Belajar Menggambar…


I. Pengalaman Bermain dengan Keponakan

Saya masih ingat suatu hari ketika saya sedang bermain dengan keponakan saya yang berumur sekitar 3 tahun. Kami berdua sedang bingung mau bermain apa lagi setelah sebelumnya sudah lelah bermain dengan mainan yang ada di rumah. Saya pun mencoba mengajaknya bermain “gambar-gambaran”. Ternyata, keponakan saya sangat antusias dengan ide tersebut.

Saya pun bertanya kepadanya, “Adek suka binatang apa?”

Dengan wajah penuh semangat, ia menjawab, “Bebet!” (maksudnya bebek)

Mendengar jawabannya, saya pun berkata, “Auntie akan menggambar bebek, bagaimana?”

Dengan senang hati, keponakan saya menjawab, “MAU!”

Tanpa berlama-lama, saya segera mengambil iPad dan mencari tutorial menggambar bebek dengan sederhana di Youtube. Setelah saya mencoba menggambar sesuai dengan tutorial tersebut, keponakan saya terlihat sangat senang. Ia melihat saya dengan penuh kekaguman. Baginya, saya adalah seorang rockstar.

Setelah itu, keponakan saya meminta saya untuk menggambar ulang si ‘bebet’ hingga lima kali. Tentu saja saya merasa senang bisa membuatnya bahagia dengan gambar-gambar sederhana tersebut. Melihat reaksi positif dari anak-anak lainnya saat saya menggambar, saya menyimpulkan bahwa kemampuan menggambar memang penting dalam menghibur anak-anak. Meskipun gambarnya sederhana, tetapi anak-anak sangat menikmatinya.

Saya teringat masa kecil saya dulu. Saya juga merasakan kebahagiaan saat ada orang dewasa yang bisa menggambar binatang atau tokoh-tokoh lucu. Saya tidak perlu ikut mencontek gambarnya, hanya dengan meminta digambar binatang atau tokoh lucu saja, saya sudah merasa terhibur.

Pernahkah Anda merasakan hal serupa? Jika Anda iseng-iseng, cobalah untuk belajar menggambar binatang atau tokoh kesayangan anak Anda. Tidak perlu menguasai kemampuan menggambar yang rumit, cukup pilih 2-3 binatang atau tokoh yang disukai anak Anda, tapi benar-benar kuasai gambar tersebut. Jangan asal-asalan dalam menggambar, karena anak-anak sangat peka terhadap hal tersebut.

Baca Juga:  4 Nutrisi Utama untuk Pertumbuhan Tinggi Badan si Kecil

II. Manfaat Menggambar untuk Anak

Menggambar memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Selain sebagai hiburan, menggambar juga dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan kemampuan berpikir visual. Berikut adalah beberapa manfaat menggambar bagi anak:

1. Pengembangan keterampilan motorik halus
Menggambar melibatkan gerakan halus tangan dan jari anak. Dalam menggambar, anak perlu mengendalikan pena atau pensil dengan baik untuk menghasilkan garis atau bentuk yang diinginkan. Aktivitas ini dapat membantu melatih koordinasi mata dan tangan anak.

2. Meningkatkan kreativitas
Menggambar memberikan kebebasan kepada anak untuk mengungkapkan imajinasi dan kreativitasnya. Anak dapat menciptakan gambar-gambar yang unik dan berbeda sesuai dengan imajinasinya. Hal ini dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

3. Mengembangkan kemampuan berpikir visual
Menggambar melibatkan pemrosesan visual di otak anak. Mereka perlu memvisualisasikan gambar yang akan mereka buat sebelum melakukannya. Aktivitas ini dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berpikir visual, yaitu kemampuan untuk memvisualisasikan dan memahami gambar-gambar atau objek-objek.

4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Menggambar juga dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Dalam menggambar, anak dapat menggambarkan ide atau perasaan mereka yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Hal ini dapat membantu anak dalam mengungkapkan diri dengan cara yang lebih kreatif.

5. Meningkatkan konsentrasi dan ketekunan
Menggambar membutuhkan konsentrasi yang baik. Anak perlu fokus dalam mengendalikan pena atau pensil serta menghasilkan gambar yang diinginkan. Aktivitas ini dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan konsentrasi dan ketekunan.

III. Tips Menggambar untuk Anak

Jika Anda tertarik untuk belajar menggambar atau mengembangkan kemampuan menggambar Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Baca Juga:  20 Ide Kegiatan Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Pilih binatang atau tokoh kesayangan anak Anda
Tentukan binatang atau tokoh yang disukai oleh anak Anda. Misalnya, jika anak Anda menyukai hewan, Anda dapat memilih binatang seperti kucing, anjing, atau burung. Jika anak Anda menyukai tokoh kartun, Anda dapat memilih tokoh seperti Spongebob Squarepants atau Dora the Explorer.

2. Cari referensi gambar
Cari referensi gambar mengenai binatang atau tokoh yang Anda pilih. Anda dapat mencarinya di internet atau melalui buku-buku gambar. Perhatikan detail-detail penting dalam gambar tersebut, seperti bentuk tubuh, ekspresi wajah, dan warna.

3. Latih kemampuan menggambar Anda
Mulailah dengan menggambar secara sederhana. Perhatikan bentuk dasar dari binatang atau tokoh yang Anda pilih. Cobalah untuk menggambar dengan menggunakan garis-garis sederhana terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat melengkapi dengan detail-detail yang lebih rumit.

4. Latih ketekunan dan kesabaran
Menggambar membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Jika Anda merasa sulit dalam menggambar, jangan mudah menyerah. Teruslah berlatih dan berusaha untuk mengembangkan kemampuan Anda. Dengan latihan yang rutin, Anda akan semakin mahir dalam menggambar.

5. Beri apresiasi pada diri sendiri
Setelah berhasil menggambar sesuai dengan yang Anda inginkan, beri apresiasi pada diri sendiri. Rasakan kepuasan dan kebanggaan atas hasil karya Anda. Jangan lupa untuk berbagi hasil gambar Anda dengan anak Anda dan melihat reaksinya. Anak akan merasa senang melihat Anda menggambar sesuatu yang mereka sukai.

IV. Kesimpulan

Menggambar merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak. Selain sebagai sarana hiburan, menggambar juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus, kreativitas, kemampuan berpikir visual, kemampuan berkomunikasi, serta meningkatkan konsentrasi dan ketekunan anak. Jadi, jika Anda ingin menghibur anak Anda atau mengembangkan kemampuan menggambar Anda sendiri, cobalah untuk belajar menggambar binatang atau tokoh kesayangan anak Anda. Dengan latihan yang rutin dan kesabaran, Anda akan semakin mahir dalam menggambar. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca Juga:  Ingin Berhubungan Saat Hamil Muda? Pahami Dulu Informasinya


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com