yang efektif untuk mengatasi sembelit pada bayi. Buah-buahan seperti apel dan jeruk mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan bayi. Selain itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan bayi.

3. Sertakan Sayuran dalam Menu Makanannya

Sayuran juga merupakan makanan yang penting untuk kesehatan bayi dan dapat membantu mengatasi sembelit. Sayuran seperti brokoli dan kol mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan bayi. Jika bayi tidak menyukai sayuran, ibu dapat mencampurkannya dengan makanan lain yang disukai bayi, seperti bubur kentang.

4. Berikan Sarapan Terbuat dari Gandum Utuh

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum utuh dapat membantu mengatasi sembelit pada bayi. Gandum utuh mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Bunda dapat memberikan bayi makanan sarapan yang terbuat dari gandum utuh, seperti sereal gandum, yang disajikan bersama dengan susu pertumbuhan.

Baca Juga:  Nak, kita beraktivitas di luar yuk!

5. Gerakan Badan Bayi

Membuat bayi aktif bergerak juga dapat membantu mengatasi sembelit. Jika bayi sudah bisa merangkak, ibu dapat memancing perhatiannya agar bergerak dengan menggerak-gerakan mainan kesukaannya. Jika bayi belum bisa bergerak sendiri, ibu dapat membantunya dengan menggerak-gerakan kaki dan tangannya seperti melakukan gerakan senam untuk bayi. Gerakan ini dapat membantu usus bergerak dan mendorong kotoran keluar dari tubuh bayi.

6. Beri Pijatan Lembut pada Perut Bayi

Memberikan pijatan lembut pada perut bayi juga dapat membantu mengatasi sembelit. Bunda dapat melakukan teknik pijat “I Love You” dengan mengikuti arah usus di dalam perut bayi. Pijatan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah di perut bayi dan merangsang gerakan usus untuk mengeluarkan kotoran.

Penyebab Sembelit pada Bayi

Selain mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi, penting juga untuk mengetahui penyebab sembelit pada bayi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sembelit pada bayi, seperti kurangnya asupan cairan, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya serat dalam makanan. Selain itu, makanan tertentu juga dapat menyebabkan sembelit pada bayi, seperti pisang dan makanan berlemak.

Pisang yang belum matang sempurna mengandung pati yang sulit dicerna oleh pencernaan bayi, sehingga dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memberikan bayi pisang yang belum matang sepenuhnya. Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan berlemak pada bayi.

Kesimpulan

Sembelit pada bayi adalah masalah yang sering dialami oleh ibu-ibu. Namun, dengan mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi, ibu dapat membantu bayi merasa nyaman dan mencegah masalah sembelit yang lebih serius. Beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi tanpa obat yang dapat ibu lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih, mengganti camilan dengan buah-buahan, menyertakan sayuran dalam menu makanan bayi, memberikan sarapan terbuat dari gandum utuh, membuat bayi aktif bergerak, dan memberikan pijatan lembut pada perut bayi. Selain itu, ibu juga perlu mengetahui penyebab sembelit pada bayi, seperti kurangnya cairan, pola makan yang tidak sehat, dan makanan tertentu. Dengan menjaga pola makan dan memberikan makanan yang sehat, ibu dapat membantu bayi mengatasi sembelit dan menjaga kesehatannya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Jika si Kecil Mudah Cemburu