Bagus untuk Diet, Ini Cara Membuat Air Lemon dan Manfaatnya


Berkhasiat dan bagus untuk diet, ternyata ada cara membuat air lemon dan waktu yang tepat untuk meminumnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cek juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Air lemon memang sangat segar dikonsumsi apalagi ditambah dengan es. Selain bisa menyegarkan, ternyata minum air lemon juga bermanfaat bagi tubuh, lho!

Dilansir dari Healthline, beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman rendah kalori saat makan dapat menurunkan jumlah keseluruhan kalori yang dikonsumsi dalam makanan. Meski air lemon tidak bebas kalori, tapi ia dapat menghasilkan efek yang bisa membantu mengurangi asupan kalori.

Masih mengutip dari sumber yang sama, beberapa bukti menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi air lemon saat sedang diet bisa meningkatkan penurunan berat badan. Hal ini disebabkan peningkatan asupan air yang dapat membantu merangsang penurunan berat badan karena air lemon dapat membuat rasa lebih kenyang.

Studi pada 2008 telah mengamati efek meminum air lemon untuk diet pada 24 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas. Studi tersebut menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air sebelum sarapan mampu menurunkan jumlah kalori yang dari makanan yang dikonsumsi sebesar 13%.

BACA JUGA: Fakta Serial Netflix ‘The Glory’, Termasuk Song Hye Kyo yang Rela Diet Keraas!

Satu buah lemon berukuran sedang hanya mengandung sekitar 17 kalori tetapi menyediakan 76% dari asupan vitamin C harian. Bukan hanya itu, lemon juga mengandung mineral penting lainnya seperti potasium dan vitamin B6.

Cara membuat air lemon untuk diet

1. Pakai air hangat

Dilansir dari India Today, salah satu cara membuat air lemon untuk diet yang terbaik adalah dengan mencampurkan beberapa irisan lemon atau perasannya dengan air hangat. Air hangat dapat membantu melarutkan nutrisi dalam lemon sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga:  Tumbuh Tinggi dengan Susu Cokelat Lengkap dengan Protein dan Kalsium

2. Tambahkan madu

Jika tidak suka terlalu asam, Bunda juga bisa tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat yang sudah dimasukkan irisan atau perasan lemon. Cara ini juga efektif menurunkan berat badan saat diet karena madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Waktu terbaik minum air lemon untuk diet

Minum air lemon untuk diet disarankan pada pagi hari, karena sangat efektif dalam menghilangkan lemak perut. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya konsumsi air lemon saat perut masih kosong. Hal ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak lebih efektif.

Manfaat air lemon untuk diet dan kesehatan tubuh secara keseluruhan

1. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air lemon dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak lebih efektif.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Air lemon dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. Serat dalam lemon dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, air lemon juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan ringan dan asam lambung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam lemon merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi air lemon secara teratur, tubuh akan lebih tahan terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

4. Membantu mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dalam lemon dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kalium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi air lemon secara teratur, tekanan darah dapat tetap stabil dan risiko penyakit jantung dapat dikurangi.

Baca Juga:  Waspadai 4 Penyakit yang Menyerang Bayi pada Usia Dini

5. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dalam lemon juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, air lemon juga dapat membantu mengurangi jerawat dan bekas jerawat.

6. Meningkatkan energi

Kandungan vitamin B6 dalam lemon dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk metabolisme energi. Dengan mengonsumsi air lemon, tubuh akan lebih bertenaga dan segar sepanjang hari.

7. Membantu detoksifikasi tubuh

Air lemon memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Lemon dapat membantu meningkatkan produksi enzim hati yang berperan dalam proses detoksifikasi.

8. Mencegah dehidrasi

Air lemon adalah minuman yang sangat menyegarkan dan dapat membantu mencegah dehidrasi. Dengan mengonsumsi air lemon secara teratur, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik.

Itulah manfaat air lemon untuk diet dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi air lemon secara teratur, Anda dapat mendapatkan manfaat yang maksimal bagi tubuh Anda. Tetaplah menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam program diet Anda.

BACA JUGA: 5 Cara Efektif Bikin Perut Rata tanpa Diet Menyiksa, Lakukan Ini Setiap Hari!

Cover: Photo by Julia Zolotova on Pexels
nutrisiZonekesehatan fisikSinergi HaiBundaair lemoncara membuat air lemonair lemon untuk dietmanfaat air lemonShare ArticleDhevita Wulandari


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com